Cara Make Up Bagi Kaum Pria Tanpa Mengurangi Maskulinitas

Saat ini, dunia make up tidak hanya digandrungi oleh kaum wanita. Kini, tak jarang kaum pria juga merias wajah mereka agar tampak lebih tampan.

JEDA.ID – Saat ini, dunia make up tidak hanya digandrungi oleh kaum wanita. Kini, tak jarang kaum pria juga merias wajah mereka agar tampak lebih tampan. Di Korea Selatan, artis pria K-pop yang menggunakan make up menjadi hal yang biasa. Namun, di Indonesia seringkali ada stigma atau anggapan bahwa pria yang menggunakan make up adalah pria yang kurang macho.

Lantas, bagaimana make up yang baik untuk para pria agar tetap terlihat tampan dan natural tanpa mengurangi sisi maskulinya? Berikut cara make up bagi pria seperti dilansir dari berbagai sumber, Rabu (26/2/2020).

1. Pelembab

Pria juga berhak memiliki tekstur kulit wajah yang lembap, tidak kering. Maka dari itu, tidak ada salahnya bila pria menggunakan pelembab untuk menjaga kelembapan kulit wajah.

Langkah dasar make up natural untuk pria yakni dengan menggunakan pelembab wajah. Pelembab wajah mengandung SPF yang berfungsi melindungi kulit dari sinar UV dan radikal bebas. Para pria bebas beraktivitas seharian di luar ruangan tanpa takut terpapar sinar matahari secara langsung dan kelembapan kulit wajah akan tetap terjaga.

2. BB Cream

Tahap selanjutnya adalah menggunakan BB cream. Jika Anda adalah seorang pria yang memiliki masalah noda bekas jerawat atau noda hitam, maka tak ada salahnya jika Anda menggunakan BB cream untuk menyamarkannya. Aplikasikan BB cream secara tipis pada permukaan kulit wajah, ratakan menggunakan brush atau kuas khusus BB cream.

3. Compact Powder

Sesuaikan warna bedak padat dengan warna kulit Anda untuk menghindari hasil make up terlihat terlalu putih sehingga nampak tidak natural. Sapukan compact powder atau bedak padat secara merata keseluruh bagian permukaan kulit wajah secara tipis untuk hasil yang natural.

4. Concealer

Apakah Anda memiliki masalah pada mata panda? Gunakanlah concealer untuk menutupinya. Menggunakan concelear akan tetap membuat look wajah Anda tetap natural bahkan telihat segar sebab mata panda sudah tidak nampak lagi.

Pilihlah concealer jenis liquid atau cair agar dapat membuat hasil make up terlihat sangat natural. Cara menggunakannya agar tetap terlihat natural yaitu dengan memberi concealer menggunakan spons secara tipis pada permukaan kulit wajah yang terdapat noda-noda.

5. Shading

Seseorang akan menggunakan shading agar terlihat lebih mancung serta memiliki bentuk wajah proporsional. Hal ini juga berlaku untuk pria, bila tak ingin terlihat seperti sedang menggunakan make up, gunakan bedak warna gelap sebagai shading.

6. Contour

Tampil dengan wajah tirus sering kali dilakukan untuk menunjang penampilan. Tak terkecuali bagi kaum adam, para pria bisa memoles wajahnya dengan contour. Penggunaan contour tidak akan menghilangkan sisi kenaturalan apabila diaplikasikan secara tidak berlebihan.

7. Lip gloss

Pria pakai lipgloss? Jangan salah, fungsi utama dari lipgloss yakni mengatasi masalah bibir yang kering. Ini tidak akan memberi kesan berlebihan pada pria yang menggunakan. Maka dari itu, dianjurkan untuk memilih warna lipgloss yang tidak berwarna atau bening. Cukup totolkan sedikit demi sedikit lipgloss pada bibir, kemudian diratakan dengan tangan agar hasilnya terlihat lebih natural. (Bunga Oktavia)

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.