Perhatikan Hal Ini sebelum Ngegym di Era New Normal

i era new normal in, mungkin ada sebagian dari Anda yang ingin melakukan olahraga untuk menjaga kebugaran, salah satunya ngegym.

JEDA.ID – Di era new normal in, mungkin ada sebagian dari Anda yang ingin melakukan olahraga untuk menjaga kebugaran, salah satunya ngegym.

Namun jangan lupa, protokol kesehatan di tengah Pandemi Covid-19 harus tetap dilakukan. Semua protokol kesehatan diupayakan agar aktivitas tetap berjalan tanpa adanya penularan virus Corona.

Olahraga adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan demi menjaga kesehatan. Datangnya pandemi tentunya mengharuskan kita untuk waspada saat berolahraga.

Hingga kini, pandemi virus Corona masih membayangi, namun beberapa tempat gym atau pusat kebugaran telah bersiap untuk memulai lagi aktivitasnya.

Aturan dan fasilitas yang diterapkan tidak seperti saat sebelum Corona datang, ada beberapa protokol kesehatan yang harus dipatuhi.

Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro menjelaskan ada beberapa protokol kesehatan yang wajib dilakukan jika berolahraga di pusat kebugaran.

Nah, berikut adalah hal yang harus diperhatikan sebelum Anda kembali ngegym di era new normal dilansir dari detik.com dan berbagai sumber.

10 Tanda Pria Bisa Jadi Calon Suami yang Baik, Seperti Apa Ya?

1. Pilih tempat gym yang telah menyediakan protokol kesehatan

Memilih tempat gym yang tepat pada masa pandemi menjadi hal yang paling utama. Tempat gym yang Anda pilih haruslah menyediakan protokol kesehatan yang telah diatur. Seperti misalnya telah dilakukannya disinfektan pada ruangan atau peralatan gym, terdapat adanya alur masuk dan keluar agar tidak berpapasan atau saling kontak fisik, adanya pengecekan suhu tubuh, adanya sekat pembatas, adanya sarana cuci tangan, dan adanya sirkulasi udara yang baik.

Selain itu, Anda juga harus memastikan karyawan tempat yang Anda tuju menggunakan properti yang lengkap seperti masker dan face shield.

2. Wajib mengenakan masker

Masker wajib anda gunakan di berbagai tempat mengingat penyebaran virus yang begitu cepat bahkan dapat bertahan di udara selama beberapa jam. Masker wajib digunakan pada area pusat kebugaran dan mengganti masker yang dipakai dari luar pusat kebugaran.

Masker tetap digunakan saat melakukan latihan intensitas kecil. Hanya saja, boleh dilepas saat melakukan latihan intensitas berat tetapi tetap memperhatikan aturan jaga jarak.

3. Wajib membawa handuk dan matras sendiri

Handuk dan matras yang biasanya merupakan fasilitas dari pusat kebugaran, kini tidak lagi disediakan. Bukannya pelit, hal ini dilakukan untuk menghindari risiko penularan virus Corona. Handuk dan matras yang digunakan secara bersama akan berpeluang menularkan virus.

Di Balik Pro Kontra Ekspor, Lima Daerah Ini Hasilkan Lobster Unggulan

4. Wajib menjaga jarak sejauh 2 meter

Setiap peserta olahraga, diwajibkan untuk menjaga jarak sejauh dua meter dari peserta lain. Oleh karena itu, pemilik pusat kebugaran pun harus membatasi jumlah tamu yang datang untuk berolahraga. Beberapa pusat kebugaran menerapkan reservasi bagi yang akan mengikuti kelas tertentu.

5. Mandi sebelum dan sesudah latihan

Selain menjaga kebersihan, mandi sebelum dan sesudah olahraga sangat diwajibkan saat era pandemi ini. Hal ini diupayakan untuk menghilangkan virus yang menempel pada tubuh, sehingga dapat meminimalisir terpapar virus Corona.

6. Dilarang keras bagi Anda yang sedang sakit untuk ngegym

Sangat tidak dianjurkan untuk memaksakan diri pergi berolahraga apabila Anda merasa kurang sehat. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi penularan virus terhadap orang di sekitar Anda.

Ditulis oleh : Kristina Wulandari

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.