• Fri, 30 September 2022

Breaking News :

Awas! 7 Makanan Enak Ini Bisa Turunkan Imunitas Tubuh

Makanan enak memang disukai banyak orang. Tapi tahukah Anda bahwa ada sejumlah makanan enak malah bisa menurunkan imunitas tubuh?

JEDA.ID-Makanan enak memang disukai banyak orang. Tapi tahukah Anda bahwa ada sejumlah makanan enak malah bisa menurunkan imunitas tubuh? Waduh!

Padahl menjaga imunitas tubuh menjadi langkah awal agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Sistem daya tahan tubuh ini akan melindungi tubuh dari serangan organisme atau kuman penyebab penyakit. Sama halnya dengan bayi atau anak-anak, orang dewasa dan lanjut usia pun memerlukan daya tahan tubuh yang kuat.

Jenis penyakit yang sering kali berkaitan dengan rendahnya imunitas yakni influenza dan pneumonia. Sementara belakangan ini, buruknya daya tahan tubuh juga dikaitkan dengan risiko terjangkit virus corona penyebab Covid-19. Maka dari itu, menjaga daya tahan tubuh adalah hal yang harus diakukan oleh setiap orang.

Kehancuran Matahari Bisa Picu Kiamat? Ini Sejumlah Teorinya

Untuk memiliki sistem kekebalan tubuh yang optimal, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah asupan yang dikonsumsi sehari-hari. Terdapat beberapa asupan yang bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga harus dibatasi atau dihindari.  Tips kesehatan kali ini membahas makanan enak yang bisa menurunkan imunitas tubuh.

Dikutip dari laman Detik.com dan dari berbagai sumber, yuk simak penjelasan berikut ini :

Makanan cepat saji

Selain menggugah selera, makanan cepat saji juga digemari untuk konsumsi harian karena praktis. Namun dibalik itu semua, makanan ini memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Makanan cepat saji mengandung kalori, lemak jenuh, natrium, dan gula yang tidak ideal untuk melindungi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, makanan cepat saji juga meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe dua dan gangguan jantung loh.

Permen

Makanan yang satu ini memiliki banyak varian sehingga digemari semua tingkatan usia. Tak hanya digemari karena tampilanya yang cantik, permen juga bisa menjadi penyegar nafas hingga meningkatkan mood. Sayang, sejumlah studi menemukan bahwa gula olahan pada permen dapat meningkatkan penanda peradangan dalam tubuh. Jumlah peradangan yang tinggi ini dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh Anda.

Soda

Bagi Anda yang gemar sekali mengonsumsi minuman yang satu ini, baiknya Anda perlu berhati-hati. Pasalnya, minuman bersoda mengandung gula dan kalori tinggi yang tentunya tidak memberi gizi baik untuk tubuh. Minuman bersoda juga berisiko memicu obesitas. Ketika seseorang kelebihan berat badan, makan akan mengalami penekanan fungsi sistem kekebalan.

Mempercepat Kesembuhan Pasien Covid-19 dengan Cara Ini

Tak hanya itu, beberapa jenis soda juga menggunakan pewarna buatan yang dapat berdampak negatif pada lapisan gastrointestinal. Minuman berkarbonasi juga mengandung fosfor yang dapat menyebabkan penipisan kalsium dari sel melalui ginjal. Kalsium memainkan peran penting dalam aktivasi sel dalam sistem kekebalan, kalsium yang rendah akan menyebabkan terganggunya kekebalan tubuh.

Alkohol

Tahukah Anda, dalam sehari Anda hanya disarankan untuk mengonsumsi alkohol dua gelas saja untuk pria, dan tidak boleh lebih dari satu gelas untuk perempuan. Ahli gizi Patricia Bannan mengatakan bahwa alkohol dapat mengganggu jalur kekebalan tubuh, dan dapat mengganggu pola tidur sehingga membuat sistem kekebalan tubuh menurun.

Efeknya termasuk peningkatan kerentanan terhadap pneumonia, dan kemungkinan yang lebih besar untuk mengembangkan sindrom stres pernapasan akut (ARDS), yakni faktor yang berpotensi memengaruhi hasil Covid-19.

Es krim

Di balik kesegaran yang ditawarkan, es krim ternyata memiliki kandungan yang tidak baik untuk tubuh. Tingginya lemak jenuh dan gula pada es krim dapat memicu peradangan. Bannan mengatakan, es krim mengandung enam kali lipat gula sehingga melebihi batasan yang seharusnya dikonsumsi sepanjang hari. Sayang sekali ya.

Gorengan

Siapa yang tidak kenal gorengan? Makanan sejuta umat ini ternyata mengandung lemak yang sangat tinggi. Selain bisa meningkatkan kolesterol jahat, gorengan juga meningkatkan inflamasi dalam tubuh. Oleh karenanya, jika dikonsumsi berlebihan dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Sodium

Banyak orang mungkin telah menyadari bahwa mengonsumsi garam secara berlebihan bisa memicu masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi. Namun kandungan natrium yang tinggi pada garam juga dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Bannan menyarankan agar Anda memilih makanan kemasan dengan kandungan natrium yang tidak lebih dari 600 mg.

Makanan yang kita konsumsi sehari-hari memang menggiurkan. Namun kita juga patut mewaspadai ancaman di balik makanan tersebut. Yuk lebih selektif dalam memilih makanan agar imunitas tubuh tetap terjadi di masa pandemi Covid-19 ini.

Ditulis oleh : Annisa Putri

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.