Alasan Susu Skim Jadi Minuman Tersehat di Dunia

Susu skim adalah susu yang bagian lemak (krim) diambil sebagian atau seluruhnya pada waktu didiamkan atau dipisahkan dengan alat centrifogal separator.

JEDA.ID–Bagi sebagian besar orang, air putih kerap disebut sebagai minuman tersehat. Namun, penelitian menyebutkan susu skim merupakan minuman tersehat yang paling memuaskan dahaga terutama saat dehidrasi.

Penelitian itu dilakukan American Journal of Clinical Nutrition berdasarkan kajian pada dampak rehidrasi pada 13 minuman berbeda pada 72 peserta pria. Susu skim lebih mampu menghidrasi tubuh lebih baik ketimbang air putih.

Hal ini terjadi karena kandungan lemaknya yang rendah, protein, laktosa gula, dan sodium. Susu skim pun sangat tepat untuk menyeimbangan kebutuhan cairan tubuh, apalagi saat benar-benar merasa haus.

Kandungan sodium dalam susu ini tetap menempel pada cairan di dalam tubuh dan mencegahnya untuk memproduksi urine. Namun, bagi pengidap intoleransi laktosa harus berhati-hati karena bisa menyebabkan efek samping.

“Minuman yang paling memuaskan dahaga adalah susu skim. Kaya kalsium, vitamin, dan susu membantu tulang kita tetap sehat dan kuat. Dan sekarang adalah cairan yang paling bagus untuk melepas dahaga,” sebagaimana dikutip dari Detikcom, Selasa (29/10/2019).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di laman mereka pernah membandingkan kandungan susu skim dengan susu full cream dan cokelat. Disebutkan dari 100 gram susu skim bubuk mengandung kadar natrium 470 miligram.

Sedangkan dari bubuk cokelat kadar natriumnya 500 miligram dan susu full cream mengandung kadar natrium 380 miligram.

Susu skim adalah susu yang bagian lemak (krim) diambil sebagian atau seluruhnya pada waktu didiamkan atau dipisahkan dengan alat centrifogal separator.

Proses pengurangan bagian lemak dari susu ini akan menghasilkan produk olahan susu yang kandungan kalorinya lebih rendah dari susu segar sehingga coeok dikonsumsi bagi orang yang sedang diet rendah kalori.

Selain itu, susu ini merupakan sumber kalsium yang paling kaya sehingga dapat digunakan untuk menghindari risiko osteoporosis. Susu ini juga mengandung potassium, fosfor, niacin, dan riboflavin yang sangat penting untuk kesehatan.

Susu bebas lemak ini memiliki banyak keunggulan seperti tidak menimbulkan kolesterol dalam darah. Ini dapat mempertahankan kesehatan dan vitalitas tubuh dibandingkan dengan susu jenis lainnya.

Adonan Roti

Selain itu, susu jenis ini sangat baik digunakan untuk membuat adonan roti. Susu ini mudah tercampur dengan tepung dan risiko penggumpalannya juga sangat rendah.

Susu jenis ini kadar lemak susunya tidak lebih dari 1,25% dan kadar proteinnya tidak kurang dari 2,7%. Sedangkan susu skim bubuk kadar lemak susunya tidak lebih dari 1,5% dan kadar airnya tidak lebih dari 5%.

Susu bebas lemak dapat dikonsumsi oleh orang yang menginginkan nilai kalori rendah di dalam makanannya. Sebab, susu ini hanya mengandung 55% dari seIuruh energi susu.

Susu jenis ini tidak digunakan untuk makanan bayi tanpa adanya pengawasan gizi karena tidak adanya lemak dan vitamin-vitamin yang larut dalam lemak.

Susu ini dapat digunakan sebagai bahan tambahan makanan, dan dapat diolah kembali menjadi keju, yogurt, dan es krim dengan kadar lemak yang rendah.

Perbandingan Komposisi

Komposisi Susu Susu skim
skim/100 gr bubuk/100 gr
Kalori (kal) 36 362
Air (g) 90,5 3,5
Protein (g) 3,5 35,6
Lemak (g) 0,1 1,0
Karbohidrat (g) 5,1 52,0
Kalsium (mg) 122 1300
Fosfor (mg) 97 1030
Besi (mg) 0,1 0,6
Vit A (SI) sedikit 40
Vit B1 (mg) 0,04 0,35
Vit C (mg) 1 7

Meski susu bebas lemak  menjadi minuman tersehat di dunia, namun para dokter tetap menganjurkan masyarakat mengonsumsi air putih. Titi Sekarindah, pakar nutrisi dari Rumah Sakit Pusat Pertamina Kebayoran Baru, Jakarta mengatakan air putih masih menjadi anjuran karena tidak semua orang bisa mengonsumsi susu skim.

”Sebagian orang menderita intoleransi laktosa. Jadi perut akan terasa tidak nyaman kalau minum susu, termasuk susu skim. Susu skim juga harganya cukup lumayan,” ujar dia sebagaimana dikutip dari Detikcom.

Dia meminta masyarakat tidak perlu serta merta beralih ke susu skim dan meninggalkan air putih. Titi mengatakan minuman hanya untuk mengatasi dehidrasi ringan. Kalau dehidrasi sedang apalagi berat, sudah harus diinfus ke rumah sakit.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.