Tutup Iklan

7 Buah Ini Sebaiknya Tidak Dibekukan Agar Kualitasnya Terjaga

Makan buah dingin memang terasa lebih segar dan nikmat, tapi tidak semua buah cocok dibekukan.

JEDA.ID-Ada beberapa buah sebaiknya tidak dibekukan. Buah-buah ini tidak dibekukan demi menjaga kualitasnya.

Lalu buah apa saja yang sebaiknya tidak dibekukan?  Tips kesehatan kali ini membahas aneka buah yang sebaiknya tidak dibekukan.

Mengonsumsi buah dalam keadaan dingin memang akan menambah kesegarannya. Bahkan untuk anak kecil, buah yang dijadikan seperti es akan lebih mudah disukai daripada dimakan langsung. Atau untuk menyiapkan smoothie yang lebih mudah di pagi hari.

5 Olahraga Ini Bisa Dongkrak Gairah Seksual Pasutri

Buah dapat membeku karena ada kandungan air dan struktur alami di dalam buah. Faktanya, beberapa buah justru tidak boleh dibekukan.

Mengutip Mashed dan detikcom pada Sabtu (2/1/2021), berikut ini 7 buah yang sebaiknya tidak dibekukan:

1. Melon

Melon mengandung air yang sangat tinggi. Baik melon hijau maupun melon yang berwarna oranye, jenis buah ini akan cenderung rusak bila dibekukan.

Melon yang telah keras menjadi es akan bertahan paling lama 10 menit untuk tetap dalam kualitas yang bagus. Melon yang telah dibekukan kemudian dibiarkan pada suhu ruang lebih dari 30 menit, akan menghasilkan melon yang sangat berair dan menghilangkan teksturnya.

2. Semangka

Semangka menjadi buah lain yang tinggi kandungan air. Buah dengan kandungan air yang tinggi jika dibekukan akan menjadi lembek ketika didiamkan pada suhu ruang terlalu lama.

10 Penemuan Terkait Manusia Purba Sepanjang 2020

Sama halnya dengan melon, semangka yang telah keras menjadi es jika dicairkan kembali akan menghasilkan tekstur yang sangat lembek. Semangka beku lebih baik dikonsumsi sebagai smoothie, es atau sorbet.

3. Tomat

Tomat akan menjadi buah terburuk jika  telah keras menjadi es. Kecuali tomat memang sengaja dibekukan untuk membuat sup, saus atau salsa tomat untuk campuran dalam masakan.

Tomat menjadi buruk ketika setelah dibekukan lagi-lagi disebabkan karena kandungan airnya yang terlalu tinggi. Tomat akan menjadi lebih lembek dan lebih mudah hancur jika setelah  dibiarkan pada suhu ruang hingga mencair.

4. Mentimun

Mentimun masih datang dari keluarga yang sama seperti melon. Perbedaannya terletak pada rasanya yang tidak semanis melon madu atau melon merah.

Mentimun yang dibekukan akan bagus jika diolah menjadi smoothie. Namun hindari membiarkannya di suhu ruang terlalu lama karena akan merusak serat yang ada di dalamnya dan membuat mentimun kehilangan tekstur.

5. Apel

Apel menjadi buah yang cukup rumit untuk disimpan. Apel yang dibiarkan pada suhu ruang akan lebih cepat menghitam. Sedangkan apel yang dibiarkan menjadi es akan kehilangan tekstur renyah alami yang dimilikinya.

Tetapi apel yang telah dibekukan akan menghasilkan saus apel yang lebih halus. Caranya dengan memanaskan apel bersama rempah-rempah, gula dan lemon kemudian dihaluskan dengan blender.

6. Lemon

Lemon akan lebih mudah rusak jika diubah menjadi sekeras es. Lemon bisa saja dibekukan, tetapi hanya air perasannya yang bisa dijadikan es batu.

5 Hujan Paling Aneh, dari Laba-laba Sampai Hujan Emas

Lemon bisa disimpan dengan cara diberi garam kemudian disimpan dalam kulkas. Cara ini bahkan bisa membuat lemon menjadi lebih awet berbulan-bulan.

7. Jeruk Nipis

Serupa dengan lemon, jeruk nipis bisa saja didinginkan tetapi hanya air perasannya bukan sebagai buah utuh. Air perasan jeruk nipis yang dibekukan ini tetap bisa digunakan untuk berbagai tujuan.

Menyimpan jeruk nipis memang cukup rumit karena teksturnya yang mudah kering dibandingkan dengan lemon atau jeruk jenis lainnya. Membekukan air perasaan jeruk nipis dinilai membuat jeruk nipis akan lebih awet dibandingkan dengan menyimpannya secara utuh.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.