5 Aplikasi Caller ID Terpopuler, Truecaller Teratas

Aplikasi caller ID memberikan kemudahan kepada pengguna ponsel untuk mengidentifikasi nomor telepon seseorang yang menghubungi.

JEDA.ID–Aplikasi Truecaller menjadi perbincangan di media sosial setelah beredar screenshoot yang diduga grup WhatsApp siswa STM terkait aksi demo. Truecaller merupakan aplikasi caller ID paling populer di Android.

Ada banyak aplikasi caller ID yang tersedia di Google Play Store. Aplikasi akan memberikan kemudahan kepada pengguna ponsel untuk mengidentifikasi nomor telepon seseorang yang menghubungi, khususnya yang belum tersimpan di nomor kontak.

Berikut lima aplikasi caller ID paling populer sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber dan akses di Google Play Store pada Selasa (1/10/2019).

Truecaller

Aplikasi ini menjadi caller ID paling populer karena sudah diunduh lebih dari 500 juta kali di Google Play Store. Sebagaimana dikutip dari laman resmi Truecaller, perusahaan asal Swedia ini didirikan pada 2009 di Stockholm, Swedia oleh Nami Zarringhalam dan Alan Mamedi.

Aplikasi dimulai ketika rekan pendiri Truecaller yang merupakan seorang siswa ingin membuat layanan yang akan memudahkan identifikasi panggilan masuk dari nomor yang tidak dikenal.

”Saat ini, Truecaller digunakan lebih dari 150 juta pengguna aktif harian di seluruh dunia dan merupakan aplikasi untuk Caller ID, pemblokiran spam, dan pembayaran,” sebut mereka.

Namun, pada 2016 lalu, Cheetah Mobile Security menemukan sebuah masalah pada aplikasi Truecaller. Mereka disebut menggunakan IMEI ponsel sebagai cara untuk mengidentifikasi seseorang. Untungnya, Truecaller dengan cepat memperbaiki kelemahan ini.

Caller ID, Blokir & Perekam

Aplikasi yang dikembangkan CallApp Caller ID Software ini berada di urutan kedua sebagai aplikasi caller ID karena sudah diunduh 50 juta kali di Play Store. Fitur di aplikasi ini mampu mengidentifikasi panggilan yang tidak di kenal.

Fitur tracking atau pelacakannya terbukti ampuh. Pengguna aplikasi tersebut telah banyak menuangkan review positif yang berarti mereka puas dengan fitur canggih dalam aplikasi ini.

Bagaimana cara kerja aplikasi ini melacak sang penelepon tidak dikenal? Pengembang memiliki miliaran databese nomor telepon di dunia. Mereka mengetahui siapa penelepon tidak dikenal dengan beberapa menit.

Pengguna aplikasi ini akan bisa dengan mudah memblokir nomor telepon tidak dikenal yang kerap mengganggu. Dengan demikian nomor tersebut tidak bisa menghubungimu lagi.

Showcaller

Aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 10 juta kali oleh pengguna Android. Sama seperti aplikasi sebelumnya, Showcaller juga memiliki program pengidentifikasian nomor telepon yang tidak dikenal.

Disebutkan pengembang memiliki lebih dari 700 juta nomor telepon (database) agar mampu melacak siapa pun dengan mudah dan cepat. Pengguna aplikasi cukup menyalin nomor sang penelepon misterius ke dalam fitur tracking atau pelacakan untuk dapat mengidentifikasi keberadaan orang tersebut.

Tidak membutuhkan waktu lama, kamu langsung dapat mengetahui secara spesifik keberadaan orang tersebut. Tentu untuk mendapatkan fitur ini harus ada koneksi Internet.

Whocall

Aplikasi ini juga sudah diunduh sebanyak 10 juta kali di Android. Aplikasi yang dikembangkan Gogolook ini mampu mengetahui sumber panggilan atau SMS misterius yang tidak terdaftar dikontak pengguna aplikasi caller ID.

Pengguna aplikasi ini pun bisa memblokir nomor sang spammer jika diperlukan. Menariknya, aplikasi ini tetap bisa berjalan saat offline alias tidak ada koneksi Internet. Namun, ini hanya bisa berlaku untuk nomor yang telah tersimpan di database.

Simpler Caller ID

Aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 5 juta kali di Android. Aplikasi ini dikembangkan Simpler App Inc yang selama ini dikenal sebagai aplikasi untuk menata kontak di ponsel cerdas penggunanya.

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi caller ID lainnya, Simpler juga bisa mengetahui nama yang menghubungi kita. Aplikasi ini mempu untuk memblokir dan mengidentifikasi nomor yang menyebarkan spam.

Layanan tambahannya tentu seperti di Simpler yaitu bisa menata kontak yang tersimpan di ponsel pengguna seperti duplikasi kontak sampai membackup kontak.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.