• Thu, 21 September 2023

Breaking News :

4 Hewan Ini Diduga Pembawa Covid-19, Apa Sajakah?

Virus ini hanya diketahui pertama kali heboh saat menyebar di salah satu pasar daerah kota Wuhan, China.

JEDA.ID-Saat ini tim investigasi sedang meneliti asal-usul Covid-19. Bukan hanya meneliti tempat asal-usul Covid-19, tim juga meneliti hewan apa yang menjadi pembawa Covid-19.

Awalnya, kelelawar sempat mencuat sebagai hewan pembawa Covid-19. Namun, bisa jadi ada hewan lain sebagai hewan pembawa Covid-19. Simak ulasannya di info sehat dan tips kesehatan kali ini. Sampai saat ini investigasi yang dilakukan oleh tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum bisa memastikan dari mana asal-usul virus Corona penyebab Covid-19. Virus ini hanya diketahui pertama kali heboh saat menyebar di salah satu pasar daerah kota Wuhan, China.

Covid-19 disebut sebagian ahli merupakan penyakit zoonosis yang artinya ditularkan dari hewan ke manusia. Ada beberapa hewan yang sempat diteliti dan diduga sebagai pembawa virus ini. Dikutip dari Detikcom,  Jumat (12/2/2021):

1. Kelelawar

Kelelawar disebut sebagai binatang utama yang bisa jadi inang alami Covid-19. Pasalnya berbagai penelitian sudah banyak menemukan virus Corona lainnya pada kelelawar dengan materi genetik yang mirip dengan Covid-19. Kelelawar juga disebut sebagai sumber alami dari virus Corona penyebab Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan Middle East Respiratory Syndrome (MERS).

Baca Juga: Ini Fakta Angpau dan Cara Kelola Angpau Untuk Investasi di Masa Pandemi

Hanya saja sebelum menyebabkan penyakit pada manusia, menurut ahli virus Corona tersebut berpindah ke hewan lain sebagai inang perantara.

2. Ular

Ular sempat disebut sebagai kemungkinan inang perantara virus di awal kemunculan wabah Covid-19. Dalam penelitian di jurnal Medical Virology, para ilmuwan menduganya dengan memeriksa pola protein pada virus lalu kemudian dicocokkan dengan hewan yang memiliki kemiripan.

3. Tenggiling

Tenggiling jadi tersangka berikutnya ketika tim ahli dari China menemukan virus Corona yang mirip dengan SARS-COV-2 dari sampel spesies Manis javanica. Saat itu otoritas China diketahui sedang berusaha menggagalkan usaha penyelundupan tenggiling illegal.

Baca Juga: Pernah Terinfeksi Covid-19, Bagaimana Cara Memastikan Kekebalan Tubuh?

4. Cerpelai

Hewan berikutnya yang diduga jadi sumber Covid-19 adalah cerpelai. Bermula dari temuan adanya hewan yang terinfeksi di peternakan beberapa negara.

Cerpelai jadi satu-satunya hewan yang diketahui bisa terinfeksi dan atau menularkan infeksi Covid-19  pada manusia.

Beberapa waktu lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut ada 7 negara yang mencatat adanya mutasi Corona dari cerpelai atau mink. Jenis mutasi Corona yang disebut ‘C5’ tersebut terdeteksi di Denmark, Belanda, Afrika Selatan, Swiss, Kepulauan Faroe, Rusia, dan Amerika Serikat.

Kini, kementerian pertanian di Perancis juga melaporkan adanya kasus mutasi tersebut. Pihak pemerintah mengatakan bahwa mereka menemukan cerpelai yang terinfeksi virus Corona di sebuah peternakan di wilayah Eure-et-Loire, Perancis Barat.

Terkait temuan ini, pemerintah setempat akan memusnahkan 1.000 cerpelai yang ada di peternakan tersebut. Selanjutnya, Prancis mulai menguji empat peternakan cerpelai lainnya di pertengahan November ini.

Baca Juga: Begini Tradisi Valentine di 10 Negara

“Pada tahap ini, tes menunjukkan virus itu menyebar di peternakan Eure-et-Loire,” jelas perwakilan kementerian pertanian yang dikutip dari Reuters, Senin (23/11/2020).

“Di peternakan kedua, tidak ditemukan (cerpelai yang terinfeksi virus). Tetapi, pengujian masih akan berlangsung di dua peternakan terakhir, dengan hasil yang diharapkan selama seminggu,” lanjutnya.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.