10 Manfaat Olahan Jagung, Apa Saja Ya?

Tak hanya lezat, ada banyak manfaat jagung. Manfaat jagung bukan hanya sebagai sumber energi, melainkan juga untuk mengatasi kanker paru.

JEDA.ID—Jagung telah lama menjadi makanan yang populer di Indonesia. Apapun olahannya, jagung mengandung sejumlah senyawa bioaktif yang diyakini memberi manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat jagung untuk kesehatan dapat ditelaah dari kandungan nutrisinya. Jagung mengandung beragam nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, dan sejumlah vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Seperti yang dilansir dari Liputan6.com, Jumat (18/9/2020), beriku adalah manfaat jagung untuk kesehatan tubuh.

1. Gangguan Pencernaan

Jagung rebus memiliki manfaat mencegah gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan tak hanya dialami anak-anak, tetapi juga orang dewasa dan ibu hamil. Manfaat jagung rebus untuk kesehatan ini berasal dari kandungan serat di dalamnya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh mantan kepala cabang epidemiologi gizi di US National Cancer Institute (NCI), Arthur Schatzkin, menyimpulkan total asupan serat tidak berhubungan dengan risiko kanker kolorektal, sedangkan mengonsumsi biji-bijian mengurangi resiko tersebut. Kandungan serat dalam jagung rebus ini cukup tinggi.

Manfaat Kedelai Bisa Kendalikan Berat Badan, Ini Penjelasannya

Serat dapat membuat makanan bergerak dengan mulus di dalam saluran pencernaan. Hingga membuat pengonsumsinya terhindar dari masalah sembelit atau susah buang air besar.

2. Sumber Energi

Jagung bisa dipakai sebagai sumber energi. Manfaat jagung rebus untuk kesehatan ini berasal dari kandungan karbohidrat di dalamnya. Enggak heran kalau banyak yang mengandalkan jagung rebus sebagai pengganti nasi. Karbohidrat merupakan sumber energi yang penting.

Ada sekitar 50 persen kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Kalori ini harus didapat dari makanan berkarbohidrat seperti jagung rebus. Jagung sering dijadikan makanan pengganti nasi karena kandungan karbohidrat dan protein yang cukup tinggi. Oleh karena itu, menjadikannya camilan sehari-hari memang cocok sekali. Tujuannya agar tubuh tetap bertenaga.

3. Asam Folat

Bagi ibu hamil, manfaat jagung rebus untuk kesehatan patut diandalkan. Terutama untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungannya. Terdapat asam folat yang cukup banyak di dalam jagung rebus ini.

Saat hamil, asam folat merupakan kandungan nutrisi dapat membantu tumbuh kembang janin. Asam folat dibutuhkan oleh janin sebagai pembentukan sistem sel dan sistem saraf serta tulang belakang.

Idap Flu dan Covid-19 Bersamaan Tingkatkan Risiko Kematian

Bahaya jika bayi kekurangan asam folat biasanya akan mengalami gangguan. Maka dari itu penting menjadikan jagung rebus sebagai camilan ibu hamil. Apalagi kandungan asam folatnya bisa membantu cegah anemia juga.

4. Kaya Vitamin B

Selain asam folat atau vitamin B9, manfaat jagung rebus untuk kesehatan juga menyediakan vitamin B kompleks. Jagung mengandung vitamin B3, B5, B6, dan B9. Semua vitamin ini cocok dikonsumsi anak, orang dewasa, hingga ibu hamil. Vitamin B3 berfungsi menjaga sistem saraf dan kulit sehat. Vitamin B5 membantu memperoleh energi dari makanan. Vitamin B6 dapat membantu mengatasi morning sickness dan menghasilkan sel darah merah.

5. Jantung

Memiliki jantung yang sehat memang impian banyak orang. Pasalnya, penyakit jantung termasuk penyebab kematian tertinggi di dunia. Maka dari itu coba andalkan manfaat jagung rebus untuk kesehatan jantung. Jagung rebus mengandung vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid. Kandungan ini sangat baik untuk mengontrol jumlah kolesterol di dalam darah. Hingga membuat masalah kardiovaskuler lebih mudah terkontrol.

Bahkan vitamin C yang dimilikinya dapat pula membantu menurunkan asam amino yang ada dalam pembuluh darah. Meningkatnya asam amino bisa menyebabkan masalah pada pembuluh darah. Begitu juga meningkatkan berbagai masalah terkait jantung manusia.

6. Antioksidan

Jagung rebus pun memiliki kandungan antioksidan. Hal inilah yang membuat manfaat jagung rebus untuk kesehatan patut diandalkan. Jumlah antioksidan dalam jagung memang dikenal cenderung lebih tinggi daripada biji-bijian lain. Lutein merupakan salah satu jenis antioksidan dalam jagung rebus yang dapat melindungi mata dari kerusakan sel.

Dampak Negatif Buka HP Saat Bangun Tidur, Nomor 3 Bahaya Banget

Ada juga Zeaxanthin yang merupakan karotenoid paling umum ditemukan pada tumbuhan. Kandungan ini diduga dapat meningkatan kesehatan mata.

7. Kaya Protein

Manfaat jagung rebus untuk kesehatan ini pun dipengaruhi oleh kandungan proteinnya. Sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian pengonsumsinya. Untuk anak-anak, orang dewasa, lansia, hingga ibu hamil. Selama masa kehamilan, terutama trimester kedua dan ketiga, protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan. Selain itu, protein juga berfungsi sebagai batu bata yang menyusun sel-sel tubuh janin dan berperan penting dalam pertumbuhannya.

Sementara anak-anak, orang dewasa, dan lansia bisa mendapat manfaat menguatnya sistem kekebalan tubuh. Mudahkan pembentukan sel dan jaringan tubuh. Begitu juga bagi yang ingin melakukan diet sehat, jagung bisa diandalkan karena sifatnya yang amat mengenyangkan.

8. Kandungan Kalium

Manfaat jagung rebus untuk kesehatan selanjutnya dipengaruhi oleh kandungan kalium. Kalium berperan penting dalam membantu otot berkontraksi, menjaga keseimbangan cairan, dan elektrolit dalam sel-sel tubuh. Kalium pun berperan dalam menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Kalium sangat baik untuk menjaga metabolisme dalam tubuh manusia.

Apalagi kandungan kalium dalam jagung rebus ini cocok dikonsumsi penderita diabetes karena rendah gula. Kemudian mampu menjaga kesehatan jantung, cegah stroke, jaga saraf, tulang, dan otot.

9. Kanker Paru-Paru

Jagung rebus bisa dipakai untuk mengatasi masalah kanker paru-paru. Manfaat jagung rebus untuk kesehatan ini berasal dari kandungan cryptoxanthin yang dimilikinya. Kandungan ini sangat baik untuk menjaga perkembangan kanker paru menjadi lebih ganas. Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa jagung bisa mencegah kanker paru-paru. Terdapat zat kimia alami yang disebut cryptoxanthin dalam jagung manis yang jika diserap oleh tubuh akan berubah menjadi vitamin A.

Kanker paru merupakan penyebab kematian laki-laki nomor satu di Indonesia. Pada kanker paru, sel paru menjadi abnormal dan cancerous sehingga tumbuh secara tidak terkendali.

Kanker paru biasanya menyerang orang tua lebih dari 40 tahun. Jenis kanker yang satu ini sering dikaitkan dengan rokok. Sebagian besar kasus (85%) diderita oleh perokok. Walaupun demikian, orang yang tidak merokok juga dapat menderita kanker paru.

10. Daya Ingat

Jagung rebus bisa membantu meningkatkan daya ingat. Manfaat jagung rebus untuk kesehatan ini berasal dari kandungan Thiamine dan vitamin B1. Selain meningkatkan kemampuan ingatan, jagung rebus juga mampu mencegah penyakit Alzheimer. Penyakit Alzheimer/pikun kerap dialami oleh lansia. Kondisi ketika sebagian sel-sel di otak sudah tidak berfungsi. Akibatnya, kemampuan otak menurun drastis.

Pada fase awal, penderita Alzheimer biasanya sering kehilangan memori jangka pendek. Misalnya lupa atau tidak dapat mengingat kejadian yang baru saja terjadi. Selain itu, penderitanya juga sering lupa nama tempat atau benda- benda yang bahkan sering digunakan. Penderita penyakit Alzheimer akan mengalami kemunduran fungsi intelektual yang cukup berat. Hal ini akan menimbulkan gangguan pada aktivitas harian maupun kehidupan sosial penderita.

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.