Valentino Rossi Positif Covid-19, Ini Daftar Kekayaan dan Bisnisnya

Valentino Rossi kembali menjadi perbincangan warganet. Kali ini bukan terkait kariernya di dunia balap motor, melainkan karena Valentino Rossi positif Covid-19.

JEDA.ID-Valentino Rossi kembali ramai jadi pembicaraan. Valentino Rossi positif Covid-19. Kabar itu ia sampaikan di akun pribadi Instagramnya, Kamis (15/10/2020)  malam.

Sebelum ada kabar tersebut, beberapa kali nama Rossi juga jadi sorotan. Salah satu yang paling menarik adalah terkait dengan masa depan karier Rossi.

Sang legendaris MotoGP ini memang tercatat sudah menyabet 9 gelar juara dunia. Namun, cahaya The Doctor sudah mulai meredup. Setelah musim MotoGP 2019, Rossi baru mengumpulkan 80 angka. Penampilan pemilik 9 gelar juara dunia itu terus menurun, paruh musim 2019 lalu jadi yang terburuk untuknya di kelas MotoGP.

Meski sudah tak memiliki taji, Rossi sepertinya tak perlu khawatir lantaran dia sudah memiliki harta berlimpah. Melansir Sportskeeda, Jumat (16/10/2020), kekayaan bersihnya (hingga 2019) mencapai US$ 120 juta atau setara Rp 1,76 triliun (kurs Rp 14.700).

Mengulik Sejarah Hari Cuci Tangan Sedunia 15 Oktober

Kekayaan bersih Rossi itu berasal dari gaji dan pendapatan dari iklan produk yang didapatnya. Bakat Rossi memang membuat dia bergaji segunung. Dia tercatat digaji sebesar US$10 juta per tahun atau setara Rp147 miliar per tahun dari Yamaha.

Gajinya dia itu memang sama dengan gaji yang diterima pesaingnya, Marc Marquez. Namun, Valentino Rossi tercatat memiliki kekayaan yang jauh lebih besar dari para pesaingnya.

Rossi juga tercatat memiliki beberapa mobil sport super seperti Ferrari 458 Italia dan BMW M3. Dia juga memiliki kapal pesiar pribadi Pershing 56. Jika semuanya disatukan nilainya hampir US$1 juta. Mobil-mobil lain yang dimiliki oleh Rossi termasuk Porsche, Bentley dan Lamborghini.

Rossi juga diketahui tinggal di rumah mewah di Urbino, Italia. Rumah itu dia beli pada 2015 yang lalu.  Rumah itu bernilai US$11 juta atau setara Rp 161,7 miliar. Dia juga diketahui memiliki investasi pribadi yang mencapai US$85 juta atau setara Rp1,24 triliun.

Kekayaan bersih Rossi tercatat tumbuh 16% dalam beberapa tahun terakhir. Namun, informasi lebih lanjut mengenai pertumbuhan kekayaan bersihnya di masa depan tidak dapat disimpulkan.

Jika dikumpulkan gaji tahunan, mobil, properti, dan investasi pribadi, Valentino Rossi akan muncul sebagai salah satu olahragawan dengan kekayaan bersih tertinggi di dunia.

Kekayaan Rossi tak hanya didapat dari gaji, sponsor maupun hadiah kemenangan. Dia juga punya jiwa dan kemampuan bisnis yang mumpuni.

Bisnisnya diberi nama VR46. Bisnis inilah yang jadi ladang uang bagi Rossi selain gaji dan pendapatannya sebagai seorang atlet.

Dikutip dari detikcom, Jumat (16/10/2020), bisnis itu berada di kampung halamannya. Valentino Rossi menyulap sebuah kota kecil bernama Tavullia, yang terletak di dekat pinggir pantai Provinsi Urbino, Italia, menjadi sebuah destinasi wisata MotoGP. Karena Rossi, Tavullia menjadi kota dengan nuansa MotoGP paling kental di seluruh dunia.

6 Manfaat Saffron, Rempah Termahal di Dunia untuk Kesehatan

Di kota inilah terletak markas fanclub Rossi. Di sana jugalah Rossi banyak menghabiskan waktunya untuk berlatih dan mendidik pebalap-pebalap muda berbakat di VR46 Riders Academy. Rossi juga punya trek balap pribadi dalam sebuah area yang disebut Motor Ranch.

Ini adalah kota bersejarah bagi Rossi. Di sana puluhan tahun lalu dia mulai melatih bakat balapnya. Saat banyak anak-anak seumurnya pergi ke lapangan untuk berlatih sepakbola, Rossi memilih berada di ‘jalanan’. Dia lebih suka berada di aspal dengan motornya.

Serba Rossi di Tavullia 46

Kini tentu cerita itu hanya menjadi cerita manis untuk dikenang mengingat Rossi telah mengharumkan nama kampung halamannya tersebut. Rossi juga tidak menjadi kacang lupa kulit dengan mendirikan Tavullia 46 yang mana menjadi daya tarik utama wisata kota itu.

Tavullia 46 adalah sebuah toko yang menjual berbagai hal pernak-pernik terkait Rossi. Ini adalah surganya bagi penggemar The Doctor.

Impresi pertama memasuki Tavullia 46 adalah anda dapat dengan mudah menemukan berbagai merchandise, aparel, foto, dan banyak hal lainnya yang ‘berbau’ Rossi. Selain merchandise terkait Rossi, di dalam Tavullia 46 juga tersedia restoran pizza sampai kedai eskrim.

Di samping toko merchandise, bisnis terbesar Valentino Rossi tentu saja di bidang olahraga. Seperti telah disebut, Rossi memiliki VR46 Riders Academy, yang sudah melahirkan pebalap berbakat dalam diri Franco Morbidelli dan Francesco Bagnaia dan banyak rider lain di kelas Moto2 serta Moto3.

Omzet Ratusan Miliar Per Tahun

CEO VR46, Alberto Tebaldi, mengatakan bahwa Rossi punya standar tinggi dalam menjalankan bisnisnya di Tavullia. Tidak hanya dari sisi penjualan merchandise, sisi akademi balap pun juga dituntut memiliki kualitas terbaik.
Kami memulainya pada 2009 ketika Val memutuskan untuk membangun landmark olahraga ini. Dia menginginkan kualitas terbaik untuk merchandising dan dia ingin itu dilakukan di sini,” kata Tebaldi.

Benny Tjokrosaputro Divonis Seumur Hidup, Uang Hasil Korupsi Rp16 Triliun Kemana Saja?

Teman masa kecil Rossi, Alessio Salucci, yang juga menjadi bagian dari bisnis ini tak pernah menyangka akan memegang bisnis sebesar ini. Perlu diketahui, Tavullia 46 memiliki omzet tahunan senilai 30 juta euro atau sekitar Rp522 miliar.

“Dulu ada empat atau lima dari kami yang akan berkumpul bersama di tikungan ini dan sementara semua anak laki-laki lain ingin bermain sepak bola, kami jauh lebih tertarik pada sepeda motor, yang merupakan tradisi di sini,” kenang Salucci.

Kini popularitas Rossi tak dapat membendung wisatawan berbondong-bondong ke Tavullia. Setiap ada acara, setidaknya ada puluhan ribu penggemar Rossi yang akan memenuhi tempat tersebut. Desa yang dulunya sepi kin menjadi ramai.

“Sebelum Valentino menjadi Valentino, suasana di sini sepi. Tanpa dia, tempat ini akan menjadi lebih suram dan kurang menarik,” kata Salucci

Jika anda tersesat ke sini dan tak pernah mencari tahu tempat ini sebelumnya, anda pasti mengatakan ini adalah taman hiburan bagi penggemar Valentino Rossi. Mulai dari nama Pizza, toko souvenir, dan berbagai bisnis di sini menggunakan embel-embel Rossi. Bisa dikatakan Rossi telah menjadi jantung kehidupan bagi kota Tavullia sendiri.

“Valentino senang dapat memberikan kehidupan ke kampungnya, semua orang yang bekerja di sini berasal dari Tavullia, Rimini dan Pesaro,” tutup Salucci.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.