Penting untuk Jomblo, Simak Perbedaaan Pria dan Wanita dalam Memilih Pasangan

Dalam memilih pasangan, pria dan wanita memiliki kriteria berbeda karena pada dasarnya pria dan wanita memiliki sifat dan karakter dasar yang berbeda pula. 

JEDA.ID— Dalam memilih pasangan, pria dan wanita memiliki kriteria berbeda karena pada dasarnya pria dan wanita memiliki sifat dan karakter dasar yang berbeda pula.

Buku populer berjudul Men from Mars, Women from Venus, ditulis oleh John Gray pada 1992 mengulas hubungan antara laki-laki dan perempuan. Perbedaan sikap antara perempuan dan laki-laki membuat mereka berbeda dalam menentukan kriteria memilih pasangan.

Seperti dilansir hellosehat, menurut Ragini Verma, PhD dosen pada University Pennsylvania di Philadelphia, penelitian mereka menemukan adanya perbedaan signifikan antara sirkuit otak perempuan dan laki-laki, bahkan ketika mereka melakukan hal yang sama. Perempuan lebih sering menggunakan otak kanannya, hal tersebut yang menjadi alasan perempuan lebih mampu melihat dari berbagai sudut pandang dan menarik kesimpulan.

Masih berdasarkan penelitian Ragini Verma, otak perempuan lebih bisa mengaitkan memori dan keadaan sosial, ini yang menjadi alasan perempuan lebih sering mengandalkan perasaan.  Berbeda dengan perempuan, laki-laki memiliki kemampuan motorik yang jauh lebih kuat dibandingkan perempuan. Laki-laki lebih suka melihat sesuatu yang mudah, mereka tidak memiliki ‘koneksi’ yang baik tentang hal-hal yang melibatkan perasaan, emosi, atau curahan hati.

Itu sebabnya, perempuan suka mengeluhkan bahwa laki-laki tidak cukup peka, melupakan hal-hal yang dianggap penting oleh perempuan seperti ulang tahun pernikahan.  Hal ini dipicu karena otak laki-laki tidak didesain untuk terkoneksi pada perasaan atau emosi. Laki-laki biasanya ketika memutuskan sesuatu jarang melibatkan perasaan. Laki-laki juga jarang menganalisis perasaannya dibandingkan dengan perempuan yang biasanya selalu melibatkan perasaan dalam memutuskan sesuatu.

Dalam memilih pasangan kaum wanita pada umumnya telah memiliki kriteria tertentu. Pasangan tersebut diharapkan bisa menjadi suami dan ayah dari anak-anaknya kelak. Berikut beberapa hal yang diperhatikan oleh kaum wanita saat memilih pasangan hidup seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Karier dan kemamuan finansial

Faktanya, pria dengan karier yang baik cenderung memiliki satu kualitas yang lebih baik daripada mereka yang pengangguran. Karena mereka bisa memiliki gaya hidup yang lebih baik, tanpa adanya tekanan dari masalah keuangan. Selain itu, karier yang baik juga menunjukkan bahwa seorang pria memiliki dorongan untuk menjalani hubungan jangka panjang sebagai seorang suami. Ini semua benar-benar bukan hanya tentang uang.

2. Punya rencana hidup jelas

Seorang wanita yang bijak tidak akan menikah dengan pria yang tidak memiliki tujuan apa pun dalam hidupnya. Wanita akan tertarik memilih pria yang memiliki visi dan misi hidup yang jelas karena wanita sering mendambakan kepastian dalam rumah tangganya kelak.

3. Kepribadian yang sesuai

Selain karier yang baik dan rencana hidup, pria dengan kepribadian yang sesuai adalah yang paling dicari oleh kaum wanita untuk dijadikan suami. Kualitas seorang pria yang dicari wanita untuk dijadikan suami

4. Kestabilan emosional

Ada alasan mengapa pria yang tidak memiliki kestabilan emosional juga tidak memiliki hubungan jangka panjang dengan seseorang, karena tidak ada yang mau menghadapinya.

5. Pendapat orang-orang terdekat

Percaya atau tidak, bagi seorang wanita pendapat dari orang-orang terdekatnya sangatlah penting, terutama sahabat dan orang tua. Biasanya perempuan juga akan mempertimbangkan lingkungan pergaulan pria. Wanita pun akan tak segan mencari informasi tentang pria yang ditaksirnya entah melalui media sosial atau orang-orang terdekatnya.

6. Sikap dan karakter

Tidak ada yang mau berurusan dengan seorang pria yang terus menerus marah dan depresi. Kebanyakan wanita menginginkan pria yang bisa mereka andalkan dan memiliki karakter jujur.

7. Memiliki riwayat kesehatan yang baik

Ini benar, karena penyakit cenderung menjadi penyebab utama dari stres dalam sebuah hubungan.

8. Penampilan yang baik

Semua wanita pasti menginginkan seorang pria tampan atau setidaknya enak dipandang dan bikin bangga saat diajak jalan-jalan atau ke kondangan. Karena daya tarik itu penting bagi sebagian besar wanita.

9. Bisa membantu mengerjakan pekerjaan rumah

Dalam memilih pasangan wanita juga mempertimbangkan kemauan dan kemampuan pria dalam melakukan pekerjaan di luar kariernya. Karena tidak ada wanita yang mau menikah dengan seorang pria yang tidak bisa membersihkan dirinya sendiri. Akhirnya, konsep pernikahan hanya akan terdengar sebagai tugas seumur hidup.

10. Cinta

Tidak heran, aspek terbesar yang diperhitungkan orang-orang saat mereka ingin menikah adalah cinta. Bagaimanapun, pernikahan adalah komitmen yang identik dengan cinta.

Kriteria Wanita yang Diidamkan Cowok

Wanita idaman merupakan sosok yang paling dicari orangtua di seluruh dunia untuk mendampingi anak laki-lakinya. Batasan idaman itu luas dan sangat relatif. Tipe wanita ini bukan hanya menarik dari sisi fisik semata. Wanita idaman adalah harapan dan masa depan.

Jika Anda sedang mencari teman hidup, jangan hanya fokus pada wanita berwajah cantik dan bertubuh seksi. Wanita idaman adalah tipe yang bisa diajak hidup dalam situasi bahagia maupun sedih sekalipun.  Jika Anda masih belum mendapatkannya, simak ciri-ciri wanita hebat berikut ini, seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Cantik dan berkarakter baik

Kecantinkan tidak hanya dari luar saja. Seorang wanita harus bisa memiliki karakter yang indah. Ia perlu memiliki karakter yang bisa menginspirasi lainnya dan membuat hidup pria lebih berwarna. Dengan karakter yang baik, pria bisa yakin ia akan membesarkan anak dengan benar.

2. Wanita yang bersih dan teratur

Saat ini di era yang serba sibuk dan menyita waktu, tentu saja tidak akan sempat untuk melakukan kegiatan bersih – bersih atau mengatur rumah. Jika lebih suka meminta bantuan asisten rumah tangga dibandingkan melakukan sendiri, wanita yang teratur dan suka kebersihan akan memastikan rumah kalian selalu rapi.

2. Wanita yang menyenangkan

Wanita yang bisa menghidupkan suasana dan periang bisa membuat pasangannya menghibur. Wanita ini akan membuat kehidupan lebih seru setiap harinya dengan segudang ide gila dan aktivitas yang ia jalani. Namun, ia tidak akan melupakan lingkungannya. Bila Anda sedang sedih, ia akan berusaha keras untuk membuat Anda bahagia.

Wanita yang punya selera humor bisa membuat pasangannya tersenyum, tertawa itu tidak membosankan. Karena pria menyukai wanita yang memiliki rasa humor dan mampu melakukan percakapan cerdas yang tidak monoton.

4. Wanita yang mau mempelajari hal baru

Wanita ini tidak akan takut bertanya atau enggan mengutarakan pendapatnya. Ia selalu berusaha belajar hal baru. Terutama bila menyangkut hal atau hobi yang disukai pasangan. Apabila hobi Anda mengumpulkan mobil antik atau memperbaiki mobil maka ia akan coba belajar itu semua. Tunggu saja saat ia sudah siap dengan pakaian dan peralatan montir untuk belajar dengan Anda.

5. Wanita independen

Semua pria perlu wanita yang mandiri dan tahu apa yang ia inginkan. Dia percaya dengan girl power. Wanita tipe ini merupakan tipe pasangan yang hebat. Walaupun ia mandiri namun ia menyadari ia tetap butuh pasangan. Ia akan dengan mudah mengutarakan pendapatnya tanpa takut, dan ini akan sangat membantu bila kalian perlu melakukan pilihan yang sulit.

6. Wanita yang suka berbagi

Wanita baik harus memiliki jiwa berbagi. Wanita ini tidak bisa melihat hal buruk terjadi di sekitarnya tanpa membantu. Ia merasa bertanggung jawab bila ia tidak membantu. Ia tidak akan peduli dengan apa yang orang pikirkan atas aktifitasnya. Selain itu, ia tidak peduli apakah orang – orang mengetahui perbuatannya karena yang terpenting adalah aksi dan tujuannya.

7. Wanita yang menghormati orang lain

Wanita ini tahu bahwa teman kamu sangatlah berharga. Banyak kehidupan dan aktivitas dilakukan lebih dahulu dengan teman kamu dan bukan si dia. Ia percaya teman Anda adalah yang terbaik untuk Anda. Oleh karena itu ia akan selalu menghormati teman Anda.

8. Berpakaian yang tepat

Wanita ini tertarik dengan dunia fashion terbaru. Ia tidak akan sungkan membeli dan memakai pakaian model terbaru. Namun, kamu perlu memastikan ke dia bahwa ia perlu melihat pihak siapa saja yang melihat cara berpakaiannya. Bila Anda mau memperkenalkan pasangan ke orang tua ajak dia berpakaian sopan dan tidak terlalu vulgar.

9. Wanita yang mendukung ide

Wanita ini akan mendukung Anda hingga ide dan cita – cita Anda tercapai. Ia sangat positif dan fokus membantu Anda menggapai mimpinya. Dia akan membicarakan hal terbaik ke semua orang tentang Anda dan tidak peduli dengan omongan buruk terhadap Anda. Ia percaya Anda akan berhasil.

10. Wanita yang mengagumi senyum Anda

Wanita ini sangat suka bila melihat senyum Anda. Senyum Anda adalah sumber tenaga sehari – hari baginya. Tipe wanita ini akan berusaha sekeras mungkin untuk membuat tersenyum bahagia bila mood Anda sedang jelek.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.