Jangan Takut, Berikut Tips Menghindar dari Toxic People

Toxic people atau orang-orang yang memberi pengaruh buruk biasanya  sering mengeluh, marah-marah, bahkan tak jarang memprovokasi orang-orang di sekitar Anda. Ada cara untuk menghadapinya. 

JEDA.ID – Apakah Anda pernah mengalami situasi berhadapan dengan orang-orang toxic? kebanyakan dari mereka sebentar-sebentar mengeluh, marah-marah, bahkan tak jarang memprovokasi orang-orang di sekitar Anda. Toxic people memang kerap kali bikin orang sekitarnya cemas dan stres.

Toxic people memang bahaya dan pantas untuk dihindari mereka akan membuat Anda merasa kehilangan motivasi. Mereka bahkan tidak segan untuk mengkritik karena kesalahan-kesalahan kecil yang Anda lakukan. toxic people bisa sangat sulit dipahami. Niat merekapun belum tentu dapat ditebak, walaupun mereka terlihat baik, dapat dipastikan mereka memiliki maksud lain.

Menghadapi toxic people memang bukan hal yang mudah. Namun, ada beberapa cara efektif untuk menghadapi mereka agar Anda tidak terjerumus dalam aura negatifnya. Berikut ulasannya seperti dilansir dari Boldsky, Jumat (20/3/2020):

Cari tahu mengapa mereka menargetkan Anda

Hal pertama, yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu alasan mengapa toxic people menargetkan atau memengaruhi Anda. Biasanya mereka manargetkan orang-orang yang pekerja keras, baik, dan murah hati. Toxic people akan membuat Anda yang tidak bersalah percaya bahwa Anda termasuk orang yang naif.

Hal yang paling menyebalkan dari toxic people adalah ketika mereka berusaha mengontrol dan memanipulasi orang lain. Mereka akan membuat Anda melakukan yang mereka inginkan. Secara garis besarnya mereka akan menggunakan Anda untuk mencapai tujuan mereka.
Akui kekuatan Anda

Ketika toxic people tahu Anda berhasil dan mendapatkan suatu pencapain, mereka secara tidak langsung akan membanding-bandingkan Anda dengan orang lain atau dirinya sendiri yang dapat menjatuhkan semangat Anda. Intinya, mereka tidak senang dengan atas keberhasilan yang Anda miliki dan mencoba untuk merendahakan Anda.

Selalu berfikir positif dan jangan mau kalah dengan toxic people, karena sifat mereka memang suka memanipulasi dan merendahkan orang lain. Jika Anda cukup kuat dan tidak dapat dipengaruhi dengan mudah, toxic people tidak akan menggunakan Anda untuk hiburan atau keinginan jahat mereka.

Total Banget! Begini Penerapan Social Distancing Sejumlah Negara

Hindari memberi perhatian pada mereka

Rata-rata toxic people akan melakukan apa saja untuk mendapatkan perhatian. Apapun yang mereka bicarakan atau lakukan memiliki niat untuk mendapatkan perhatian dari semua orang. Mereka akan menyela pembicaraan orang lain demi mendengarkan ia berceloteh untuk membicarakan orang lain.
Mereka akan cemas ketika mereka tidak mendapatkan perhatian yang mereka cari. Karena hal itu, lebih baik Anda menghindari memberi perhatian pada toxic people.

Belajar mengatakan tidak pada mereka

Mungkin sebagian orang merasa kesulitan untuk mengatakan tidak kepada orang lain. Seperti melakukan semua pekerjaan orang lain karena mereka tidak dapat menyangkal atau merasa tidak enak untuk menolak sesuatu. Orang yang memberi pengaruh buruk biasanya akan mengambil keuntungan dari orang-orang baik seperti Anda.

Jadi jika Anda termasuk orang yang sulit mengatakan tidak, maka mulai saat ini belajarlah untuk mengatakan tidak. Hal tersebut bukan berarti Anda bersikap egois dan tidak mau membantu orang lain. Tentu saja, Anda tetap bisa membantu orang lain namun coba saring beberapa orang yang menurut Anda memang butuh pertolongan.

Bicaralah apa yang Anda rasakan tentang mereka

Jika Anda memiliki hubungan dekat dengan orang yang berperilaku toxic, berbicaralah dari hati ke hati mungkin bisa menjadi salah satu cara membantu mereka atau memulihkan hubungan Anda dengan mereka. Anda bisa mengatakan bahwa sikap mereka merugikan dan memengaruhi orang di sekitar mereka.

Apakah Anda Telah Menemukan Cinta Sejati? Ini Tanda-Tandanya

Lakukan apa yang menurut Anda benar

Di dunia ini banyak orang yang mencari saran dan pengakuan dari orang lain. Bahkan untuk hal-hal kecil, mereka tidak mempercayai keputusan mereka sendiri. Nah, di sinilah biasanya toxic people akan memainkan peran mereka.

Jika Anda termasuk golongan orang-orang yang sering ragu dalam mengambil keputusan, toxic people tidak segan untuk memberi Anda saran dan pengakuan, dengan sengaja. Mereka juga mengharapkan Anda untuk mengikuti apa yang mereka sarankan. Walaupun mungkin saran yang mereka berikan tidak baik dan dapat membahayakan Anda, mereka akan mengharapkan Anda untuk mempertimbangkan kata-kata mereka.

Namun, Anda tidak harus mengikuti apa yang mereka katakan. Jika Anda berpikir hal tersebut salah maka secepat mungkin Anda harus menjauhi mereka. Jangan mudah untuk mengiyakan setipa saran dari mereka, jika Anda bersikap seperti itu justru akan membuat mereka makin sering melakukannya.

Puncaknya mereka akan menggap Anda sebagai sasaran empuk yang terlalu mudah untuk dipengaruhi. Pastikan mereka tahu jika Anda tidak setuju dengan pendapat mereka. Kemungkinan besar toxic people tidak akan terima begitu saja, namun tidak masalah karena dengan cara ini akan membuat mereka berpikir ulang untuk mengganggu Anda. (Ria Sari Febrianti)

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.