Ingin Hubungan Langgeng, Hindari 7 Kebiasaan yang Membuat Pasangan Jengkel

Membangun hubungan dalam jangka waktu yang lama ternyata bukanlah hal mudah. Walaupun sudah saling hafal dengan kebiasaan masing-masing, namun pertengkaran seringkali tak dapat dihindari.

JEDA.ID – Membangun hubungan dalam jangka waktu yang lama ternyata bukanlah hal mudah. Walaupun sudah saling hafal dengan kebiasaan masing-masing, namun pertengkaran seringkali tak dapat dihindari. Faktornya mungkin saja ada beberapa kebiasaan Anda yang ternyata membuat pasangan terganggu atau merasa jengkel, begitupun sebaliknya.

Beberapa kebiasaan manusia memang tidak dapat dihilangkan dengan mudah. Sebagai sepasang kekasih sudah semestinya mampu menerima kebiasaan satu sama lain. Selain itu diperlukan sifat keterbukaan agar hubungan makin harmonis. Agar bisa saling intropeksi diri, berdasarkan penelitian, berikut ini beberapa kebiasaan yang membuat pasangan jengkel:

Tips Nyaman Isolasi Mandiri Pasien Positif Covid-19 Bergejala Ringan di Rumah

Sering mengkritik

Melansir Psychology Today, Selasa (23/6/2020) dalam hubungan yang sehat, proposi komunikasi adalah 80% Anda mengatakan hal-hal yang positif atau netral. Sisanya dapat berupa kritikan yang ditujukan langsung untuk pasangan Anda. Misalnya, Anda mengeluh bila pasangan kurang memperhatikan soal kebersihan toilet atau kerapian kamar. Namun ada beberapa pasangan yang justru terlalu banyak mengeluh dan mengkritik, bahkan pada hal-hal yang sepele.

Secara tidak langsung, hal tersebut justru membuat pasangan Anda berkecil hati dan merasa tidak berguna. Oleh karena itu, cobalah untuk mengurangi kebiasaan tersebut dan lebih menghargai pasangan Anda demi menjaga hubungan agar tetap langgeng.

Tidak Saling Terbuka

Kebiasaan tidak saling terbuka atau kesulitan mengungkapkan apa yang dirasakan juga menjadi kebiasaan yang harus dihindari. Ini akan menyebabkan hubungan Anda terasa hambar karena kesulitan dalam berkomunikasi. Misalnya, seringkali terjadi pada wanita yang menginginkan sesuatu namun mereka hanya mengode tanpa mengungkapkannya. Sehingga pasangannya harus berusaha menebak hal tersebut.

Kesulitan tersebut sering membuat orang menjadi cepat kesal karena salah menerka-nerka apa yang pasangan mereka inginkan. Parahnya lagi ada beberapa wanita yang malah menggap pasangannya kurang peka karena tidak memahahi apa yang meraka inginkan.

Tidak Dapat Mengontrol Emosi

Marah bukanlah cara untuk menyelesaikan masalah. Pasangan justru akan berfikir kalau Anda belum siap menjalani hubungan karena tidak mampu mengontrol emosi. Cepat marah juga akan membuat mereka ilfeel bahkan menjauhi Anda. Sebisa mungkin coba kendalikan emosi atau kekasalan Anda pada pasangan. Berhati-hatilah dalam memilih kalimat agar tidak terkesan kasar. Meninggikan suara juga terlihat tidak baik di mata pasangan Anda.

Hal tersebut justru menyebabkab pasangan merasa diserang, sehingga perdebatan dan adu mulut tidak dapat dihindari. Bicaralah saat suasana hati Anda dan pasangan sudah lebih tenang sehingga permasalahan yang dihadapi bisa dikomunikasikan dengan baik-baik.

Mengabaikan Saran Pasangan

Sering mengabaikan omongan atau saran dari pasangan membuat mereka merasa tidak dihargai. Misalnya pasangan sering membahas masalah tentang kebiasaan buruk Anda, namun Anda malah mengabaikannya. Kebiasaan tersebut justru akan mengahancurkan komunikasi yang terjalin di antara pasangan. Suatu saat nanti, pasangan Anda mungkin sudah tidak memberikan saran atau mengeluhkan tentang kebiasaan Anda lagi. Namun besar kemungkinan ia menjadi kurang peduli terhadap kualitas hubungan Anda berdua.

Jadi Kaya di Usia Muda, Ikuti Kebiasaan yang Dilakukan Para Miliarder Ini

Bermain Ponsel Saat Bersama Pasangan

Kebiasaan sulit melepaskan diri dari kecanduan bermain handphone, ternyata juga bisa menjadi salah satu faktor retaknya hubungan. Misalnya saja Anda tak bisa melepaskan ponsel saat berdua atau makan malam bersama pasangan. Selain merasa terbaikan, pasangan juga akan menaruh rasa curiga pada Anda. Untuk mengatasinya coba sebisa mungkin letakkan atau taruh handphone saat bersama pasangan agar ia merasa dihargai dan hubungan Anda lebih langgeng.

Bersikap Cuek

Banyak dampak buruk yang akan terjadi kalau Anda dan pasangan bersikap bodo amat alias cuek. Melansir dari salah satu sumber, dua orang yang berada dalam suatu hubungan percintaan pasti ingin diistimewakan dan diprioritaskan oleh pasangannya. Namun, hal tersebut tidak akan didapatkan kalau Anda maupun pasangan sama-sama cueknya.

Hal buruknya, pasangan yang terus menerus diperlakukan seperti itu akan mencari perhatian orang lain di luar sana. Selain itu sikap cuek juga akan membuat pasangan Anda merasa cepat bosan dan berpaling ke lain hati.

Sering mengeluh atau Menggerutu

Anda mungkin sering curhat disertai mengeluh atau menggerutu pada pasangan. Mulai dari hal sepele seperti teman menyebalkan, tugas menumpuk, cuaca tidak bersahabat, hingga berat badan bertambah. Percayalah bukanya iba atau respect, pasangan justru merasa ilfeel dengan Anda. Sering mengeluh atau menggerutu di depan pasangan justru membawa aura negatif sehingga membuat ia malas bila harus menghabiskan waktu bersama Anda.

Jadi, cobalah untuk menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi dengan hati yang tenang, bersikap dewasa, dan berpikir positif. Kalau ingin meminta saran pada pasangan usahakan tidak dengan mengeluh dan menggerutu agar ia senang membantu Anda.

Ditulis oleh :

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.