Keren! Pilot Wanita Air India Tuntaskan Misi Penerbangan Terpanjang

Penerbangan Air India 176-Boeing 777 berangkat dari San Francisco pada 11 Januari lalu.

JEDA.ID-Semua pilot wanita di maskapai penerbangan Air India mengukir sejarah baru. Para pilot wanita ini berhasil membuat penerbangan nonstop terpanjang di India.

Kisah inspiratif kali ini membahas tentang pilot-pilot wanita. Tim yang terdiri atas empat awak kokpit dari Air India menyelesaikan penerbangan dalam waktu 17 jam.

“Kami adalah putri India yang diberi kesempatan untuk melakukan penerbangan bersejarah ini,” kata komandan penerbangan, Kapten Zoya Aggarwai, seperti dikutip dari detikcom, Sabtu (16/1/2021), .

“Kami mampu membuat babak baru dalam sejarah penerbangan India,” tambah Zoya.

Zoya mengaku bangga menjadi bagian dari penerbangan terpanjang ini. Dia pun sudah mempersiapkan diri lebih dari satu tahun lamanya

Sedangkan Co pilot kapten Zoya, Kapten Thanmel Papagari mengagumi pemandangan dari kutub utara yang luar biasa. Dia juga mengatakan, sebagai pilot wanita mereka memiliki tujuan untuk membuktikan bahwa mereka bisa melakukan tugas tersebut.

Penerbangan Air India 176-Boeing 777 berangkat dari San Francisco pada 11 Januari lalu. Mereka tiba Bengaluru, India Selatan pada hari Senin pukul 03.07 pagi dengan jarak lebih dari 8.600 mil.

“Ini adalah penerbangan nonstop antara Bengaluru dan Amerika Serikat, menghubungkan dua pusat teknologi dunia dan kota kembar,” menurut pernyataan dari Bandara Internasional Kempegowda, Bengaluru.

Jauhnya perjalanan membuat banyak hal tak terduga terjadi. Menurut kopilot, Papagari banyak perencanaan yang dilakukan dalam penerbangan.

Keren! Ada Smartwatch Bisa Deteksi Corona

“Karena kami terbang di atas Kutub Utara, ada berbagai faktor yang terlibat. Termasuk cuaca, tingkat radiasi matahari dan ketersediaan bandara jika terjadi pengalihan,” kata Papagari.

Sektor penerbangan di India kini banyak melatih wanita untuk menjadi pilot. Menurut pusat penerbangan CAPA, sekitar 12 persen pilot di negara itu adalah seorang wanita dan menjadi persentase tertinggi di dunia.

“[Penerbangan ini] akan menciptakan lebih banyak kesempatan bagi perempuan,” kata Papagari.

“Gagasan untuk melihat penerbangan sebagai bidang yang didominasi laki-laki semakin berkurang. Kami dipandang sebagai pilot, tak ada perbedaan,” pungkasnya.

Profesi sebagai pilot wanita juga disandang Donna Garrett . Pilot cantik berusia 26 tahun dan besar di Los Angeles membagikan kisahnya hingga sampai di titik sekarang. Dia dan ibunya menjadi viral karena cerita mereka yang bekerja di satu kokpit pesawat.

Ya, mereka berdua sama-sama pilot.

Sejarah Gempa Majene 1969: Renggut 600 Korban Jiwa

Ternyata, ayahnya Donna Garrett juga seorang pilot. Jadi, Donna sudah biasa dari kecil dengan ritme kerja kedua orang tuanya yang sama-sama pilot.

Ibunya, Suzy Garrett, sedang merintis jalan di angkasa sebagai salah satu pilot wanita pertama untuk maskapai regional AS SkyWest.

Seiring bertambahnya usia Donna, dia mulai memperhatikan. Terinspirasi oleh hasrat orang tuanya dan kebebasan yang mereka nikmati untuk menjelajahi dunia, dia memutuskan untuk mengejar karirnya sendiri di bidang penerbangan.

Hingga akhirnya September 2019, Donna dan ibunya mengoperasikan pesawat tim pilot ibu-anak pertama SkyWest. Penerbangan itu terjadi lebih dari setahun yang lalu, tetapi baru dalam beberapa pekan terakhir, kisah Donna dan Suzy tiba-tiba menjadi viral. Rupanya, foto-foto mereka dengan senyum bangga di kokpit menyebar di media sosial.

Waduh! Serat Sintesis dari Pakaian Cemari Arktik

“Kami tahu itu sangat istimewa,” kata Suzy, yang merayakan 30 tahun di SkyWest saat dia berpasangan dengan putrinya.

“Saya benar-benar terkejut, sama terkejutnya seperti sekarang ini menjadi viral. Tetapi bahkan hari itu, saya belum berfoto sebanyak itu sejak pernikahan saya. Penumpang berfoto dengan kami, ramper, pramugari … Itu saja membantu membuat hari itu lebih istimewa, dukungannya sungguh luar biasa,” ujar Suzy.

Pasangan ibu dan anak itu berharap untuk mengulangi pengalaman tersebut pada tahun 2020, tetapi rencana mereka terhenti oleh pandemi Covid-19. Saat ini, Suzy ada di Los Angeles dan Donna di Chicago dan, seperti banyak keluarga, mereka tidak bisa menghabiskan banyak waktu bersama tahun ini.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.