• Thu, 25 April 2024

Breaking News :

Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan untuk Usia 50 Tahun ke Atas

Bagi mereka yang berusia 50 tahun ke atas menurunkan berat badan membutuhkan upaya ekstra termasuk menjaga makan dan berolahraga.

JEDA.ID – Usia lanjut tentu tak membuat seseorang berhenti mendambakan berat badan ideal. Selain kerap dianggap lebih baik secara estetika, berat tubuh ideal bisa menjadi indikator kesehatan seseorang. Lantas timbul pertanyaan, bagaimana cara menurunkan berat badan bagi mereka yang obesitas di usia lanjut?

Bagi Anda yang berada di usai 50 tahun ke atas, menurunkan berat badan tentu bukan perkara mudah. Selain tidak banyak olah raga berat yang bisa dijalani, penurunan fungsi metabolisme tubuh juga cukup meningkatkan kesulitan mengatur berat badan.

Perawatan Pasien Stroke di Rumah, Bersiap Hadapi Berbagai Kemungkinan Ini

Katherine Tucker, profesor epidemiologi gizi di Universitas Massachusetts-Lowell, punya cara. Seperti dilansir Medical Daily, prof. Katherin mengatakan pada usia ini, Anda harus meluangkan waktu mempertimbangkan apa yang Anda makan, cara makan perlahan karena dapat membantu upaya penurunan berat badan.

Makanlah lebih banyak buah dan sayuran karena kedua makanan ini membantu Anda mengonsumsi nutrisi yang Anda butuhkan agar tetap sehat dan bugar. Cara lainnya, pilihlah olahraga yang memungkinkan Anda untuk menggerakkan seluruh tubuh Anda karena dapat bekerja seperti latihan pembangkit tenaga untuk Anda.

Melakukan puasa intermiten (intermittent fasting) adalah salah satu upaya menjaga kesehatan tubuh. Cara ini membuat Anda makan lebih sedikit setiap hari, menghasilkan defisit kalori dan membantu Anda menurunkan berat badan.

Lagi Ngehits, Begini Diet Intermittent Fasting yang Benar

Tetap Berolahraga

Melakukan olahraga dapat membakar lebih banyak kalori yang masuk ke tubuh melalui makanan. Dengan begitu, tidak akan terjadi penumpukan kalori di tubuh. Lama-kelamaan, hal ini juga bisa menurunkan berat badan sedikit demi sedikit.

Tak perlu ragu memulai berolahraga di usia lanjut. Meski sangat terlambat, olahraga akan secara signifikan mengubah metabolisme tubuh. Selain itu, olahraga juga akan membuat hari Anda lebih ceria.

Dalam memilih, pastikan olahraga yang tidak banyak melakukan kontak fisik. Olahraga sepakbola, basket atau beladiri tentu tak disarankan untuk mereka yang lanjut usia. Olahraga terbaik adalah olahraga yang bisa melatih otot atau kardiovaskular.

Melakukan olahraga benturan-rendah, dengan intensitas kardiovaskular sedang bisa membantu mempertahankan kebugaran dan juga membantu menurunkan berat badan. Diskusikan rencana untuk melakukan latihan kardio dengan dokter Anda dan instruktur kebugaran bersertifikat sebelum memulai.

Selain olahraga kardiovaskular, latihan kekuatan dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Olahraga tersebut juga membantu menyingkirkan penyakit yang berkaitan dengan usia seperti osteoporosis dan mencegah Anda mengalami cedera karena latihan beban bisa membangun tulang dan otot.

Olahraga yang Gagal dan Ampuh Melawan Obesitas

Pemanasan dan Pendinginan

Lakukan pemanasan dan pendinginan sebagai bagian dari sesi olahraga. Setiap kali berolahraga, pastikan Anda melakukan pemanasan sebelumnya dan meluangkan waktu untuk pendinginan setelah selesai. Hal ini akan menyiapkan tubuh untuk berolahraga dan menstabilkan suhu serta tekanan darah.

Berikut metode pemanasan dan pendinginan yang bisa dipraktekkan;

  • Lakukan pemanasan dengan aktivitas benturan-ringan (low-impact) dan olahraga ringan, seperti jalan kaki selama 5-10 menit.
  • Lakukan pendingian dengan aktivitas benturan-ringan seperti lari-lari kecil atau berjalan selama 5-10 menit.
  • Anda perlu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik selama olahraga. Pastikan untuk setidaknya minum sebanyak 2 liter per hari supaya tetap terhidrasi dan tambahkan 240 ml air setiap satu jam aktivitas.

Kurangi Kalori, Cukupi Kebutuhan Air

Diet paling tepat untuk usia lanjut adalah menjaga kebutuhan air dalam tubuh Anda cukup, batasi jumlah kalori, dan perbanyak protein.

Makanan tinggi kalori dan tinggi gula dapat menyumbang kalori berlebih pada tubuh Anda, sehingga hal ini justru dapat membuat Anda mengalami kenaikan berat badan. Selain itu, makanan yang tinggi kalori dan gula biasanya juga tidak mengandung banyak nutrisi penting. Sehingga, tidak memberikan manfaat apapun untuk kesehatan Anda.

Konsumsilah banyak sayuran dan buah-buahan karena mengandung banyak nutrisi. Sayur dan buah juga mengandung karbohidrat dan tinggi serat yang dapat membantu Anda kenyang lebih lama. Serat juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan Anda.

Selain itu, penting untuk cukup minum air putih. Seiring pertambahan usia, mungkin Anda semakin tidak menyadari jika diri Anda haus. Padahal, Anda membutuhkan banyak air untuk mempertahankan fungsi tubuh yang normal. Minum air juga mencegah Anda dari kelaparan berlebih.

Kurangi Risiko Serangan Jantung, 5 Negara Paling Doyan Makanan Pedas

Kurangi Garam

Usia yang semakin bertambah membuat pembuluh darah semakin kaku dan keras. Hal ini membuat pembuluh darah lebih mudah tersumbat. Akibatnya, Anda rentan terserang stroke, gagal jantung, dan serangan jantung.

Salah satu cara menekan risikonya yaitu mengurangi garam. Oleh karena itu, usahakan untuk mengonsumsi masakan rumah sehingga Anda bisa membatasi garam. Pasalnya, berbagai makanan olahan mengandung garam yang sangat tinggi.

Jika Anda masak sendiri, Anda bisa menambahkan berbagai rempah pengganti garam seperti jahe, kunyit, bawang merah, dan juga bawang putih yang tentu lebih menyehatkan nan sedap.

Konsultasi ke Dokter

Konsultasikan dengan dokter mengenai kebiasaan dan perencanaan kebugaran Anda. Jika Anda ingin menurunkan berat badan pada umur 50 tahun atau lebih, pertama-tama diskusikan dengan dokter apakah aman atau tidak melanjutkan aktivitas Anda selama ini atau Anda perlu menambahnya. Mungkin ada beberapa lingkungan yang tidak cocok sebagai tempat untuk melakukan aktivitas tertentu.

Konsultasikan pula dengan ahli diet. Bahkan jika Anda tak membutuhkan diet khusus, Anda perlu menyesuaikan menu makanan untuk menurunkan berat badang dan tetap sehat karena lambatnya pencernaan dan metabolisme seiring bertambahnya usia.

Berkonsultasilah dengan ahli diet resmi untuk membahas kebutuhan aturan makan Anda secara khusus dan bagaimana Anda bisa memperoleh seluruh vitamin terbaik dan gizi yang dibutuhkan untuk mempertahankan kesehatan dan kebugaran Anda.

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.