• Tue, 23 April 2024

Breaking News :

Beda Reaksi Fisik Saat Melahirkan Anak Pertama dan Kedua

Konon katanya, melahirkan anak kedua akan lebih mudah dibanding anak pertama.

JEDA.ID – Melahirkan menjadi momen paling berkesan bagi ibu. Bagi Anda yang sedang menunggu kelahiran anak kedua, ada baiknya mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan jelang persalinan.

Konon katanya, melahirkan anak kedua akan lebih mudah dibanding anak pertama. Pernyataan ini sepertinya ada benarnya. Hal ini karena kelahiran anak pertama akan menjadi pengalaman bagi ibu. Meski begitu, ibu disarankan untuk tetap mempersiapkan proses kelahiran dengan matang.

Melahirkan Lebih Cepat

Riset Memorial Care Saddleback, California, Amerika Serikat, mengungkap rata-rata kelahiran anak kedua lebih cepat dibanding anak pertama. Ibu pertama kali melahirkan membutuhkan waktu sekitar 8 jam sedangkan untuk anak kedua hanya butuh 5 jam. Meski begitu, tidak semua kasus kelahiran anak kedua selalu lebih cepat.

Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini adalah lantaran kondisi ibu yang lebih santai. Proses kelahiran anak pertama membantu ibu utuk lebih rileks menghadapi kelahiran anak kedua.

Selain itu, ibu juga sudah terlebih dahulu beradaptasi dengan suasana rumah sakit. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri pada proses melahirkan anak kedua.

Sedangkan secara fisik, perbedaan persalinan pertama dan kedua yang mungkin akan dirasakan adalah rasa nyeri ketika sedang melahirkan. Ketika melahirkan normal untuk pertama kali maka mungkin Anda akan merasakan nyeri yang luar biasa, hal itu karena baru pertama kali sehingga muncul rasa khawatir sehingga rasa sakit menjadi sedikit berlebihan. Namun karena sudah berpengalaman maka persalinan kedua tak akan terasa begitu sakit.

Reaksi lain adalah jarak kontraksi yang lebih dekat. Jika di persalinan pertama jarak antara kontraksi dan persalinan agak lama bahkan bisa sampai harian, maka jarak kontraksi di kehamilan kedua lebih dekat dengan persalinan.

Mungkin Anda akan diminta untuk segera ke rumah sakit ketika merasakan kontraksi pada kehamilan yang kedua karena biasanya bayi sudah mendekati waktu bersalin.

Reaksi Fisik

Mengutip Healthcare.gov, Sabtu (28/12/2019), pengalaman beberapa wanita yang sudah melahirkan anak kedua, mereka mengatakan jika kontraksi pada anak kedua mereka akan menjadi lebih sakit daripada kontraksi anak pertama mereka.

Bagi Anda yang saat ini sedang hamil anak kedua dan masih di trimester pertama maka Anda bisa berwaspada karena ketika akan melahirkan biasanya kontraksi yang Anda rasakan akan lebih sakit daripa kontraksi persalinan pertama.

Kebalikan dari saat melahirkan, proses pemulihan biasanya agak lebih lama. Ini karena segera setelah melahirkan, rahim akan mulai menyusut kembali ke ukuran normal. Proses ini seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman.

“Semakin banyak jumlah persalinan yang pernah dilewati oleh perempuan, maka semakin terasa sulit proses ini akan dilewati. Namun kembali semua bergantung pada kondisi dan ambang nyeri setiap orang,” ungkap Jane Yeh, MD, seorang dokter di Overlake Hospital di Bellevue, Wash.

Ada pula gejala kontraksi palsu menjelas persalinan anak kedua. “Kontraksi palsu atau Braxton-Hicks contractions adalah momen di mana terjadi rasa kram di perut, yang mirip seperti kontraksi aslinya. Padahal sebenarnya kondisi ini tak berpengaruh dalam proses persalinan,” kata Jane Yeh, MD, seorang dokter di Overlake Hospital di Bellevue, Wash.

Karena otot sudah berpengalaman dengan kontraksi, hasilnya malah lebih sensitif dengan kondisi kontraksi. Jadilah kontraksi palsu akan lebih banyak terasa di proses melahirkan anak kedua.

Penjelasan Harlequin Ichthyosis di Kasus Hoaks Bayi Makan Usus Ibunya

Persiapan Efisien

Pada persalinan kali pertama, proses mengejan bisa terasa sulit dan seringkali salah. Akibatnya, dibutuhkan waktu lebih lama untuk bisa mengejan dengan benar.

Waktu yang dibutuhkan rata-rata bahkan bisa mencapai hingga 2-3 jam. Selain karena belum memahami prosesnya, hal ini juga bisa terjadi karena kelelahan dan tidak cukup bertenaga.

Pada persalinan kali kedua biasanya pengaturan waktu akan menjadi lebih baik. Anda sudah memahami seperti apa teknik mengejan yang tepat dan kapan waktu yang baik untuk melakukannya.

Selain itu, mengejan pun bisa menjadi lebih efektif karena tubuh sudah lebih terlatih dan persiapan tenaga sudah jauh lebih baik.

Jangan lupa, ikuti dengan benar instruksi yang diberikan oleh dokter atau bidan, sehingga persalinan pun bisa dilewati lebih cepat dan lancar.

Secara psikologis, persiapan jelang persalinan anak kedua akan lebih efisien. Jika sebelumnya Anda menyiapkan tas perlengkapan dengan isi yang banyak, maka pada persalinan kali kedua ini tentu lebih sedikit barang yang dibawa.

Perlengkapan yang dibawa ke rumah sakit akan lebih sesuai dengan kebutuhan, tanpa berlebihan. Hal ini pun bisa membuat jauh lebih siap dan tidak kerepotan menyiapkan barang bawaan.

Yang tak kalah penting, siapkan dokumen yang mungkin akan diperlukan untuk proses administrasi. Siapkan juga kendaraan sehingga saat dibutuhkan sewaktu-waktu semua sudah tersedia dan siap untuk dibawa.

Mitos Sunat Perempuan dan Terlanggarnya Hak Seksual

Ditulis oleh : Jafar Sodiq Assegaf

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.