Waspada Makan Makanan Asin Berlebihan Berbahaya

Makan makanan asing memang kadang bikin ketagihan. Namun jika terlalu sering, Anda sebaiknya mewaspadai efeknya.

JEDA.IDA-Makan makanan asin memang terasa enak dan membuat kita ketagihan akan rasanya. Tak heran banyak orang menyukai makan makanan asin.

Ternyata, asupan garam bagi orang dewasa sebaiknya tidak lebih dari 2.300mg saja per hari. Jika mengonsumsi makanan asin lebih dari itu, maka dapat memberikan efek negatif bagi kesehatan.

Tips kesehatan kali ini membahas bahaya di balik terlalu sering makan makanan asin. Melansir dari Liputan6.com dan berbagai sumber, Selasa (27/10/2020), berikut ini dampak buruk bagi tubuh jika terlalu banyak mengonsumsi makanan asin.

1. Stroke dan Kardiovaskular

Terlalu banyak mengonsumsi makanan asin akan berdampak pada kesehatan jantung serta pembuluh darah. Akibatnya, dapat terserang penyakit stroke dan kardiovaskular.

Suka Makan Ceker Ayam? Berikut Ini Fakta yang Perlu Diketahui

Untuk itu, segera kurangi konsumsi makanan asing agar terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.

2. Pembengkakan

Selain stroke dan kardiovaskular, konsumsi makanan asin juga dapat memicu terjadinya pembengkakan di bagian tubuh tertentu, seperti tangan dan kaki. Biasanya pembengkakan terjadi saat pagi hari, setelah bangun tidur.

3. Kanker Perut

Bagi pecinta makanan asin wajib waspada, sebab orang yang lebih banyak mengonsumsi makanan asin lebih tinggi berisiko terkena kanker perut.

Amankan Ponsel Anda dengan 6 Langkah Mudah Ini

Hal ini dikarenakan garam yang menumpuk di dalam usus sehingga menyebabkan tumbuhnya bakteri H.pylory yang semakin besar. Bakteri H.pylory merupakan jenis bakteri yang mampu sebabkan peradangan di lambung dan kanker perut.

4. Gagal Ginjal

Penyakit lainnya yang disebabkan oleh konsumsi berlebih garam adalah gagal ginjal. Mengonsumsi makanan asin yang terlalu banyak akan membuat ginjal bekerja lebih banyak dari biasanya. Akibatnya, risiko ginjal mengalami kerusakan semakin besar, serta terkena gagal ginjal pun juga semakin tinggi.

5. Osteoporosis

Kandungan ion natrium pada garam yang dikonsumsi dapat membawa serta sebagian kalsium saat keluar dari tubuh. Kalsium yang terlalu banyak keluar dari tubuh dapat menyebabkan osteoporosis atau tulang menjadi rapuh.

Ini Alat Kontrasepsi Aman untuk Ibu Menyusui

6. Hipertensi

Kadar yodium yang tinggi di dalam darah dapat memicu tekanan darah menjadi meningkat, hingga mampu merusak tekanan darah ketika mengonsumsi terlalu banyak dan terlalu sering makanan asin. Jadi, segera kurangi konsumsi makanan asin, ya.

7. Sakit Kepala

Ternyata rasa pusing atau sakit kepala dapat disebabkan oleh konsumsi terlalu banyak makanan asin. Sebuah studi yang diterbitkan oleh jurnal BMJ, mengungkapkan bahwa orang mengonsumsi makanan dengan kadar sodium yang tinggi, lebih berkemungkinan untuk sakit kepala, jika dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi rendah soidumm.

Ditulis oleh : Jovita Citra

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.