Amankan Ponsel Anda dengan 6 Langkah Mudah Ini

Ponsel saat ini bukan hanya sebagai sarana komunikasi, melainkan juga menyimpan sejumlah data pribadi. Karena itu perlu mengamankan ponsel supaya data aman.

JEDA.ID-Untuk melindungi data-data Anda, sebaiknya amankan ponsel Anda. Apalagi sebetulnya ada cara mudah untuk amankan ponsel Anda dari kejahatan siber.

Ya, saat ini telepon seluler (ponsel) merupakan barang penting, informasi penting dan rahasia milik Anda pun tersimpan di dalamnya. Karenanya, penting untuk mengetahui cara mengamankan HP.

Berdasarkan laporan Pew pada 2017, hampir 30% pengguna smartphone tidak menggunakan screen lock dan keamanan lainnya untuk mengakses ponsel mereka. Padahal ini sangat krusial.

HP Hilang? Jangan Panik, Lakukan Ini

Dikutip dari Business Insider dan detikcom, Sabtu (24/10/2020), ada sejumlah langkah mudah untuk amankan ponsel anda:

1. Kunci home screen

“Mengunci layar Anda saat Anda tidak menggunakannya secara langsung akan mencegah siapa pun yang berada dalam jangkauan mengakses konten yang ada di dalamnya,” kata pendiri Accelerated Growth Marketing, Stacy Caprio.

Ia pun menyarankan untuk mempertimbangkan menambah panjang kata sandi semaksimal yang diizinkan untuk membuat ponsel Anda lebih sulit untuk diretas.

Adapun untuk membuat HP semakin sulit diretas adalah dengan menggunakan kunci sidik jari — beruntung tidak ada satu pun sidik jari yang sama di dunia ini

2. Gunakan aplikasi caller protection

Aplikasi seperti Burner dan Firewall melindungi dari peretas dan penelepon yang tidak diinginkan agar tidak memiliki akses ke ponsel Anda.

RI Lakukan Pencarian Kehidupan di Luar Bumi

Burner membantu Anda merahasiakan nomor pribadi Anda dengan membuat nomor telepon baru yang dapat digunakan selama yang Anda sukai. Sementara itu, Firewall memungkinkan pengguna iOS untuk mengirim panggilan yang tidak diinginkan langsung ke pesan suara

3. Hindari mengisi daya ponsel di port umum

“Hanya dengan menghubungkan ponsel Anda ke kabel listrik atau pengisi daya, perangkat Anda bisa terinfeksi dan itu terdiri dari semua data Anda,” kata Draw Pack dari firma keamanan Authentic8 kepada CNN.

Sebisa mungkin mengisi daya menggunakan powerbank sendiri atau charger diri Anda sendiri untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

4. Update, update!

“Meskipun kadang-kadang bisa menjadi gangguan atau bikin pusing, update itu untuk kebaikan Anda sendiri,” ujar Liz Hamilton, direktur di Mobile Klinik, kepada Business Insider.

Semakin lama Anda tidak memperbarui ponsel dan software, maka data Anda semakin berisiko mengalami malfungsi malware. Terlebih, update yang ada biasanya dilakukan untuk menutup celah keamanan yang ada pada versi sebelumnya.

5. Stop jailbreak atau root

Melakukan jailbreak pada iPhone atau me-rooting Android Anda memang kadang menggoda karena memberikan sejumlah manfaat seperti memungkinkan Anda menyesuaikan ponsel, meningkatkan masa pakai baterai, atau mengunduh aplikasi yang tidak disetujui. Tetapi pikirkan dua kali sebelum Anda melakukannya.

Tips Terhindar Penipuan Lewat Telepon

“Melakukan jailbreak pada ponsel Anda dapat menyebabkannya menjadi lebih terbuka bagi para peretas juga, yang bisa sangat menghancurkan,” jelas analis keamanan Robert Siciliano.

6. Simpan data di Cloud

Jika terjadi pencurian HP, biasanya banyak orang yang menyesali data-data yang hilang di dalamnya. Karenanya sangat penting untuk menyimpan data-data di ponsel pada cloud. Selain tersimpan dengan rapi, aksesnya pun juga terjamin aman karena hanya Anda yang bisa mengaksesnya.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.