• Wed, 30 November 2022

Breaking News :

Cara Mudah Mendeteksi Kamera Tersembunyi di Ruangan

Agar Anda tidak menjadi korban kejahatan siber, ada baiknya mengetahui cara mendeteksi kamera tersembunyi di sebuah ruangan. Cara mendeteksi kamera tersembunyi sangat mudah kok.

JEDA.ID–Kamera tersembunyi sebenarnya sangat bermanfaat, namun tidak sedikit oknum menyalahgunakan kamera tersembunyi ini. Karena itu, agar Anda tidak menjadi korban kamera tersembunyi, penting sekali bagi Anda untuk mendeteksi kamera tersembunyi di  ruangan.

Hal ini karena saat ini ada sejumlah kejadian korban kamera tersembunyi. Di tempat-tempat yang seharusnya menjadi privasi, aktivitas mereka malah terekam kamera tersembunyi misalnya di toilet, kamar ganti, atau di kamar hotel. Meski sudah lama dilarang, kasus pemasangan kamera tersembunyi ini masih marak terjadi. Hal ini sudah pasti meresahkan, khususnya bagi kaum perempuan.

Kamera tersembunyi  biasanya diletakkan di tempat yang sulit ditemukan. Lalu, bagaimana cara mudah untuk mendeteksi kamera tersembunyi? Jangan khawatir, kini sudah ada cara pintar untuk mengetahui letak spy camera yang sengaja disembunyikan oleh pihak-pihak tidak bertanggungjawab. Simak ulasanya yang dikutip dari laman Liputan6.com dan dari berbagai sumber :

Pindai ruangan untuk Mencari Objek Mencurigakan

Saat masuk ke sebuah ruangan, ada baiknya kita memeriksa sekeliling ruangan terlebih dahulu. Periksa dengan teliti, cari di tempat-tempat yang memungkinkan diletakkan kamera tersembunyi. Anda bisa memulai dengan memeriksa jam dinding, pajangan, atau sela-sela ventiasi. Kemudian berikan perhatian khusus pada objek seperti dekorasi dinding, lampu, rak, dan lain-lain. Kabel dan lensa yang mencurigakan pun bisa jadi milik kamera tersembunyi.

Hubungkan ke Wifi

Kamera pengintai biasanya berfungsi pada wifi, jadi Anda dapat menemukannya dengan menghubungkan ke jaringan yang tersedia di ruangan. Jaringan wifi atau hotspot dapat dimanfaatkan dengan menggunakan aplikasi seperti Fing yang dapat diunduh melalui Android atau iOS.

Ada Rekan di Kantor Positif Corona? Ini 4 Langkah yang Harus Dilakukan

Hubungkan ponsel ke jaringan wifi atau hotspot yang tersedia. Kemudian buka aplikasi Fing dan pilih “Refresh” di kanan atas layar aplikasi untuk memulai dan setuju untuk memberikan izin lokasi aplikasi.
Tunggu sampai aplikasi selesai memindai. Setelah itu, lihat daftar perangkat yang ditemukan. Jika menemukan Nest, Arlo, Wyze atau bahkan IP Camera sebaiknya berhati-hati karena bisa jadi itu adalah kamera tersembunyi.

Cek Cermin Dua Arah

Kasus ini memang jarang terjadi. Namun tidak ada salahnya untuk mencurigai penggunaan cermin dua arah. Hati-hatilah saat berada di kamar pas, tempat ini tepat untuk menggunakan cermin dua arah. Karena salah satu sisinya akan terang benderang, dan yang lain dapat disimpan dalam gelap.

Cermin dua arah merupakan cermin yang mempunyai dua sisi. Satu sisinya berfungsi sebagai cermin biasa yang memantulkan bayangan di depannya. Sedangkan sisi satunya lagi tembus pandang seperti kaca.

Lakukan Persiapan Kehamilan dengan 4 Langkah Ini

Cara mudah mengetahui cermin dua arah yaitu dengan menempelkan jari ke cermin. Jika ada jarak antara jari dengan pantulannya, maka itu adalah cermin biasa. Tapi sebaliknya, jika tidak ada jarak, berarti cermin itu merupakan cermin dua arah dan kemungkinan Anda sedang diawasi.

Flash Handphone

Caranya cukup mudah. Nyalakan flash yang ada di handphone, lalu pancarkan ke sekeliling ruangan yang ingin digunakan. Jika ada cahaya yang memantul, bisa jadi pantulan itu berasal dari lensa kamera yang tersembunyi.

Kamera Depan Ponsel

Kamera tersembunyi dan kamera depan ponsel sama-sama memancarkan sinar inframerah. Sinar ini tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Oleh karenanya, ini bisa digunakan untuk mendeteksi kamera tersembunyi.

Tubuh Gampang Lemas? Ini 5 Makanan Pembangkit Energi

Pertama, pastikan semua lampu di ruangan dimatikan. Pasalnya, untuk mendeteksi sinar inframerah ruangan harus dalam keadaan gelap. Kemudian buka kamera depan ponsel dan mulailah cari ke sekeliling ruangan. Jika melihat benda yang bercahaya ungu atau putih dari layar ponsel, Anda patut curiga. Kemungkinan benda itu adalah kamera tersembunyi.
Sebenarnya cara ini juga bisa dilakukan menggunakan kamera belakang handphone. Hanya saja, umumnya kamera belakang pada handphone mempunyai filter inframerah, sehingga inframerah tidak bisa terdeteksi.

Aplikasi Pendeteksi

Teknologi sudah semakin canggih. Kini sudah banyak aplikasi pendeteksi kamera tersembunyi yang bisa didownload di ponsel Anda. Aplikasi yang bisa diunduh untuk mendeteksi kamera tersembunyi seperti aplikasi Hidden Spy Camera Detector. Tinggal download aplikasinya, lalu ikuti instruksi yang tertera pada aplikasi.

Ditulis oleh : Annisa Putri

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.