Tubuh Gampang  Lemas? Ini 5 Makanan Pembangkit Energi

Tubuh gampang lemas bukan selalu pertanda mengantuk. Tubuh gampang lemas bisa jadi karena kekurangan asupan pembangkit energi.

JEDA.ID-Tubuh gampang lemas bukan selalu pertanda mengantuk. Tubuh gampang lemas bisa jadi karena kekurangan asupan gizi makanan dan pembangkit energi.

Menjaga tubuh agar senantiasa fit merupakan sebuah keharusan di tengah pandemi ini. Salah-satu ciri tubuh yang fit yaitu tidak mudah lemas. Kondisi lemas dapat terjadi karena beberapa faktor misalnya mengkonsumsi makanan tertentu, waktu tidur yang tidak ideal, atau justru karena gangguan beberapa penyakit tertentu.

Untuk itu, mengubah pola makan adalah salah-satu cara yang dapat dilakukan untuk menghindari lemas. Makanan berikut ini bisa jadi pihan Anda agar tubuh menjadi bertenaga, yuk simak penjelasannya! Tips kesehatan kali ini membahas aneka makanan pembangkit energi tubuh seperti dikutip dari detikcom, Rabu (30/9/2020):

1. Daging

Daging merupakan sumber protein yang bagi tubuh. Protein membantu untuk menguatkan otot tubuh Anda. Namun, pilihlah daging tanpa lemak karena lemak hewani memiliki beberapa efek negatif bagi tubuh.

Konsumsi Kunyit Berlebihan, Ini Efek Sampingnya

Dengan mengonsumsi daging merah tanpa lemak dalam jumlah cukup secara rutin dan teratur, Anda dapat menghindari tubuh yang lemas. Selain daging, ada beberapa pilihan makanan yang memiliki protein tinggi seperti telur, ikan dan susu.

2. Ubi

Ubi adalah salah-satu pilihan makanan yang dapat membuat tubuh anda lebih fit karena kandungan kaliumnya yang banyak. Anda bisa memakannya dengan cara direbus dan dikukus. Selain, membuat tubuh Anda tidak mudah lemas, ubi juga dapat menjadi pilihan menu diet yang ampuh.

3. Pisang

Pisang mengandung banyak potasium, serat, berbagai vitamin, dan jumlah karbohidrat yang tepat untuk meningkatkan stamina Anda dan menangkal tubuh yang lemas. Anda bisa memasukkannya ke dalam daftar sarapan sebelum memulai aktivitas karena pisang dapat menjadi pilihan yang mudah, lezat, dan dapat menjadi sumber energi.

Tarif Tes Swab RI Rp797.000, Ini Perbandingan dengan Negara Lain

4. Gandum

Karbohidrat yang terkandung di dalam nasi, jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan tubuh anda menjadi lemah. Untuk itu, gantilah nasi dengan gandum utuh atau whole wheat. Selain memberikan pasokan energi, konsumsi gandum utuh juga dapat menyehatkan saluran cerna karena kandungan seratnya yang tinggi.

5. Tahu

Salah-satu makanan yang dapat meningkatkan stamina tubuh agar tidak mudah lemas adalah tahu. Olahan kedelai ini mengandung zat besi dan merupakan sumber magnesium yang baik untuk kesehatan.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.