Konsumsi Kunyit Berlebihan, Ini Efek Sampingnya

Konsumsi kunyit sering dilakukan biasanya untuk jamu atau bumbu. Namun sebaiknya hindari konsumsi kunyit berlebihan. Karena konsumsi kunyit berlebihan ada efeknya.

JEDA.ID-Dalam keseharian tidak jarang kita melakukan konsumsi kunyit baik untuk jamu atau bumbu masakan. Namun sebaiknya hindari konsumsi kunyit berlebihan ya. Karena konsumsi kunyit berlebihan ada efek sampingnya loh.

Kunyit merupakan salah satu rempah yang cukup digemari dan sering digunakan dalam berbagai masakan. Tidak hanya itu, kunyit juga sering dijadikan sebagai pewarna alami dan sebagai obat herbal untuk meredakan nyeri haid, mual, dan perut kembung. Namun faktanya, mengonsumsi kunyit secara berlebihan akan memicu efek samping.

Sebenarnya secara umum kunyit aman untuk dikonsumsi, tetapi pada beberapa orang mungkin akan timbul efek samping setelah makan atau minum kunyit. Melansir dari berbagai sumber, Senin (28/9/2020), berikut sederet efek samping yang mungkin timbul akibat mengonsumsi kunyit berlebihan.

Gangguan Pencernaan

Kandungan di dalam kunyit dapat merangsang lambung memproduksi asam lambung lebih banyak. Kondisi ini dapat memberikan rasa kurang nyaman bagi sebagian orang. Kunyit jika dikonsumsi dalam waktu yang lama juga dapat memicu maag karena asam lambung yang meningkat.

Gangguan Kehamilan

Mengonsumsi kunyit dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, tidak akan menimbulkan efek samping pada ibu hamil. Sebaliknya, jika mengonsumsi terlalu banyak kunyit termasuk suplemen kunyit, dapat meningkatkan risiko kontraksi bahkan hingga keguguran.

Anak-Anak Stres Selama Pandemi Corona, Ini Tandanya

Hingga saat ini belum ada informasi mengenai berapa dosis yang aman bagi ibu hamil. Untuk itu disarankan tidak mengonsumsi kunyit selama masa kehamilan.

Menghambat Pembekuan Darah

Beberapa penelitian mengatakan bahwa kunyit tidak baik jika dikonsumsi bersamaan dengan antikoagulan atau antiplatelet. Sebab kunyit dapat memperlambat pembekuan darah. Obat-obatan lain yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan kunyit antara lain, Aspirin, Naproxen, Warfarin, Ibuprofen, dan sebagainya.

Masalah Ginjal dan Kantung Empedu

Kunyit akan memperburuk masalah pada kantung empedu. Pasalnya, kandungan curcumin pada kunyit akan membuat kantung empedu memproduksi lebih banyak empedu. Selain itu, kunyit diketahui mengandung senyawa oksalat. Terlalu banyak oksalat pada tubuh akan memicu batu ginjal.

Terganggunya Beberapa Obat

Seperti yang sudah diketahui, kunyit dapat meningkatkan asam lambung dan dapat mengencerkan darah. Hal ini dapat berdampak pada terganggunya khasiat beberapa obat.. Bagi penderita diabetes yang meminum obat untuk bantu turunkan kadar gula, tidak diperbolehkan mengomsumsi kunyit karena akan menurunkan gula darah lebih banyak dan akan sangat berbahaya.

Ditulis oleh : Jovita Citra

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.