Berkhasiat, 7 Tanaman Herbal Ini dipercaya Mampu Obati Stres dan Cemas

Sejumlah tanaman herbal tersebut sudah teruji oleh para ahli untuk mengatasi stres, cemas, dan komplikasinya.

JEDA.ID –Banyaknya tanaman herbal yang tersebar di alam sekitar tentu membuat Anda awam tentang manfaat dan khasiatnya masing-masing.

Padahal beberapa di antaranya disebut bisa mengatasi stres, cemas, dan komplikasi lainnya.

Seiring bertambahnya usia dan beragamnya masalah, tak sedikit orang mengalami tekanan, cemas, atau stres.

Seperti beban pekerjaan, keuangan, kesehatan, masalah sosial, dan masih banyak lagi. Namun banyak cara pula untuk mengatasinya, salah satunya dengan mengonsumsi tanaman herbal.

Nah berikut sejumlah tanaman herbal yang disebut bisa meredakan gejala-gejala tersebut seperti melansir dari dari Boldsky, Kamis (30/4/2020):

Ginseng korea

Ginseng korea (Veryweallhea)l

Ginseng korea (Veryweallhea)l

Termasuk ke dalam jenis tumbuhan adaptogen, gingseng korea memiliki kekuatan untuk menghilangkan stres. Khasiatnya dapat meningkatkan suasana hati, fungsi kekebalan tubuh, serta mendukung kesehatan seksual.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Ginseng Research, tanaman ini dapat mengatur respons imun, perubahan hormon karena stres, mengurangi peradangan, mengurangi kecemasan, serta depresi akibat stres.

Namun perlu diperhatikan, ginseng korea ternyata dapat berinteraksi dengan obat medis terutama obat penyakit jantung dan obat tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengkonsultasikan pada dokter terkait pengonsumsian gingseng korea yang dibarengi dengan obat-obatan yang Anda minum.

Mengenang Kisah Ir Sutami, Menteri Termiskin Penuh Dedikasi

Jahe

Jahe ( Freepik)

Jahe ( Freepik)

Sama seperti gingseng, jahe juga dapat mengobati stres karena diperkaya dengan sumber antioksidan. Penelitian dalam jurnal ilmiah Biomolecular and Clinical Aspects, menunjukkan bahwa jahe dapat mengurangi berbagai jenis stres oksidatif. Stres ini terjadi karena banyaknya radikal bebas yang menupuk di dalam tubuh.

Karena hal itu, ketika Anda mengonsumsi jahe dengan tingkat antioksidan yang tinggi, ini menjadi cara efektif untuk menghilangkan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker.

Chamomile

Chamomile (Unsplash)

Chamomile (Unsplash)

Tumbuhan yang berasal dari benua eropa ini memiliki zat anti-inflamasi yang bersifat menenangkan dan dapat membantu mengatasi sakit perut. Tak hanya itu, chamomile juga bermanfaat meringankan efek samping dari stres, seperti sindrom iritasi usus, diare, pergerakan usus yang tidak beraturan, serta masalah tidur.

Hal tersebut diperkuat dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Phytomedicine, yang menunjukkan bahwa individu yang mengonsumsi 1500mg chamomile setiap harinya menunjukkan penurunan tingkat stres dan kecemasan secara signifikan. Namun karena chamomile memiliki efek yang menenangkan dan menyebabkan kantuk, maka tidak disarankan mengonsumsi chamomile saat akan pergi bekerja, mengemudi, atau ujian.

Lavender

Lavender ( Unsplash)

Lavender ( Unsplash)

Bunga yang dipercaya ampuh mengusir nyamuk ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi stres. Melansir dari Healthline, lavender memiliki efek sedatif halus yang berpengaruh pada sistem saraf pusat dan membantu mengurangi kecemasan serta depresi.

Karena kemampuannya dalam mengatasi stres, bunga lavender banyak digunakan sebagai bahan utama anti-depresan dengan campuran bahan herbal lainnya. Jadi ketika Anda mengalami stres namun tidak menemukan bunga lavender yang masih segar, Anda dapat mengonsumsi pil yang mengandung bunga lavender.

Ginkgo biloba

Ginkgo biloba (Freepik)

Ginkgo biloba (Freepik)

Tumbuhan yang juga disebut sebagai pohon rambut gadis ini berasal dari Tiongkok. Ekstra daun ginkgo biloba mengandung flavonoid dan terpenoid yang mampu meredakan kecemasan dan stres.

Cara kerja tumbuhan ini ialah menangkal efek produksi hormon stres yang tidak terkendali, seperti adrenalin dan kartisol. Selain itu, ginko biloba juga dapat mengatasi gangguan eksternal secara alami seperti depresi musiman, Gangguan Kecemasan Umum (GAD), fobia sosial, serta serangan panik.

Seluk Beluk Budi Daya dan 5 Negara Penghasil Kurma Terbesar di Dunia

Catnip

Catnip (Thespruce)

Catnip (Thespruce)

Catnip atau yang dikenal dengan nama kumis kucing ini merupakan agen penenang alami untuk kucing. Namun, catnip juga dipercaya memiliki sifat penenang yang dapat membantu proses relaksasi pada manusia.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh US Enviromental & Protection Agency, mereka menemukan bahwa teh catnip bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan yang berhubungan dengan stres, seperti kecemasan dan insomnia.

Passion flower

Passion flower (Peoplespharmacy)

Passion flower (Peoplespharmacy)

Bunga berwarna ungu ini terbukti mampu meningkatkan kadar neurotransmitter gamma-aminobutyric acid yang bekerja di dalam otak Anda. Tak hanya itu, passion flower juga dapat mengurangi kecemasan, stress, dan meningkatkan ketenangan.

Menurut studi dalam Journal of Clinical Pharmacy Therapeutics, pengujian dilakukan pada individu yang menderita kecemasan.

Mereka diberi ekstrak passion flower selama satu bulan, lalu individu tersebut melaporkan penurunan perasaan cemas dan stres serta peningkatan kualitas tidur. Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa menggunakan passion flower kering untuk membuat teh atau bisa juga ekstrak lain dalam bentuk cair, kapsul, atau tablet.

Ditulis oleh :

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.