• Sun, 23 January 2022

Breaking News :

Waduh! Booster Vaksin Tak Efektif Jika Orang Lainnya Belum Divaksinasi

Menurut ahli booster vaksin Covid-19 ternyata tak bakal efektif jika lingkungan sekitar belum mendapatkan vaksinasi sama sekali.

JEDA.ID — Tahukah Anda ternyata booster vaksin tak bakal bermanfaat jika orang di sekitar belum menerima vaksinasi?

Menurut vaksinolog yang juga dokter spesialis penyakit dalam, dr. Dirga Sakti Rambe, orang yang disuntik vaksin sebanyak lima kali atau booster akan sia-sia jika orang yang ada di lingkungannya tak divaksinasi sama sekali.

Baca Juga: Lagi Cari Ide Buat Lomba 17 Agustus Online? Ini Rekomendasinya

“Tidak efektif bila satu orang mendapatkan sampai lima kali suntikan vaksin, sementara orang-orang di sekitarnya tidak divaksin sama sekali. Karena itu, prioritasnya adalah memberikan akses vaksinasi kepada warga sebanyak mungkin,” jelas dia, seperti dikabarkan Solopos.com pada Kamis (5/8/2021).

Sedangkan menanggapi keraguan akan manfaat vaksin, dr Dirga mengutarakan, “4 miliar dosis vaksin telah disuntikkan secara global, kita dapat melihat bahwa vaksin aman dan efektif. Meskipun setelah divaksin kita tetap bisa terkena infeksi virus, vaksin menolong kita untuk terhindar dari risiko sakit berat bahkan kematian. Karena itu, harus vaksin selain disiplin prokes,” imbuh dia.

Baca Juga: Syarat Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil, Catat Baik-baik!

Saat ini akses mendapatkan vaksin juga semakin mudah, masyarakat yang tak memiliki NIK dan ibu hamil pun sudah boleh mendapat suntikan vaksin. Hal ini bertujuan untuk membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity.

Pemerintah saat ini terus mengejar akselerasi agar target vaksinasi dapat selesai pada akhir tahun.

Baca Juga: Tenang! Vaksin Sinovac Masih Efektif untuk Cegah Rawat Inap dan Kematian

“Pencatatan, pelaporan dan distribusi vaksin dilakukan oleh Dinas Kesehatan, TNI, dan Polri. Ketiga unsur ini bersinergi dengan pihak-pihak lain seperti pemerintah daerah, organisasi masyarakat, juga komunitas agar vaksin dapat menjangkau hingga pelosok daerah,” tambah Jubir Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi di kesempatan yang sama.

Baca Juga:  Kisi-kisi Terlengkap SKD CPNS 2021, Ingat Baik-baik!

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.