• Mon, 28 November 2022

Breaking News :

Tenang! Vaksin Sinovac Masih Efektif untuk Cegah Rawat Inap dan Kematian

Dari hasil penelitian menyebutkan vaksin jenis Sinovac ternyata masih efektif untuk mencegah rawat inap atau kematian karena Covid-19

JEDA.ID — Banyak yang meragukan dengan vaksin Covid-19 jenis Sinovac yang disebut-sebut tak efektif untuk melawan virus corona. 

Akan tetapi, hal ini dibantah oleh Juru Bicara Penanganan Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro. Dia mengungkapkan hasil penelitian terbaru yang menyebutkan vaksin Sinovac sangat efektif mencegah seseorang dirawat di rumah sakit karena virus corona.

Penelitian tersebut diterbtikan oleh jurnal kesehatan, New England Journal of Medicine pada 7 Juli 2021.

Baca Juga: Sukses Berperan Jadi Elsa di Ikatan Cinta, Ini Dia Profil Glenca Chysara

Dari hasil penelitian tersebut diperoleh hasil vaksin Sinovac efektif mencegah Covid-19, termasuk penyakit parah dan kematian.

Selain itu, penelitian yang dilakukan dari 2 Februari-1 Mei 2021 dan kepada sekitar 10,2 juta orang menunjukkan efektivitas yang tinggi untuk pencegahan rawat inap, untuk pencegahan masuk IGD dan untuk pencegahan kematian terkait Covid-19.

Baca Juga: Menulis Sangat Menyenangkan, Pandemi yang Merusak Kesenangan Itu…

Sementara itu, temuan Canadian Immunization Research Network (CIRN) menunjukkan bahkan satu dosis vaksin AstraZeneca dapat memberikan perlindungan substansial terhadap semua jenis varian Sars COV-2 yang jadi perhatian utama yaitu varian Beta, Gamma, Delta dan Kent. Peneliti menyimpulkan dua dosis lengkap akan memberikan perlindungan yang lebih tinggi.

Dengan hasil penelitian tersebut, baik vaksin Sinovac dan AstraZeneca yang terbukti efektif mencegah gejala parah bagi penderita Covid-19, dr Reisa mengimbau masyarakat tak lagi meragukan vaksin.

Baca Juga: Kontroversi Seksi Dinar Candy, Artis yang Ditangkap Polisi karena Berbikini di Jalan

“Bagian pemerintah menyiapkan suplai vaksin yang sekarang sudah berjumlah hampir 180 juta dosis. Sedangkan bagian masyarakat tentunya dengan semangat menyiapkan diri divaksin. Kalau sudah? ajak dan daftarkan, antarkan, dan temani orang tua, keluarga, tetangga dan kenalan kita. Ingat hasil penelitian tadi? vaksinasi menekan angka kematian karena Covid-19. Artinya vaksinasi menyelamatkan nyawa,” papar dr Reisa, seperti yang dikabarkan Solopos.com pada Rabu (4/8/2021).

Baca Juga: Ini Profil Greysia Polii, Sahabat Agnez Mo yang Sabet Emas di Olimpiade Tokyo 2020

Baca Juga: Sukses Perankan Andin di Ikatan Cinta, Ini Dia Biodata Terlengkap Amanda Manopo

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.