Viral Awan Tsunami di Aceh, Ini 8 Fenomena Awan Aneh di Dunia

Fenomena awan berbentuk tsunami di Kota Meulabih, Aceh barat viral di media sosial. Ada sejumlah fenomena awan aneh yang pernah ada di dunia.

JEDA.ID—Fenomena awan berbentuk tsunami di Kota Meulabih, Aceh barat viral di media sosial. Akun @masawep mengunggah video tersebut pada Senin (10/8/2020) pukul 10.35 WIB di media sosial Twitter dan telah ditonton ribuan kali.

Secara ilmiah, fenomena awan berbentuk tsunami tersebut dinamai awan arcus. Ini adalah jenis awan rendah dan memiliki formasi berbentuk horizontal.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan, fenomena Arcus Cloud atau yang biasa disebut ‘awan tsunami’ tidak ada kaitannya dengan bencana tsunami akibat gempa.

Awan arcus ini merupakan kombinasi dari berbagai awan, awan cumulonimbus, awan rendah stratus, dan awan menengah dan tinggi.

Awan arcus terbentuk sebagai hasil ketidakstabilan atmosfer sepanjang atau di depan pertemuan massa udara yang lebih dingin yang mendorong massa udara hangat dan lembab naik. Sebelumnya fenomena awan arcus ini pernah muncul di langit Makassar pada awal 2019.

Tidak hanya di Indonesia, penampakan awah aneh juga pernah terjadi di sejumlah negara. Berikut di adalah fenomena awan aneh di berbagai negara, seperti yang dilansir dari Liputan6.com, Rabu (12/8/2020).

9 Kondisi Kesehatan Ini Dapat Ditunjukkan Melalui Telinga

1. Awan tabung

Fenomena langka awan tabung terlihat di Richmond, Virginia, AS. Fenomena meteorologi itu sebenarnya dikenal sebagai awan gulung, awan lengkung arcus yang rendah, berbentuk horisontal. Awan Arcus terbentuk di sepanjang tepi ’embusan angin’ arus keluar guntur. Itu membentuk udara hangat dari dekat tanah yang terdorong oleh udara dingin yang keluar dari awan badai di udara yang bergerak ke bawah.

2. Awan ‘Mata Tuhan’

Awan aneh lainnya terjadi di Hulunbuir, China utara, sebuah kota setingkat prefektur di Mongolia Dalam pada 25 Juni. Warga menyebut fenomena unik itu sebagai the eye of God yang berarti mata Tuhan. Fenomena ini sering terjadi di sana saat musim dingin.

3. Awan payudara

Fenomena aneh awan payudara terjadi di Melbourne, Victoria, seusai badai menerjang wilayah tersebut pada 19 Desember 2017. Awan ini disebut juga sebagai awan mammatus. Dikutip dari ABC Australia Plus, Kamis 20 Desember 2017, fenomena tersebut berawal saat badai petir menyapu negara bagian Victoria. Awan mammatus terbentuk saat udara dingin tenggelam di bawah awan.

4. Awan warna-warni

Semburat awan berwarna-warni terlihat di langit sejumlah negara bagian di Amerika Serikat. Di antaranya California, Arizona, dan Meksiko pada malam Senin, 20 Maret 2018. Menurut Arizona Family News, pemandangan aneh itu adalah awan noctilucent, kadang-kadang disebut night shining cloud.

Menurut World Meterological Organization, awan noctilucent digambarkan sebagai awan tipis, biasanya berwarna, yang terlihat pada senja, terdiri dari kristal-kristal es yang sangat kecil, terbentuk dari partikel-partikel debu dalam hitungan menit. Awan ini hanya terlihat selama musim panas ketika suhu di lapisan mesosfer mencapai titik paling dingin.

5. Awan aneh mirip UFO terlihat di langit California

Awan Super Aneh Berbentuk Kapal UFO Terlihat di Langit California. Objek itu seolah-olah hendak mendarat di Pantai Huntingdon, California. Namun demikian, para ahli mengatakan itu bukan awan yang disebabkan oleh alien.

Melainkan, pembentukan formasi langka yang disebabkan oleh tekanan udara atau disebut dengan lubang awan atau fallstreak hole. Fenomena itu terbentuk ketika sebuah pesawat dengan baling-baling, terbang melalui lapisan awan vertikal tipis sehingga menyebabkan suhu hangat di bawah sayap yang tiba-tiba menguap mengenai sebagian dari awan dan akhirnya meninggalkan lubang.

6. Awan kumis di langit Nevada

Pemandangan awan unik mirip kumis pegulat ternama Hulk Hogan menghiasi langit Nevada, Amerika Serikat pada Jumat 9 Maret 2018 waktu setempat. Awan kumis sangat jarang terjadi, sehingga banyak yang bahkan tidak menyadari keberadaan mereka. Awan kumis yang juga dikenal sebagai awan tapal kuda, merupakan salah satu yang paling langka dan hanya muncul beberapa menit sebelum menghilang.

Muda dan Kaya, Ini 8 Anggota DPR Milenial Berharta Miliaran Rupiah

7. Penampakan awan ‘Bintang Kematian’ di langit Jepang

Penampakan awan ‘Bintang Kematian’ misterius pernah menggegerkan masyarakat Jepang. Gumpalan ‘kapas putih’ bulat yang terlihat seperti ‘Bintang Kematian’ dalam film sains fiksi terkenal, Star Wars itu mengudara di antara langit biru Fujisawa, Jepang. Beberapa orang menganggap itu merupakan pertanda buruk.

8. Awan ‘Tangan Tuhan’ di langit Portugal

Penampakan awan unik dan aneh juga terlihat di langit Portugal. Bentuknya menyerupai kepalan tangan, memilliki warna oranye seperti rona cakrawala saat senja. Bentuk aneh seperti tinju itu dijuluki ‘hand of God’ atau tangan Tuhan. Awan unik menyerupai kepalan tangan sambil memegang bola api seperti dari surga itu mendominasi langit di Pulau Madeira, pada Senin 25 Januari 2016 waktu setempat.

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.