Muda dan Kaya, Ini 8 Anggota DPR Milenial Berharta Miliaran Rupiah

Kaum milinel yang menjadi politikus biasanya akan menjadi sorotan, entah dari gaya, kiprah, hingga harta kekayaan yang mereka miliki.

JEDA.ID — Kaum milinel yang menjadi politikus seperti anggota DPR, biasanya akan menjadi sorotan, entah dari gaya, kiprah, hingga harta kekayaan yang mereka miliki.

Belum lama ini viral di media maya tentang politikus termuda di Korea Selatan. Dalam sebuah pertemuan di parlemen belum lama ini, Ryu Ho Jeong yang merupakan anggota DPR milenial Korea Selatan ini tampak stylish mengenakan dress merah kotak-kotak.

Berbeda dengan kebanyakan rekannya, ia tampak chic dan kasual. Namun, melansir dari laman wolipop.detik.com, tak disangka gayanya itu jadi bahan kritikan karena dianggap kurang pantas.

Terlepas dari kontroversi itu, memang pejabat milenial di mana pun seringkalli jadi sorotan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia versi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan makna milenial yakni para generasi yang sebagian lahir di antar tahun 1980-an dan 2000-an.

Di Indonesia juga ada sejumlah kaum muda milenial yang duduk di kursi DPR. Dari sebanyak 575 anggota DPR RI periode 2019-2024, tercatat ada 52 anggota DPR yang berusia di bawah 30 tahun. Menariknya, tak hanya andal menjadi politikus di usia muda, mereka juga diketahui memiliki harta kekayaan fantastis hingga miliaran rupiah.

Namun kali ini kita akan mengulik harta mereka karena sebagai wakil rakyat harta kekayaan adalah salah satu hal yang bisa diketahui publik.

Data itu bisa diperoleh dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara yang disampaikan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi.

Berikut kekayaan sejumlah anggota DPR milenial yang dirangkum dari suara.com dan beberapa sumber.

1. Puteri Komarudin (26 tahun)

Puteri Komarudin (istimewa)

Puteri Komarudin (istimewa)

Puteri tercatat sebagai anggota DPR dari Fraksi Partai Golongan Karya. Puteri merupakan anak dari mantan ketua DPR RI Ade Komarudin. Berdasarkan data LHKPN, Puteri memiliki harta kekayaan Rp40,544 miliar.

2. Farah Nahlia (23 Tahun)

Farah Nahlia (istimewa)

Farah Nahlia (istimewa)

Farah tercatat sebagai anggota DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional. Farah bukan berasal dari keluarga politisi maupun kepala daerah melainkan keluarga polisi. Sang ayah, Brigadir Jenderal Polisi Fadil Imran merupakan Direktur Tindak Pidana Tertentu Badan Reserse Kriminal Polri. Berdasarkan data LHKPN, Farah memiliki harta kekayaan Rp 17,24 miliar.

3. Rizki Aulia Natakusumah (24 tahun)

Rizki tercatat sebagai anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat. Rizki merupakan anak dari anggota DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Dimyati Natakusumah. Berdasarkan data LHKPN, Rizki memiliki harta kekayaan Rp 9,68 miliar.

4. Hillary Brigitta Lasut (23 tahun)

Hillary tercatat sebagai anggota DPR dari Fraksi Partai Nasional Demokrat. Hillary mencuri perhatian publik lantaran menjadi pimpinan sementara sidang DPR RI maupun MPR RI beberapa waktu lalu. Hillary merupakan anak dari Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut. Berdasarkan data LHKPN, Hillary memiliki harta kekayaan Rp 9,13 miliar.

5.Muhammad Rahul (23 Tahun)

Rahul tercatat sebagai anggota DPR dari Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya. Ia merupakan anak dari politikus Partai Demokrat yang juga Anggota Komisi VII DPR RI periode 2014-2019 Muhammad Nasir. Nasir masih memiliki hubungan saudara dengan eks Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin yang terjerat sejumlah kasus di Komisi Pemberantasan Korupsi. Berdasarkan data LHKPN, Rahul memiliki harta kekayaan Rp 7,36 miliar.

6. Bramantya Suwondo (26 Tahun)

Bramantya tercatat sebagai anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat. Ia merupakan anak dari mantan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Gatot Suwondo. Berdasarkan data LHKPN, Bramantya memiliki harta kekayaan Rp 2,51 miliar.

7. Andrian Jopie Paruntu (25 tahun)

Adrian tercatat sebagai anggota DPR  dari Fraksi Partai Golongan Karya. Visi Adrian adalah Muda Berkarya Rakyat Sejahtera. Sosok yang akrab disapa AJP itu merupakan anak dari Bupati Minahasa Selatan Christiany Paruntu. Berdasarkan data LHKPN, AJP memiliki harta kekayaan Rp 1,64 miliar.

8.Dyah Roro Esti (26 Tahun)

 Dyah Roro Esti  (istimewa)

Dyah Roro Esti (istimewa)

Dyah tercatat sebagai anggota DPR dari Fraksi Partai Golongan Karya. Ia merupakan anak dari politikus Partai Golkar yang juga mantan pimpinan Komisi VII DPR RI dan Komisi I DPR RI, yaitu Satya Widya Yudha. Berdasarkan data LHKPN, Dyah memiliki harta kekayaan Rp 1,2 miliar.

Ditulis oleh : A’idah Husna Luthfiyyah

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.