Vaksinasi Tahap Kedua Ditargetkan Selesai Mei 2021, Ini yang Dilakukan Pemerintah

Ini yang dilakukan pemerintah supaya target vaksinasi Covid-19 tahap kedua yang diperuntukkan lansia dan petugas layanan publik cepat selesai.

JEDA.ID — Pada tahap kedua vaksinasi Covid-19 yang dikhususkan petugas layanan publik dan lansia, pemerintah menagertkan selesai Mei 2021.

Hal tersebut diungkap oleh Plt Dirjen P2P Kementerian Kesehatan atau Kemenkes, dr Maxi Rein Rondonuwu sebagaimana telah diberitakan Solopos.com pada Kamis (18/2/2021).

Jika nanti vaksinasi tahap kedua untuk lansia dan petugas layanan publik selesai pada Mei 2021, pada Juni 2021 pemerintah akan masuk ke tahap vaksinasi berikutnya.

Baca Juga: Orang Kaya Menghindari Membelanjakan Uang untuk Ini, Apa Ya?

Metode Kementerian Kesehatan dalam mempercepat upaya ini adalah dengan melakukan vaksinasi di fasilitas layanan kesehatan dan mengadakan vaksinasi massal.

“Memang ada vaksinasi massal yang kita laksanakan di tempat-tempat tertentu, dengan catatan harus punya tempat penanganan KIPI yang komprehensif. Ada juga dengan metode bergerak yang sudah kita uji cobakan di pedagang pasar,” jelas Maxi.

Baca Juga: Dimas Beck dan Ncess Nabati Kulineran di Solo, Ini Tujuannya

Ia juga mengingatkan selama proses vaksinasi tahap kedua yang dipeuntukkan lansia maupun petugas layanan publik, mereka harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada.

“Kami mengatur agar tidak terjadi penumpukan, salah satu caranya dengan melakukan proses skrining di awal, ternyata ini tertib. Pak Presiden melihat pelaksanaan ini sangat baik karena teratur, jadi sebelum datang ke tempat vaksinasi mereka diberikan kupon hingga tahu kapan waktunya divaksin,” tambah dia.

Baca Juga: 6 Roller Coaster dengan Lintasan Terpanjang di Dunia, Berani Coba?

Pelaku UMKM Dukung Vaksinasi Tahap Kedua

Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun mendukung penuh upaya vaksinasi tahap kedua untuk lansia dan petugas layanan publik ini.

“Kita mengapresiasi program pemerintah untuk melakukan vaksinasi pada pelaku pasar, karena dampak Covid-19 pada perekonomian bangsa ini cukup besar bagi pedagang-pedagang pasar atau pelaku usaha mikro,” beber dia.

Baca Juga: Lansia dengan Penyakit Ini Wajib Periksa Dulu Sebelum Suntik Vaksin Covid-19

Akumindo sudah meminta dan mengimbau anggotanya dan termasuk pedagang pasar agar mau dan segera divaksinasi.

“Dengan adanya vaksin ini menimbulkan kepercayaan untuk membentengi diri kita dari Covid-19. Dampak vaksinasi ini untuk pemulihan ekonomi ini sangat besar sekali. Kita optimistis di 2021 ini terjadi peningkatan perekonomian. Mudah-mudahan dengan program vaksinasi ini di kuartal I 2021 kita bisa masuk ke tren positif,” kata Ikhsan.

Baca Juga: Ini Makna Barang yang Dipakai Anggota Kerajaan Inggris

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.