• Sat, 16 October 2021

Breaking News :

Vaksinasi Capai 50%, Angka Covid-19 di AS dan Inggris Menurun

Angka Covid-19 di dua negara, yakni Amerika Serikat dan Inggris baru-baru ini menurun karena cakupan vaksinasi yang mencapai 40-50 persen.

JEDA.ID — Tahukah Anda ternyata angka penularan Covid-19 di dua negara, yakni Amerika Serikat dan Inggris baru-baru ini cenderung menurun?

Hal ini dikarenakan cakupan vaksinasi di dua negara tersebut sudah mencapai 50 dan 40 persen.

Hal tersebut diungkap oleh ahli virologi, Prof. I Gusti Ngurah Kade Mahardika, seperti dikabarkan Solopos.com pada Sabtu (5/6/2021).

Baca Juga: Waspada! Ada 100 Daerah di Indonesia yang Terancam Tenggelam

“Di Inggris yang cakupan vaksinasinya di atas 50% dan Amerika di atas 40%, kasus Covid-19 sudah menurun dengan angka yang luar biasa. Awal Januari 2021, kasus di Inggris hingga 70.000, sekarang hanya 2000-3000 kasus per hari,” jelas dia.

Hal ini juga terjadi di Indonesia khususnya vaksinasi untuk tenaga kesehatan. Angka penularan Covid-19 di kelompok nakes jauh menurun dibandingkan sebelum vaksinasi.

Baca Juga: Waduh! Pria Lebih Rentan Alami Efek Long Covid

Angka Vaksinasi di Indonesia Baru 6 Persen

“Berkaca pada vaksinasi bagi tenaga kesehatan di Indonesia yang cakupannya sudah mendekati 100% untuk dosis kedua, kasus Covid-19 telah jauh menurun dibandingkan dengan sebelum vaksinasi. Jadi pandemi akan segera kita bisa akhiri dengan vaksinasi tentunya dengan cakupan di atas 50% dari penduduk apalagi kalau mencapai lebih dari 70%,” imbuh dia.

Meski begitu, jika vaksinasi di Indonesia sudah mencapai angka 50 persen, masyarakat tetap harus patuh protokol kesehatan. “Karena memakai masker, misalnya, akan mencegah kita terhadap penyakit menular, tidak hanya Covid-19 tapi juga influenza dan penyakit-penyakit lainnya,” jelas dia.

Baca Juga: Ini Waktu yang Dianjurkan Berhubungan Suami Istri Menurut Islam

Sebagai informasi, hingga Rabu (2/6/2021), vaksinasi Indonesia baru mencapai angka enam persen, yakni 27,6 juta dosis.

“Kita baru mencapai 6%. Meskipun masih 6%, barangkali kita bisa kumpulkan data guru-guru dan petugas publik yang sudah divaksinasi, apakah data kesakitan atau kematian mengalami penurunan. Kalau itu terjadi, maka begitu angka 50% tercapai, atau idealnya 70%, tercapai maka kita sudah bisa mengatakan pandemi sudah terkendali,” ungkap dia.

Baca Juga: Sering Dilupakan, Ternyata Mendongeng untuk Anak Punya Banyak Manfaat Hlo!

Baca Juga: Gaya Keren Jokowi dan Gibran Saat Jadi Wali Kota Solo

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.