Uang Saku Kurang? Ini 6 Usaha yang Dapat Dilakukan Mahasiswa

Dalam memenuhi kebutuhan dan gaya hidup mahasiswa sekarang, mengandalkan uang saku dari orang tua masih dibilang kurang. Untuk itu mahasiswa bisa berbisnis sambil kuliah.

JEDA.ID—Dalam memenuhi kebutuhan dan gaya hidup mahasiswa sekarang, mengandalkan uang saku dari orang tua masih dibilang kurang. Untuk itu, mahasiswa harus pintar mengatur otak supaya dapat memenuhi gaya hidupnya.

Banyak mahasiswa sekarang, yang hidup dengan gaya hidup di atas standar. Apalagi mahasiswa yang hidup di kota kebanyakan memiliki standar yang tinggi seperti Jakarta dan Bandung.

Selain itu, mahasiswa juga harus mempersiapkan masa depan dengan cara menabung atau investasi. Untuk itu, tak ada salahnya mahasiswa mulai berbisnis di sela-sela menuntut ilmu,

Berikut beberapa bisnis yang patut dicoba sepert dirangkum dari berbagai sumber Selasa (7/7/2020).

Jangan Galau, Ini Kiat Sukses Move On Seusai Batal Menikah

1. Jasa pengetikan dan print

Bagi mahasiswa, bisnis seperti ini sangatlah menjajikan. Seperti, Anda ketahui mahasiswa tidak asing dengan hal tersebut. Tugas yang diberikan dosen banyak berhubungan dengan bentuk cetak. Bisnis seperti ini sangat cocok untuk membantu beberapa mahasiswa, yang tidak memiliki perangkat cetak dan tidak memiliki waktu untuk mengetik.

Hal yang dibutuhkan pada usaha ini adalah mesin cetak atau printer, kemudian untuk bagian pengetikan. Tentunya, kemampuan dalam pengetikan. Karena, para pelanggan yang mereka hadapi pasti menginginkan hasil yang bagus bagi mereka.

2. Jual pulsa elektrik

Wah, siapa yang tidak asing dengan pulsa elektrik. Bisnis ini merupakan bisnis yang memiliki peminat yang cukup banyak. Selain itu, bisnis ini sangat mudah dilakukan dengan menggunakan modal yang tidak cukup besar.

Namun, Anda juga harus ingat bahwa bisnis ini juga memiliki konsekuensi loh. Apalagi,kalau pelanggan Anda adalah teman Anda sendiri. Pasti, banyak yang melakukan utang pembayaran. Jadi, harus siap dengan konsekuensi tersebut ya.

3. Jual makanan kecil saat kuliah

Membuka bisnis menjual makanan kecil saat kuliah juga bisa Anda lakukan. Banyak juga nih yang melakukan usaha seperti ini. Biasanya mahasiswa akan mengambil barang dari agen kemudian dijual kembali.

Dengan adanya pergantian jam dan ruang saat kuliah,membuat mereka malas untuk pergi ke kantin dan membeli makanan. Daripada harus jalan ke kantin, mereka akan lebih minat untuk membeli makanan yang dekat dengan posisi mereka. Bisnis ini bisa untuk memenuhi kebutuhan makanan teman sekelas kalian juga hlo.

Mendaki Gunung Saat Cuaca Dingin, Bekali Diri dengan Sederet Perlengkapan Ini

4. Menjual barang online

Pada bisnis ini, Anda bisa menjual berbagai macam barang seperti baju, kaos, makanan sepatu dan lainnya. Jangkauan pemasaran pada bisnis ini cukuplah luas. Mahasiswa sekarang pasti tidak jauh dari kegiatan di media sosial.

Nah, medsos Anda juga bisa membantu dalam mengembangkan usaha ini.
Dalam usaha ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Pertama, dengan cara sistem reseller dan dropship. Kedua, Anda bisa menjual produk sendiri.

5. Menjadi perias

Bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam merias, bisnis ini merupakan satu bisnis yang dapat menyalurkan hobi diri sendiri. Bisnis ini bisa Anda tawarkan kepada teman atau orang disekitar loh. Menjadi perias saat wisuda, acara perkawinan, atau bahkan saat menghandiri beberapa event yang menuntut untuk tampil cantik dan rupawan.

6. Jasa fotografi dan video

Bisnis ini dapat Anda tawarkan ketika teman kalian melakukan wisuda loh. Wisuda merupakan waktu yang ditunggu-tunggu mahasiswa. Moment ini tidak boleh untuk dilewatkan dan perlu untuk diabadikan. Maka dari itu, bagi kalian yang memiliki kemampuan dalam mengambil gambar serta video. Bisnis ini juga menjanjikan, asalkan hasil yang Anda keluarkan dapat membuat pelanggan merasa puas.

Ditulis oleh : Harwin Mega Olivia

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.