• Sun, 4 December 2022

Breaking News :

Meski Jarang Peminat, 7 Jurusan Ini Miliki Prospek Kerja Bagus

Kebanyakan dari calon mahasiswa memilih jurusan favorit dengan banyak peminat. Padahal terkadang jurusan yang sepi peminat memiliki prospek kerja bagus.

JEDA.ID – Jurusan di universitas seringkali dianggap sebagai langkah awal untuk meraih kesuksesan di masa depan. Pertimbangan pemilihan jurusan kuliah secara umum didasarkan pada minat serta prospek karier.

Kebanyakan dari calon mahasiswa memilih jurusan favorit dengan banyak peminat. Padahal beberapa jurusan yang sepi peminat juga memiliki prospek kerja yang menjanjikan.

Beberapa jurusan yang tidak banyak diketahui orang, bahkan sepi minat belum tentu memiliki peluang kerja yang kecil. Siapa tahu justru jurusan ini lebih bisa menyalurkan bakat kalian.

Ingin tahu jurusan kuliah apa saja yang jarang diminati tapi memiliki prospek kerja bagus? Berikut ulasannya, seperti dilansir dari Liputan 6 dan beberapa sumber lainnya, Jumat (12/6/2020):

Kisah Kathy Sullivan, Perempuan Pertama Capai Titik Terdalam di Dunia

Batra

Mungkin banyak yang enggak tahu tentang jurusan ini. Batra merupakan bidang yang mengkaji tentang obat-obatan tradisional. Namun sayangnya Batra menjadi salah satu bidang yang sepi peminat, padahal memiliki prospek kerja yang lumayan.

Apalagi di Indonesia yang kaya akan tumbuhan herbal ini. Bayangkan saja, kalau seorang ahli obat tradisional berhasil menemukan sebuah zat obat baru ia bisa menghasilkan gaji yang cukup besar karena banyak royalti dari produsen. Salah satu kampus yang menyediakan jurusan Batra adalah Universitas Airlangga, Surabaya.

Ilmu Perpustakaan

Jurusan ini mempelajari berbagai macam bidang seperti hukum, matematika, sosiologi, bahkan filsafat. Ini karena lulusan Ilmu Perpustakaan dituntut memiliki wawasan yang sangat luas.

Jurusan ini juga dituntut mampu mengelola informasi yang berbasis teknologi sehingga mempelajari pemrograman dan web desain merupakan suatu keharusan.

Hampir setiap perpustakaan atau lembaga/instansi membutuhkan seorang ahli perpustakaan karena mereka membutuhkan tenaga ahli yang mampu mengelola kearsipan penting dalam struktur organisasi. Selain sebagai seorang pustakawan, lulusan Ilmu Perpustakan juga bisa menjadi penulis, peneliti, konsultan pengarsipan, sekretaris, document controller di kepolisian, PNS, hingga perusahaan minyak.

Kehutanan

Mengutip dari Greenpeace, Indonesia telah kehilangan 74 juta hektar lahan hutan. Tak heran jika pemerintah butuh tenaga ahli yang bisa mengawasi hutan di Indonesia.

Alumni Kehutanan memiliki prospek kerja beragam, seperti menjadi pengusaha kayu dengan mempertimbangkan segi ekologi, mendirikan organisasi non-profit di bidang lingkungan, pengusaha dalam bidang ekowisata, serta pegawai di kantor pemerintahan seperti di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Seperti kita tahu, Presiden Joko Widodo merupakan alumnus Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada.

Jangan Bingung, Ini Tanda-Tanda Anda Sedang Jatuh Cinta

Pendidikan Guru SLB

Berbeda dengan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), jurusan Pendidikan Guru Sekolah Luar Biasa (PG-SLB) terhitung sangat minim. Padahal, siswa-siswi berkebutuhan khusus juga membutuhkan guru yang berkompeten.

Maka dari itu, banyak SLB yang tentunya siap membuka peluang untuk para pengajar jurusan ini.

Ilmu Arkeologi

Ilmu yang mempelajari kebudayaan manusia pada masa lalu ini juga mengkaji sistem atas data-data yang ditinggalkan manusia purba, seperti artefak dan prasasti.

Seorang arkeolog berpeluang untuk direkrut oleh para ilmuan dari luar negeri yang meneliti peradaban sebuah suku di bantaran sungai, atau di tempat bersejarah lainnya. Selain itu, mereka juga dapat bergabung bersama para arkeolog lainnya untuk meneliti sejarah kehidupan dinosaurus, misteri UFO, serta peninggalan-peninggalan bersejarah lainya.

Sangat menarik bagi mereka yang gemar berpetualang keliling dunia. Salah satu kampus yang memiliki jurusan Ilmu Arkeologi adalah Universitas Indonesia dan Universitas Padjajaran.

Ilmu Astronomi

Mungkin masih banyak orang yang belum memiliki gambaran karier seperti apa kalau mengambil jurusan ini. Padahal, Ilmu Astronomi merupakan jurusan yang tidak selayaknya dianggap remeh.

Jurusan ini tidak hanya mengamati benda-benda angkasa saja, tetapi juga fenomena-fenoma alam yang terjadi di luar atmosfer bumi.

Selain itu para alumni Ilmu Astronomi juga berpeluang untuk melamar di badan astronomi negara bahkan tingkat Internasional seperti NASA yang notabene memberikan gaji fantastis.

Di Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi satu-satunya institut yang menyediakan Mata Kuliah Astronomi. Setelah mendapat gelar sarjana, Anda bisa bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan

Bagi Anda penggemar biologi saat SMA, jurusan ini bisa menjadi alternatif untuk melanjutkan pendidikan.

Banyak yang beranggapan kalau jurusan ini tidak berkompeten. padahal dengan mengambil jurusan ini Anda berpeluang menjadi pencetus produk yang dapat mengatasi permasalahan masalah hama dan penyakit yang menyerang tumbuhan.

Ingat, Indonesia adalah negara agrasis dimana mayoritas penghasilannya didapat dari pertanian. Selain itu, Anda juga dapat menjadi dosen yang ahli di bidang ini. Jurusan Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan dapat ditemukan di Universitas Hasanuddin.

Ditulis oleh : Ria Sari Febrianti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.