Singkong Saus Nanas atau Hamburger Singkong

Mengonsumsi singkong bisa membantu tubuh dalam mengontrol tekanan darah.

JEDA.ID–Tidak sedikit orang menganggap singkong atau ubi kayu adalah makanan kampung. Padahal, singkong bisa menjadi makanan utama pengganti nasi. Selama ini singkong sering diolah dengan cara digoreng menjadi singkong goreng. Biasanya diberi keju menjadi singkong keju. Padahal, banyak resep singkong yang bisa dicoba.

Ada dua resep singkong yang layak dicoba yaitu Singkong Saus Nanas atau Hamburger Udang Ubi Kayu. Sebagaimana dikutip dari laman pangannusantara.bkp.pertanian.go.id, Sabtu (29/6/2019), ada beberapa bahan untuk membuat hamburger singkong.

Bahan terdiri atas 75 gram udang, 100 gram ubi kayu, 100 gram tomat, dan 100 gram mentimun. Kemudian 50 gram selada, 10 gram cabai merah, 2,5 gram garam, dan 0,5 gram gula halus.

Awalnya udang dibersihkan lalu digiling halus. Sementara itu, singkong dikupas lalu diparut. Jangan lupa buang airnya. Udang dan keladi yang sudah dihaluskan diberi garam dan gula. Lalu cetak bulat-bulat agak tipis. Setelah terbentuk, kukus adonan itu itu selama beberapa menit.

Setelah itu, adonan dibakar hingga matang. Penyajiannya cukup mudah yaitu bulatan tersebut disusun berlapis dan atasnya diberi tomat, cabai, dan selada. Iris tipis mentimun dengan memanjang dan balutkan ke udang dan ubi kayu yang sudah dibulatkan. Janga lupa siramkan saus di atasnya.

Saus Nanas

resep singkong

Singkong Saus Nanas (Kementan)

Resep singkong berikutnya adalah Singkong Saus Nanas. Ada tiga jenis bahan yang harus disiapkan. Pertama bahan kulit yaitu 400 gram singkong kukus, 50 gram air, setengah sendok teh garam, 20 gram gula pasir, dan 10 gram minyak.

Bahan kedua untuk isi yaitu 150 gram selada, 100 gram mentimun, dan 100 gram wortel. Untuk saus, bahan yang disiapkan 100 gram daging sapi, 100 gram nanas, dan 100 gram tomat. Ada juga seperempat butir pala, tiga siung bawang putih, tiga butir bawang merah, satu sendok makan gula pasir, setengah sendok teh garam, setengah sendok teh merica, dan 150 gram air.

Cara pembuatannya adalah campur bahan kulit dan uleni sampai kalis. Tipiskan adonan di teflon sampai rata kemudian panggang di atas api kecil. Setelah berwarna kekuningan dan timbul gelembung dibalik hingga matang lalu sisihkan.

Siapkan bahan isian dengan cara kupas mentimun dan wortel lalu cuci bersih. Potong sebesar korek api. Untuk saus, haluskan semua bumbu untuk membuat saus. Tumis bumbu halus dan daging, gula, dan garam kemudian masukkan tomat dan nanas yang telah diblender. Baru kemudian tambahkan air. Terakhir masukkan wortel dan tambahkan maizena sampai mengental.

Untuk penyajiannya ambil satu lembar kulit kemudian tata di atasnya selada, ketimun, wortel kemudian tuangkan saos, lipat sesuai selera. Menu dari singkong ini layak dicoba. Sebab, kandungan kalori singkong hanya 154 kkal per 100 gram (setengah dari kalori beras). Mengonsumsi singkong bisa membantu tubuh dalam mengontrol tekanan darah.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.