Simak! Ini Menu Sarapan untuk Diet

Meski sedang diet, namun sebaiknya jangan melewatkan makan pagi.

JEDA.ID-Roti panggang dengan olesan mentega dan es teh manis jelas bukan menu sarapan untuk diet.  Anda tetap harus memerhatikan kandungan nutrisi dalam menu sarapan untuk diet Anda.

Sebaiknya sih agar tujuan Anda menurunkan berat badan tercapai sekaligus tidak mengganggu kesehatan tubuh, Anda disarankan tetap harus memperhatikan menu sarapan untuk diet.  Lantas, sarapan seperti apa menu untuk menurunkan berat badan? Tips kesehatan kali ini membahas soal menu sarapan untuk diet.

Meski sedang diet, disarankan untuk tidak melewatkan makan pagi. Sarapan yang bertujuan untuk mengurangi berat badan Anda harus mengandung karbohidrat kompleks, lemak sehat, serat, dan protein. Ya, sarapan yang sehat seharusnya merupakan kombinasi dari semua nutrisi penting ini. Memiliki nutrisi penting ini di piring sarapan Anda setiap hari pasti akan membantu Anda menggerakkan timbangan.

5 Satwa Ini Monogami, Mereka Setia Pada Satu Pasangan Seumur Hidup Loh

Terlepas dari apa pun yang dikatakan seseorang kepada Anda, pastikan untuk tidak melewatkan sarapan dan terutama saat Anda mencoba menurunkan berat badan. Ketika Anda mencoba menghemat kalori dengan tidak sarapan, yang terjadi justru sebaliknya. Melewatkan sarapan dalam banyak kasus menyebabkan makan berlebihan di kemudian hari dan mengemil makanan yang kurang bergizi.

Mereka yang berjuang menurunkan berat badan harus mencoba kombinasi yang berbeda untuk memasukkan karbohidrat kompleks, lemak sehat, protein dan serat dalam sarapan harian mereka. Makan sarapan sehat yang sehat membuat Anda kenyang lebih lama dan mencegah ngemil tanpa pikiran.

Studi telah menemukan bahwa orang yang makan sarapan lebih banyak cenderung menurunkan berat badan lebih banyak daripada orang yang makan sarapan lebih sedikit. Sarapan yang lebih banyak juga membuat Anda tetap berenergi dan membantu Anda berolahraga lebih baik. Berikut 3 jenis makanan yang harus dikonsumsi saat sarapan seperti dikutip dari bisnis.com, Sabtu (21/11/2020):

1. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang serat dan pati alaminya belum terkelupas. Karbohidrat jenis ini memiliki rantai molekul gula yang lebih panjang, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, membuat Anda merasa energik dan membuat Anda kenyang lebih lama. Beberapa contoh umum karbohidrat kompleks termasuk kentang, jagung, kacang-kacangan, buncis, dan lentil.

2. Lemak sehat

Anda mungkin pernah mendengar banyak hal buruk tentang lemak, tetapi memiliki lemak sebagai bagian dari makanan sebenarnya baik. Tambahkan lemak tak jenuh ke dalam makanan Anda, yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik Anda. Lemak tak jenuh seperti karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Beberapa contoh lemak baik termasuk alpukat, selai kacang, kacang-kacangan, biji-bijian, dan beberapa minyak.

Gangguan Psikologis Anak Saat Sekolah Tatap Muka Dimulai, Apa Sajakah?

3. Protein

?Protein adalah salah satu nutrisi termudah untuk ditambahkan dalam sarapan Anda. Telur, yoghurt yunani, bacon, keju cottage, dan selai kacang adalah beberapa sumber protein yang umum.

4. Serat

?Jika Anda memasukkan semua tiga elemen di atas ke dalam piring sarapan Anda, Anda sudah memiliki semacam elemen serat di dalamnya. Tetapi untuk tambahan serat itu, Anda bisa menambahkan beberapa buah-buahan, sayuran tumis, beri dalam sarapan Anda.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.