Pesona Lokasi Legenda Siti Nurbaya

Lokasi legenda Siti Nurbaya dipoles pemerintah pusat sejak 2018 lalu seperti keberadaan Taman Siti Nurbaya yang memiliki arena skateboard, sampai gapura.

JEDA.ID–Kawasan kumuh Batang Arau kini tinggal menjadi cerita masa lalu. Kawasan kini telah dipoles hingga menggeliatkan kembali kisah masa lalu yang sudah melegenda yaitu Siti Nurbaya. Di kawasan Batang Arau inilah lokasi legenda Siti Nurbaya bermula.

Kawasan yang terletak di Muaro Padang, Kota Padang, Sumatra Barat ini mayoritas penduduknya adalah nelayan. Kepadatan dan ketidakberaturan permukiman serta minimnya infrastruktur menyebabkan kawasan ini menyandang predikat kumuh.

”Batang Arau merupakan kawasan yang padat penduduk dengan tingkat konflik sosial yang cukup tinggi, namun dengan telah ditanganinya oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, kawasan tersebut dapat berubah menjadi lebih baik dan tertata,” kata Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, beberapa waktu lalu, sebagaimana dikutip dari laman Kementerian PUPR, Rabu (18/12/2019).

Kawasan Batang Arau tidak hanya sebagai kawasan strategis di Sumatra Barat, namun punya segudang potensi pariwisata. Hal ini diakui Kepala Satuan Kerja Pengembangan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatra Barat Zuherman.

lokasi legenda siti nurbaya

Taman Siti Nurbaya (PUPR)

Di kawasan ini ada pelabuhan tertua di Kota Padang sehingga menyimpan potensi wisata sejarah. Kemudian ada lokasi legenda Siti Nurbaya dengan ditandai adanya Jembatan Siti Nurbaya beserta makam Siti Nurbaya.

Lokasi legenda Situ Nurbaya ini tidak jauh dari Pantai Air Manis tempat batu Malin Kundang berada. Lokasi legenda Siti Nurbaya dipoles pemerintah pusat sejak 2018 lalu.

Kawasan yang dilintasi Sungai Batang Arau ini sebelumnya memiliki tingkat kepadatan bangunan yang tinggi, dan kualitas bangunan serta sarana dan prasarana yang tidak memenuhi syarat.

Mitos Ikan Oarfish Jadi Penanda Tsunami, Benarkah?

Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPU membangun jalur pejalan kaki, saluran/drainase, sampai Taman Siti Nurbaya. Di lokasi legenda Siti Nurbaya ini ada arena skateboard, tempat sampah, WC, lampu taman, gapura, dan jalan lingkungan.

Anggaran yang dihabiskan untuk pembangunan kawasan Batang Arau sekitar Rp25,4 miliar. Penataan Batang Arau ini membuat potensi wisata di wilayah itu akan meningkat. Hal itu tidak lepas dari kekuatan lokasi legenda Siti Nurbaya sebagai destinasi wisata di Kota Padang.

Lokasi legenda siti nurbaya

Lokasi legenda Siti Nurbaya (PUPR)

Kampung Nelayan

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan penataan kawasan pesisir menjadi perhatian termasuk kampung nelayan. Dia mencontohkan beberapa kampung nelayan yang awalnya kumuh kini dipoles di antaranya Kampung Beting di Kota Pontianak, kawasan Sungai Kemuning di Kota Banjarbaru, Kampung Nelayan Untia di Kota Makassar, dan Kampung Nelayan Hamadi di Kota Jayapura.

Infrastruktur yang dipoles di kawasan pesisir di antaranya jalan lingkungan, promenade, drainase, ruang terbuka publik, MCK komunal, gazebo, jetty sampan, jembatan, penerangan jalan, pedestrian, dan pembangunan turap (talud).

Dia mencontohkan di kawasan Kampung Beting ada bangunan cagar budaya yang erat dengan sejarah perkembangan Kota Pontianak yakni Masjid Jami dan Istana Kadriah Kesultanan Pontianak.

Keunikan 5 Kota Terkecil di Indonesia

Kawasan ini termasuk salah satu kawasan kumuh yang kemudian dilakukan penataan secara bertahap tahun 2017-2018 dengan anggaran Rp79,18 miliar. Penataan di Kampung Beting dilakukan terintegrasi dengan penataan tepian Sungai Kapuas di Tambelan Sampit.

Ada juga di permukiman Hamadi di Jayapura yang dioples untuk mempermudah akses menuju pelelangan ikan dan pariwisata.

“Kalau Pemerintah Daerah tidak bergerak dan masyarakat tidak terlibat aktif, maka program tidak akan berjalan. Bahkan kawasan yang sudah ditata akan kembali kumuh,” kata Basuki sebagaimana dikutip dari laman PUPR.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.