• Wed, 1 December 2021

Breaking News :

Persiapan Persalinan saat Pandemi, Perhatikan Hal Ini

Tidak perlu khawatir melakukan persalinan selama masa pandemi corona.

JEDA.ID-Persalinan saat pandemi corona tentu harus menjadi perhatian tersendiri. Sebab persalinan saat pandemi bisa berpotensi menjadi persebaran virus corona.

Pandemi virus corona (Covid-19) yang tak kunjung mereda, menambah kekhawatiran terutama bagi ibu hamil yang harus kontrol rutin ke dokter atau ke bidan. Namun, tidak perlu lagi khawatir karena ada beberapa persiapan persalinan di masa pandemi yang bisa anda perhatikan.

Kesehatan ibu dan bayi tentu jadi prioritas dalam persalinan saat pandemi. Tips kesehatan kali ini membahas persiapan persalian saat pandemi. Dikutip dari Instagram, dokter kandungan Muhammad Ilham Aldika Akbar,  ia merangkum beberapa hal yang harus Anda ketahui dan ikuti, demi kesehatan dan keselamatan bersama.

Ketahui Pria Sedang Berbohong, Begini Tanda-Tandanya

Dikutip dari Bisnis.com, Rabu (11/11/2020), berikut ini beberapa hal harus diperhatikan pada saat persalinan saat pandemi corona:

1. Swab pada usia kehamilan 37 minggu

Pemeriksaan swab hidung dan tenggorokkan adalah diagnosis pasti Covid -19. Semua ibu hamil diwajibkan melakukan pemeriksaan ini untuk persiapan persalinan, pemeriksaan rapid test tidak lagi disarankan untuk diagnosis Covid-19 karena akurasi deteksinya yang rendah.

2. Isolasi mandiri jelang persalinan

Disarankan sejak usia 37 pekan, hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko ibu tertular Covid-19 menjelang persalinan. Suami dan keluarga yang tinggal serumah juga disarankan mengurangi aktivitas di luar rumah

3. Menentukan tempat persalinan

Rumah sakit masih menjadi tempat teraman untuk melahirkan. Penentuan tempat persalinan juga tergantung hasil swab. Jika Anda terdiagnosis Covid-19 maka akan dilakukan rujukan ke rumah sakit pusat maternal Covid-19.

Waspadai Dampak Buruk Toxic Parent pada Anak

“Jangan khawatir, RS menetapkan protokol kesehatan yang ketat mencegah penularan Covid-19 ke pasien,” ujarnya

4. Selalu terapkan protokol kesehatan selama di RS

Selama memakai masker, jaga jarak, selalu cuci tangan, hindari menyentuh wajah, tidak menerima kunjungan tamu siapapun.

5. Persiapkan perlengkapan melahirkan yang lengkap

Di era pandemi, RS akan membatasi kunjungan dan aktivitas keluar masuk RS. Karena itu persiapkan perlengkapan melahirkan selengkap mungkin.

6. Metode persalinan

Jika ibu terdiagnosis Covid-19, metode persalinan akan ditentukan oleh dokter sesuai indikasi medis obstetri. Persiapan persalinan akan dilakukan dengan protokol kesehatan yang lebih ketat.

“Persalinan di era pandemi sebenarnya tidak jauh berbeda, namun membutuhkan sedikit adaptasi dan persiapan yang matang,” tutupnya.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.