Pengin Mengurangi Micin? Makanan Ini Mengandung MSG Alami

Monosodium glutamate (MSG) atau biasa disebut micin sering dianggap memiliki dampak buruk bagi kecerdasasan otak, padahal tidak sepenuhnya benar.

JEDA.ID—Monosodium glutamate (MSG) atau biasa disebut micin sering dianggap memiliki dampak buruk bagi kecerdasasan otak. Micin sering digunakan sebagai penyedap makanan karena bisa menciptakan rasa umami. Terkait hal tersebut belakangan viral video yang menunjukkan seorang pedagang wanita sedang memasak menggunakan ‘sebungkus’ MSG.

Dikutip dari laporan Sanook, pedagang dalam video diketahui bernama Tanyaporn Natawat,42, dari Thailand. Ia mengaku tidak ada yang aneh dengan menggunakan MSG karena resep itu udah digunakan keluarganya selama bertahun-tahun.

“Saya tidak pakai satu bungkus, enggak perlu kaget. Saya cuma pakai setengah bungkus,” kata Tanyaporn. Viralnya video dan komentar netizen menunjukkan bahwa masih banyak yang percaya mitos MSG berbahaya untuk kesehatan. Satu mitos yang cukup populer adalah MSG disebut bisa membuat otak jadi bodoh.

Leona Victoria Djajadi MND, ahli gizi dan diet dari University of Sydney, membantah kalau MSG buruk untuk otak. Tapi bukan berarti aman untuk dikonsumsi berlebihan. “Yang ada, MSG itu kandungan natrium (garam)-nya tinggi. Jadi mesti dipertimbangkan terutama bagi penderita hipertensi dan penyakit ginjal,” jelas Victoria melalui pesan singkat beberapa waktu lalu.

MSG Alami

Kebanyakan orang memang masih menggunakan MSG untuk menambah kelezatan pada makanan. Namun bila Anda ingin mengurangi micin, tak usah bingung atau pusing.  Sebenarnya, makanan dengan rasa umami atau mengandung asam glutamat ada banyak. Makanan ini konon juga bagus bagi mereka yang ingin diet.  Bila ingin diet sekaligus mengurangi micin, Anda bisa memasukkan beberapa jenis makanan ini dan variasikan setiap hari. Berikut jenis makanan yang mengandung MSG alami seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Rumput Laut

Rumput laut adalah salah satu sumber dari rasa umami yang sangat kaya. Selain memberikan rasa yang nikmat pada masakan, rumput laut khususnya yang berasal dari jenis kombu ini kaya akan antioksidan.  Kandungan antioksidan pada rumput laut bisa membuat seseorang tidak mudah sakit. Selain itu nutrisi lain yang terkandung juga bisa memberikan banyak manfaat pada tubuh khususnya pemenuhan mikro nutrien.

2. Makanan laut

Secara umum hampir semua makanan laut atau seafood mengandung asam glutamat dan juga inosinate. Dua kandungan asam amino ini saling menguatkan satu dengan yang lain untuk memberikan rasa umami yang besar.
Beberapa jenis makanan laut yang mengandung banyak rasa umami adalah ikan bonito, udang, ikan teri, tuna, dan sarden.

Beberapa juru masak biasanya jarang memberikan banyak bumbu karena makanan laut mengandung cukup banyak rasa umami secara alami. Para juru masak akan membuat ekstrak dari ikan laut ini keluar dengan sendirinya dan bisa dinikmati dengan sempurna. Bahkan, beberapa orang memakannya mentah sebagai sushi atau sashimi agar rasa alaminya tidak hilang.

3. Makanan olahan kedelai

Kedelai adalah salah satu biji-bijian yang banyak digunakan oleh masyarakat Asia untuk makanan. Tak diduga, ternyata kedelai termasuk makanan yang mengandung MSG alami. Kedelai bisa dimakan secara langsung, dibuat menjadi susu, tahu, tempe, dan olahan lain seperti kecap. Kedelai yang diolah dengan cara apa pun akan memecah protein yang terkandung di dalamnya dan mengeluarkan asam glutamat.

Beberapa jenis makanan olahan dari kedelai yang banyak mengandung asam glutamat per 100 gramnya adalah kecap asin, miso, natto, dan kecap. Makanan jenis ini bisa memberikan rasa unik saat dimakan. Bahkan kalau diolah dengan bumbu yang tepat bisa memiliki rasa seperti daging.

4. Tomat

Kandungan asam glutamat dari tomat akan meningkat seiring buah matang dengan sempurna. Selain itu, tomat yang dikeringkan akan memiliki rasa umami yang lebih banyak dan unik karena lebih berkontraksi dengan takaran yang sama.

Selain mengandung rasa umami, tomat adalah salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi. Ada banyak vitamin dan mineral yang bisa didapatkan secara langsung atau saat diolah menjadi makanan seperti jus atau saus makanan. Tomat juga mengandung potasium, folat, dan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

5. Daging

Semua jenis daging mengandung asam glutamat dalam jumlah banyak, sehingga tergolong makanan yang mengandung MSG alami. Asam glutamat sendiri sering dianggap sebagai penanda dari adanya protein dari sebuah bahan makanan. Anda bisa mengonsumsi semua jenis daging sesuai preferensi khususnya yang rendah lemak.

6. Jamur

Jamur juga menjadi salah satu sumber asam glutamat yang sangat besar dan menjadi makanan yang mengandung MSG alami. Jamur bisa memberikan rasa meaty yang nikmat.

Beberapa jenis jamur yang banyak mengandung asam glutamat adalah enoki, shiitake, truffle, dan aneka jamur kering. Anda bisa mengolah jamur saat segar atau membuat kaldu dengan jamur kering untuk mendapatkan rasa umami.

7. Teh hijau

Teh hijau juga mengandung asam glutamat dalam jumlah banyak. Bahkan kandungan bisa dua kali yang dimiliki oleh makanan itulah. Karena kandungan inilah teh hijau sering digunakan untuk bahan makanan baik pencuci mulut atau makanan utama dengan bahan daging atau sayuran.

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.