Tutup Iklan

Pare, Si Pahit yang Punya Segudang Manfaat

Pare memiliki rasa pahit. Tapi di balik rasa pahitnya tersimpan segudang manfaat.

JEDA.ID—Sebagian besar orang tidak menyukai pare karena rasanya yang pahit. Namun tahukah Anda di balik rasanya yang pahit, pare mengandung banyak nutrisi yang baik untuk memelihara kesehatan tubuh?

Tips kesehatan kali ini membahas manfaat si pahit pare. Bukan hanya kesehatan tubuh tapi mengonsumsi pare juga dapat membuat kulit tampak lebih cantik dan sehat, loh.
Pare Pahit (Momordica Charantia) merupakan salah satu jenis tanaman yang merupakan anggota keluarga dari mentimun (Cucurbitaceae). Pare pahit biasanya tumbuh di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam pare sangat bermanfaat untuk tubuh.

Microsoft 365 Bisa Dipakai untuk Memata-Matai Karyawan, Benarkah?

Seperti yang dilansir dari Liputan6.com, Rabu (2/12/2020) berikut adalah segudang manfaat pare untuk kesehatan.

1. Meningkatkan kekebalan

Pare dikenal untuk meningkatkan tingkat kekebalan tubuh dengan sangat baik. Anda bisa merebus pare dalam air, lalu mengonsumsinya setiap hari untuk melawan berbagai infeksi dan penyakit. Pare sangat kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat yang membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh.

2. Menyembuhkan gangguan pernapasan

Untuk gangguan pernafasan seperti pilek, batuk bahkan asma ringan, jus pare atau pare mentah sangat baik. Biasakan untuk mengonsumsi jus pare segar setiap pagi sebelum sarapan untuk hasil terbaik.

3. Mengurangi jerawat

Pare sangat baik untuk membersihkan dan mendetoksifikasi darah. Ini mengurangi jerawat dan membersihkan tubuh secara internal. Ini juga membantu mengatasi banyak infeksi kulit dan darah lainnya, seperti bisul, kudis, penyakit jamur, dan lainnya.

4. Membantu dalam pengobatan Diabetes Tipe-2

Labu pahit mengandung fitonutrien, Polypeptide-P, yang merupakan insulin tumbuhan yang mengurangi kadar gula darah.

Wah! Wahana Ini Siap Menggali Bulan untuk Penelitian

Ini juga menyusun agen hipoglikemik yang disebut Charantin yang meningkatkan sintesis glikogen di dalam tubuh. Kedua hal ini bersama-sama membantu pengobatan Diabetes Tipe-2 dengan menurunkan kadar gula dalam darah.

5. Menurunkan berat badan

Pare kaya akan antioksidan, ini sangat berguna untuk membuang racun ekstra dari tubuh yang menyebabkan penambahan berat badan. Konsumsi jus pare secara teratur telah terbukti membantu menurunkan berat badan secara efektif untuk mendapatkan tubuh yang lebih ramping dan sehat.

6. Meningkatkan penglihatan

Makanan ini mengandung beta-karoten, yang sangat berguna dalam meredakan infeksi mata, serta meningkatkan penglihatan.

7. Mengurangi sembelit

Bagi mereka yang menderita masalah perut terus-menerus atau memiliki masalah dalam buang air besar, pare harus disertakan dalam makanan mereka. Serat membantu pencernaan makanan dengan mudah, mencegah masalah sembelit.

8. Mencegah penyakit jantung

Pare membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, yang seringkali dapat menghalangi dinding arteri dan menyebabkan masalah jantung. Jadi konsumsi pare bagus secara teratur untuk menikmati bebas masalah dan umur panjang.

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.