• Thu, 21 October 2021

Breaking News :

Paling Terpukul karena Corona di Korsel, Ini Fakta-Fakta Kota Daegu

Daegu kini menjadi sorotan publik, setelah salah satu kota di Negeri Gingseng itu menjadi pusat berkembangnya virus Corona atau Covid-19 di Korsel .

JEDA.ID – Kota Daegu kini menjadi sorotan publik, setelah salah satu kota di Negeri Gingseng itu menjadi pusat berkembangnya virus Corona atau Covid-19 di Korea Selatan (Korsel) . Menurut data yang didapatkan dari detik.com, Pada hari Sabtu (29/2/2020) pemerintah setempat melaporkan ada 800 kasus baru membuat total kasus infeksi virus corona yang terkonfirmasi di angka 3.150.

Otoritas Korea Selatan pada Jumat (28/2/2020) melaporkan 256 kasus baru. Dari 256 kasus baru yang dilaporkan tersebut, sebanyak 182 kasus di antaranya berada di wilayah Daegu. Sekitar 49 kasus lainnya ada di wilayah Provinsi Gyeongsang Utara. Sedangkan sekitar 6 kasus lainnya ada di ibu kota Seoul. Sejauh ini jumlah korban meninggal akibat virus corona mencapai 13 orang.

Korsel melaporkan kasus virus corona pertama kali pada 20 Januari lalu. Pasien pertama di Korsel merupakan seorang wanita yang berasal dari kota Wuhan, China, yang menjadi pusat wabah ini. Sebulan berlalu, jumlah kasus virus corona di Korsel melonjak drastis hingga menyerang lebih dari separuhnya. Hal ini diduga terkait adanya sebuah sekte keagamaan bernama Gereja Shincheonji Yesus di Daegu.

Laju penyebaran virus corona di Korsel diketahui mulai memicu kewaspadaan setelah 18 Februari, saat seorang wanita berusia 61 tahun pengikut sekte Gereja Shincheonji di Daegu dinyatakan positif mengidap virus corona. Wanita itu disebut sebagai super-spreader karena diyakini menulari puluhan pengikut sekte lainnya. Hingga Jumat diketahui total jumlah kasus virus corona di Daegu mencapai 1.314 kasus.

Wabah Virus Corona tentu saja mengubah wajah Kota Daegu. Terlepas perihal kasus merebaknya Virus corona di Daegu, ada baiknya Anda mengetahui fakta-fakta menarik lainnya seputar kota ini. Berikut ulasan Jeda.id soal Daegu dilansir dari berbagai sumber Jumat (28/2/2020)

Antisipasi Penculikan Anak, Ini yang Bisa Dilakukan Orang Tua

1. Kota Sejuk

Daegu termasuk dalam kota metropolitan terbesar ke-4 di Korea Selatan dengan jumlah 2.465 juta penduduk pada 2017 lalu. Nama Daegu memiliki arti Bukit Besar mencerminkan keindahan alam di sana.

Kota ini dikelilingi beberapa gunung seperti Gunung Palgong, Gunung Biseul, kaki bukit Gunung Gaya, dan deretan bukit kecil di bagian timur. Kondisi inilah yang membuat iklim di Daegu menjadi sejuk dan teduh.  Menariknya lagi, kota ini juga memiliki julukan yang sama, seperti Kota Malang di Jawa Timur, Indonesia sebagai Kota Apel.

2. Makanan Khas

Tiap daerah memiliki makanan khasnya masing-masing, begitu juga dengan Daegu. Daegu memiliki beberapa makanan khas yang menggiurkan untuk dicoba, seperti Buchu-Jeon dan Bae-chu Jeon, kedua makanan khas Daegu ini adalah pancake.
Jika umumnya rasa pancake manis, Uniknya pancake ini memiliki rasa asin karena menggunakan campuran sayuran di dalamnya.

Untuk Buchu-Jeon sayuran yang digunakan adalah kucai atau daun bawang dan cabai, sedangkan sayuran yang dicampurkan ke dalam Bae-chu Jeon adalah sawi putih. Untuk menambah cita rasa, pancake ini dicelupkan ke dalam kecap asin yang dicampur potongan bawang bombai.

Selain itu, masih ada lagi Hodu-Gwaja, cemilan ini berbentuk lingkaran kecil disertai motif di sekelilingnya. Adonannya mirip seperti waffle. Camilan mungil ini berisi pasta kacang merah yang manis. Masih ada beberapa makanan khas Daegu lainnya seperti Galbi Jjim dan Yaki Udon.

3. Ikon Menara

Daegu juga memiliki tempat wisata menarik, salah satunya adalah E-World 83 Tower. Menara ini sekaligus menjadi ikon kota tersebut. Menara ini memiliki tinggi mencapai 312 meter. Anda bisa secara leluasa melihat pemandangan kota yang cantik dan indah bila Anda menaiki 77 lantai kaca di menara tersebut.

Selain E-World 83 Tower, destinasi wisata lainnya yang unik di Daegu yakni Palgongsan Cable Car. Wahana ini cocok bagi Anda yang ingin mencoba naik gondola dari ketinggian. Anda bisa menikmati pemandangan gunung Palgongsan yang sangat menakjubkan.

4. Kota Seni

Daegu kota asal bintang K-Pop Key SHINee ini juga terkenal akan seninya. Di Daegu terdapat salah satu jalan yang diberi nama Kim Gwangseok Road. Jalan tersebut didedikasikan untuk mengenang karya musisi Kim Gwangseok. Di sepanjang jalan terdapat dinding yang dipenuhi mural, juga terdapat patung dari penyanyi folk rock ini. Apresiasi terkait musisi terkenal ini juga diwujudkan dalam bentuk aksesoris yang dijual di sekitar pinggir jalan, para wisatawan datang ke sana untuk memburunya.

Jangan Bingung, Ini Beda Emoji-Emoji Hati di Media Sosial

5. Wisata Belanja

Gaya hidup para bintang K-pop menjadi sorotan banyak orang, tak terkecuali fesyen mereka yang kerap diikuti oleh para fans. Daegu juga terkenal dengan wisata belanjanya. Kawasan Dongseongro merupakan daerah surganya fesyen di Daegu.
Para pelancong atau traveler dapat menemukan berbagai produk fesyen mulai dari yang kekinian sampai yang bertema vintage atau retro di tempat ini.

6. Wisata Religi

Tak hanya wisata untuk mencari hiburan, Daegu juga menyediakan wisata religi bagi para turis yang datang, yakni Kuil Donghwasa. Kuli ini terletak di Gunung Palgong. Terdapat patung Budha raksasa setinggi 33 meter diapit pagoda setinggi 17 meter di kedua sisinya.

Semoga wabah Virus Corono atau Covid-19 segera berakhri dan Kota Daegu kembali pulih seperti semula.  (Bunga Oktavia)

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.