4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Homeschooling untuk Anak

Sebelum memilih homeschooling untuk anak, alangkah baiknya baca tips di bawah ini yang mengulas mengenai kelebihan homeschooling

JEDA.ID — Beberapa orang tua lebih memilih homeshooling untuk sang anak daripada sekolah formal. Apalagi kondisi saat pandemi Covid-19 membuat mereka takut untuk memasukkan buah hati ke sekolah biasa.

Namun, sebelum memutuskan untuk memilih homeshooling yang cocok untuk anak, alangkah baiknya sebagai orang tua mengetahui beberapa hal di bawah ini.

Kreasi Makanan yang Bisa Dibuat Anak Kos, Nomor 3 Pasti Suka!

Psikolog, Zarra Dwi Monica mengatakan dengan homeschooling orang tua harus memikirkan bahwa interaksi yang didapat anak lebih terbatas. Berbeda dengan sekolah biasa, yang membuat si kecil bisa berinteraksi dengan teman sebayanya.

Mengajarkan Anak Hemat Sejak Dini Lewat 5 Cara Ini, Mudah Kok!

“Orang tua perlu menyadari bahwa ada beberapa hal penting yang terbatasi bila homeschooling. Salah satunya kesempatan untuk berinteaksi dengan anak yang usianya sebaya, anak kan belajar berelasi dari orang di sekitarnya. Pas homeschooling jadi terbatas nih cuma ketemu orang tua dan keluarga lainnya. Ini yang perlu disiasati sebisa mungkin,” jelas Zarra kepada Okezone.com.

Waduh! Stres Ternyata Juga Bisa Bikin Perut Buncit

Selain itu, ada empat hal lainnya yang harus dipertimbangkan sebelum memilih homeschooling yang cocok untuk anak. Berikut di antaranya.

1. Cari Referensi

Bergabunglah dengan forum online untuk meyakinkan Anda untuk menerapkan homeschooling kepada anak.

Setelah Anda membaca tips memilih homeschooling untuk anak, orang tua juga perlu mengetahui apa saja kelebihan dari sistem belajar ini.

Keunggulan Makanan Beku, Cocok Dimasak Saat di Rumah Saja

2. Tujuan Homeschooling

Tips kedua sebelum memilih homeschooling untuk anak adalah mengetahui terlebih dahulu tujuan dari sekolah di rumah. Apa tujuan utama orang tua untuk pendidikan anak dan apakah nantinya akan berpengaruh terhadap prestasi anak.

Ini Pertanda Ada Energi Negatif di Rumah dan Cara Menghilangkannya

3. Peraturan Homeschooling

Sebelum memilih homeschooling yang tepat untuk anak, alangkah baiknya sebagai orang tua untuk mengetahui aturan yang ditetapkan pemerintah terkait homeschooling yang tertuang di Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudaayan (Permendikbud) Nomor 129/2014 tentang Sekolah Rumah.

Unduh Permendikbud 129/2014 di sini. 

Tidur dengan Mulut Terbuka? Awas, Ada Efek Sampingnya

4. Proses Belajar

Cari tahulah tentang proses belajar mengajar dengan prinsip homeschooling. Apakah sang anak bisa mengikutinya atau tidak.

Setelah Anda membaca tips memilih homeschooling untuk anak, orang tua juga perlu mengetahui apa saja sih yang akan didapatkan si kecil jika mengikuti homeschooling?

Rekomendasi Film Netflix dari Cinta Laura

Keunggulan Homeschooling

Inilah lima kelebihan homeschooling untuk anak yang bersumber dari situs resmi Homeschoolingpena.sch.id

Pertama, anak mampu mengembangkan bakatnya. Metode pembelajaran homeschooling bisa membuat anak lebih bebas berkreativitas dan berkarya, karena lebih fokus tanpa gangguan siapa pun.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Alami Tanpa Rasa Sakit

Bahkan, homeschooling bisa memfasilitasi kreativitas dan bakat anak, karenanya membuat anak lebih terarah. Selain itu, mereka juga lebih bebas mengekspresikan sesuatu yang terdapat dalam pikirannya.

Kedua, lebih mudah dipantau. Seperti kita ketahui, metode homeschooling lebih bersifat privat sehingga membuat perkembangan pada pendidikan anak menjadi lebih gampang dipantau.

Pakai Bahan Alami, Ini Cara Menghilangkan Komedo Tanpa Sakit

Lebih Fleksibel hingga Terhindar dari Pergaulan Bebas

Kesurupan Bisa Menular Terutama pada Perempuan, Ini Cara Mencegahnya

Ketiga, waktu belajar fleksibel. Salah satu keunggulan terbesar dari metode homeschooling ialah waktu belajar lebih fleksibel.

Pengajar, anak dan orang tua bisa berdiskusi terlebih dulu mengenai waktu belajar yang tepat serta berapa lama aktivitas pembelajaran berlangsung dalam sehari.

Venus Jadi Prioritas NASA, Ini Alasannya

Keempat, terhindar dari pergaulan bebas. Pengaruh pergaulan saat ini masih menjadi momok yang menakutkan untuk orang tua yang memiliki anak-anak di usia masih labil.

Karena itu, sistem homeschooling bisa meminimalkan pengaruh pergaulan bebas atau pergaulan buruk, seperti seks bebas, tawuran, obat-obatan terlarang, dan lain sebagainya.

Rekomendasi HP Harga Rp1 Jutaan dengan Spesifikasi Mumpuni

Kelima, lebih mudah mencerna informasi. Hal ini dikarenakan sistem belajarnya bersifat privat, memungkinkan anak dapat mengajukan pertanyaan tanpa ragu kapan pun anak-anak mau.

Mereka juga dapat berdiskusi bersama pengajar karena anak-anak biasanya bisa belajar lebih fokus tanpa diganggu teman-temannya, berbeda dengan menempuh pendidikan formal.

Tips Parenting Lainnya

 

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.