Mengajarkan Anak Hemat Sejak Dini Lewat 5 Cara Ini, Mudah Kok!

Tak hanya menabung, ini cara muda mengajarkan anak supaya hemat sejak dini.

JEDA.ID — Mengajarkan anak hemat sejak dini tidak hanya melalui menabung saja. Ada empat cara lainnya yang diklaim ampuh membuat anak semakin hemat.

Bersumber dari situs resmi Kemendikbud, sebagai orang tua tak perlu risau lagi untuk mengajarkan anak hemat sejak dini. Di mana kuncinya terletak pada kebiasaan.

Kisah Rebutan Hak Asuh Kucing, Salah Satunya Berakhir di Pengadilan

Berikut ini lima cara mengajarkan buah hati supaya hemat.

1. Menabung

Cara pertama mengajarkan anak hemat sejak dini paling mudah adalah menabung. Setiap kali orang tua memberikan uang jajan, ajari anak untuk menyisihkan uangnya di celengan.

Untuk mempermudah, sebagai orang tua harus memberikan contoh terlebih dahulu kepada anak agar mereka mengikuti apa yang orang tua lakukan.

Cara Mudah Mengatasi Anak Sulit Makan, Nomor 4 Penting Banget

Hal ini dikarenakan anak adalah peniru ulung apapun yang orang tuanya lakukan. Nah, untuk membangkitkan semangat anak untuk menabung, buatlah celengan dengan karakter yang disukai anak.

Saat menabung, jangan lupa untuk mengucapkan kalimat ini kepada anak, “Kalau kamu sedikit demi sedikit menyimpang uang di celengan, lama-lama uangnya akan semakin banyak. Dan bisa untuk membeli apa yang kamu mau.”

Makin Berumur Ada Risiko Tak Sanggup Makan Makanan Pedas

2. Bersyukur

Cara selanjutnya adalah jangan lupa untuk mengajari anak untuk bersyukur. Dengan bersyukur, anak akan menghargai apa yang telah dimiliki. Dan harapannya, anak akan tidak banyak meminta kepada orang tua.

Rasa bersyukur itu bisa diungkapkan dengan berdoa kepada Tuhan, merawat barang-barang yang dimiliki dan bersedekah kepada yang tak mampu.

Rekomendasi Film Netflix dari Cinta Laura

3. Jauhkan Sikap Manja

Tak hanya bersyukur, mengajarkan anak untuk hemat sejak dini adalah tidak memanjakan buah hati. Misalnya, jika sang anak ingin mainan baru, sebagai orang tua tidak harus mewujudkan keinginannya tersebut.

Perlu diketahui, sikap manja yang berlebihan akan membuat anak bersikap boros di kemudian hari.

Ini Bahaya Sering Membentak Anak, Salah Satunya Berdampak ke Jantung

4. Memberi Pehamaman Soal Ekonomi

Meski anak belum paham mengenai prinsip yang ada di ilmu ekonomi, sebagai orang tua bisa mengajarkan sistem ekonomi dasar. Misalnya, mengajak anak untuk berbelanja ke pasar maupun swalayan.

Di lokasi tersebut sang anak diharapkan mampu mengerti pentingnya uang. Dalam proses berbelanja itu, jelaskan kepada anak untuk membeli barang sesuai dengan kebutuhannya saja.

Daftar Terbaru 8 Calon Vaksin Corona Paling Menjanjikan di Dunia

Selain itu, tanamkan nilai bahwa tidak semua yang diinginkan bisa dibeli. Dengan begitu, diharapkan anak bisa lebih hemat dalam mengatur uang pada saatnya nanti.

5. Ajarkan Melalui Aktivitas Sehari-hari

Selain menabung, cara terakhir untuk mengajarkan anak untuk hemat sejak dini adalah melalui aktivitas sehari-hari. Misalnya, tak berlebihan dalam penggunaan listrik maupun air.

Ketahui Rahasia Pria Agar Hubungan Kalian Langgeng

Tips Parenting Lainnya

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.