Mematikan Lampu Saat Tidur Itu Penting, Ini Alasannya

Sejumlah orang mungkin takut tidur dalam kegelapan. Namun sebenarnya tidur dalam kegelapan sangat penting dilakukan.

JEDA.ID—Mematikan lampu saat tidur ternyata sangat penting. Setelah mengetahui alasannya, Anda mungkin akan mematikan lampu saat tidur.

Beberapa orang mengaku tidak bisa tidur di dalam gelap, namun tidak sedikit yang justru baru bisa tidur dengan kondisi gelap gulita. Sebenarnya ini bukanlah hal yang menjadi masalah. Hanya saja Anda harus tahu, sebenarnya akan lebih baik jika Anda mematikan lampu saat tidur, kenapa ya?

Ternyata, hal ini sangat berhubungan dengan kualitas tidur. Selain itu, berkaitan juga dengan kesehatan tubuh serta kesehatan mental. Hasil penelitian dari New York University School of Medicine, Amerika Serikat mengatakan bahwa cahaya tetap dapat terdeteksi oleh kelopak mata saat kita tertidur.

Amankan Ponsel Anda dengan 6 Langkah Mudah Ini

Dan ini menyebabkan Anda tidak bisa mendapat kualitas tidur yang baik. Tips kesehatan kali ini membahas pentingnya matikan lampu saat tidur. Seperti yang dilansir dari Detik.com dan Liputan6.com, Rabu (28/10/2020), berikut ini adalah alasan kenapa lampu perlu dimatikan saat tidur.

1. Mengganggu otak

Paparan cahaya dari lampu selama tidur mempersulit otak untuk mencapai tidur yang lebih dalam. Jika Anda tidak tidur dengan baik, menyebabkan otak tidak releks. Kondisi tersebut juga mempengaruhi kualitas tidur Anda yang membuat tidur menjadi tidak nyenyak.

2. Depresi

Tidur dengan lampu menyala dapat dikaitkan dengan depresi. Cahaya dari barang elektronik memiliki efek terburuk pada suasana hati yang menyebabkan tidak tenang saat tidur.

3. Risiko terkena penyakit kronis

Jika cahaya terus mengganggu tidur dalam jangka panjang, dikutip dari Healthline, tidur menyalakan lampu akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

4. Meningkatkan tekanan darah

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Chronobiology International, dikutip dari Wellcare, menyatakan bahwa, seseorang yang terpapar cahaya berlebihan pada malam hari memiliki tekanan darah yang jauh lebih tinggi daripada orang-orang yang tidur mematikan lampu.

5. Mengganggu siklus menstruasi

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal epidemiologi, dikutip dari Everydayhealth, melaporkan paparan cahaya pada malam hari dapat mengganggu siklus menstruasi yang dapat mengganggu kesuburan wanita.

6. Tidak baik untuk kesehatan mata

Penelitian telah menunjukkan bahwa paparan cahaya kamar yang terang mempersingkat durasi melatonin untuk bekerja, sekitar 90 menit, dibandingkan dengan paparan cahaya redup. Selain itu, paparan cahaya kamar selama jam-jam tidur biasanya menekan kadar melatonin lebih dari 50%.

Suka Makan Ceker Ayam? Berikut Ini Fakta yang Perlu Diketahui

Jadi, cahaya di kamar tidur Anda menyebabkan masalah. Ditambah dengan adanya tablet, ponsel cerdas, dan bola lampu hemat energi, yang membuatnya kian memburuk.

7. Risiko kanker

Sebuah studi yang dilakukan pada 10 tahun lalu menemukan, 1.670 wanita yang terpapar cahaya lampu malam dengan intens memiliki peluang 22% lebih tinggi terkena kanker payudara, diandingkan dengan mereka yang tidur dalam kegelapan total. Para peneliti menyimpulkan, semua ini disebabkan oleh gangguan hormon melatonin. Masalah seperti ini lebih rentan terjadi pada pekerja shift malam.

8. Berat badan naik

Cahaya pada malam hari juga berkontribusi terhadap kenaikan berat badan kita, dengan mengubah waktu asupan makanan. Tikus, ketika terpapar cahaya lampu malam, bertambah berat badannya meskipun telah berolahraga dan porsi makannya disamakan dengan saudara-saudaranya yang tidak terpapar cahaya lampu.

Para ilmuwan juga telah mengkorelasikan kadar melatonin yang rendah dengan diabetes, meskipun tidak diketahui pasti penyebab asalnya, selain melatonin yang terganggu.

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.