Manfaat Tanaman Hias dari Penangkal Racun Hingga Pembawa Keberuntungan

Tak hanya mempercantik ruangan di dalam rumah, manfaat tanaman hias lainnya sangat beragam mulai dari penangkal racun hingga pembawa keberuntungan.

JEDA.ID-Tak hanya mempercantik ruangan di dalam rumah, manfaat tanaman hias lainnya sangat beragam mulai dari penangkal racun hingga pembawa keberuntungan.

Rumah adalah tempat untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas. Karena itu membuat rumah senyaman mungkin itu penting. Menambah satu-dua dekorasi dapat menjadi salah satu upayanya. Tidak melulu barang, penataan ruang pun dapat dilengkapi dengan tanaman.

Jangan khawatir, ada beberapa tanaman yang bisa hidup di dalam rumah. Tanaman ini bisa hidup walaupun dengan pencahayaan yang minim. Perawatannya juga sangat mudah tanpa perlu diberi perhatian rutin.

Tips berkebun kali ini membahas beragam tanaman dan manfaatnya bagi penghuni rumah. Berikut beberapa rekomendasi tanaman yang baik untuk ditanam di dalam rumah seperti dikutip dari Liputan6.com, belum lama ini.

1. Lidah Mertua

Lidah mertua sangat popular untuk diletakkan di dalam rumah. Bentuknya yang indah berhasil membuat banyak orang jatuh hati. Juga tak butuh banyak perawatan, karena bisa hidup di kondisi kurang cahaya dan air sekalipun.

Tak Cukup Hanya Cuci Muka, Simak Tips Perawatan Wajah Pria

Di balik nilai estetikanya, tanaman yang memiliki nama ilmiah Sansevieria ini nyatanya memiliki banyak manfaat. Lidah mertua bisa menjadi penangkal zat berbahaya seperti karbondioksida, benzene, formaldehydem, dan trichloroethylene. Selain itu, lidah mertua diyakini dapat memurnikan udara di dalam rumah. Sedikit tips, letakan tanaman ini di area rumah yang tidak terlalu penuh dengan orang.

2. Spider Plant

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Chlorophytum Comosum ini cocok untuk mempercantik ruangan. Daunnya berwarna hijau panjang menjuntai dan mudah berkembang biak.

Tanamanhias yang bisa mencapai tinggi 60 cm ini memiliki segudang manfaat. Berdasarkan penelitian, spider plant mampu menjadi pembersih udara dengan menyerap benzena, formaldehida, karbon monoksida, dan xilena. Selain itu spider plant bisa menyerap bahan kimia dari hasil olahan karet dan kulit.

3. Peace Lily

Tanaman berkelopak putih dengan julangan bunga tepat di tengah sehelai daun lebar ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mendapat sentuhan feminin di rumah. Sesuai namanya, peace lily, merupakan simbol kedamaian.

Menariknya lagi, tanaman yang memiliki nama illmiah Spathiphyllum ini tetap bisa memekarkan bunganya walaupun di dalam ruangan.

Manfaat Mendengarkan Musik Bisa Bantu Basmi Lemak, Benarkah?

Di balik bentuknya yang indah, peace lily terbukti dapat menangkal racun dalam ruangan. Dengan mengurangi senyawa kimia berbahaya yang ditemukan dalam cat dan perabotan yang berada di dalam rumah.

4. Pachira

Pachira justru diminati karena dianggap sebagai pembawa keberuntungan secara finansial. Oleh karenanya, ia dijuluki money plant. Selain dianggap menjadi tanaman yang memberi rezeki, tanaman ini berbentuk indah dan mudah dirawat.

Manfaat tanaman hias pachira adalah membawa keberuntungan (Freepik)

Manfaat tanaman hias pachira adalah membawa keberuntungan (Freepik)

Di balik mitos yang berkembang tentang tanaman ini, pachira memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Pakar menyebut manfaat tanaman hias ini adalah dapat memurnikan udara. Uniknya, pachira akan memproduksi oksigen pada malam hari. Ruagan pun tentu akan menjadi lebih sejuk saat malam hari.

5. Philodendron

Tanaman hias berbentuk hati dengan warna hijau ini cocok untuk mempercantik ruangan. Tidak hanya cantik, tanaman ini juga tergolong tanaman yang bisa memurnikan udara.

Namun, sebaiknya tanaman ini cukup menjadi pajangan saja. Menurut sebuah penelitian, seluruh bagian Philodendron mengandung kristal Kalsium oxalate yang beracun apabila termakan.

6. Asparagus Fern

Tanaman ini apik menjadi penghias di sudut ruangan. Letakan dalam pot gantung, asparagus yang menjuntai akan membuat ruangan terlihat lebih estetik.

Si Dia Menghilang? Tenang, Lakukan Ini

Asparagus fern efektif menghancurkan Formaldehydem. Formaldehydem merupakan senyawa kimia yang banyak dijumpai pada perabotan rumah. Apabila di rumah terlalu banyak kandungan Formaldehydem, dapat menyebabkan iritasi pada kulit, mata, dan hidung.

7. Tanaman Jade

Tanaman sejenis sukulen ini dipercaya membawa efek positif untuk kekayaan dan kesejahteraan si empunya. Oleh karenanya, tanaman ini identik sebagai hadiah saat pindah rumah.

Tanaman berukuran sedang ini tampak cantik diletakkan di berbagai tempat. Jadi, penataannya tak akan membuat Anda pusing. Tapi, tanaman jade mempunyai tempat istimewa untuk diletakan di pintu masuk, seolah-olah jadi penyambut kesuksesan bagi pemilik rumah.

8. Bunga Anggrek

Meskipun sedikit kuno, tapi bunga anggrek masih terus dipercaya dapat memberikan keberuntungan asmara, memberikan ketentraman bagi yang melihatnya, dan mempererat hubungan antar anggota keluarga.

Selain ilmu feng shui yang menghargai bunga anggrek, tradisi kuno Yunani juga sering mengaitkan bunga anggrek dengan fertilitas. Jadi, memberi kado berupa bunga anggrek pada pasangan baru menikah adala ide yang cemerlang.

9. Tanaman Palem

Tanaman indoor terbesar ini sangat ideal jika digunakan sebagai pemisah ruangan dengan sentuhan natural. Tapi, Anda juga bisa meletakkan pohon palem berukuran lebih kecil dan jadi pemanis ruangan.

Selain memberi kesan tropis, palem juga fleksibel dalam menarik energi positif dan menyerap zat-zat kimia negatif dari zat kimia atau perabot baru yang ada di dalam rumah.

10. Daun Kuping Gajah

Memiliki daun lebar menyerupai kuping gajah, Anthurium Crystallium merupakan tanaman hias yang cukup terkenal. Tanaman ini pun diyakini akan mendatangkan rezeki dan kekayaan berlimpah jika ditanam di taman atau pekarangan rumah. Mau mencoba?

Ditulis oleh : Annisa Putri

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.