Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan, Apa Saja?

Daun pandan yang memiliki bau harum ini, selain sekadar menjadi penyedap makanan juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

JEDA.ID-Pemilik nama ilmiah Pandanus Amaryllifolius ini merupakan tumbuhan tropis yang bewarna hijau dan memiliki perpaduan aroma vanilla, almond, dan wangi yang disukai untuk masakan.

Tanaman pandan ini banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara dan Asia Selatan, daun pandan juga populer di negara-negara Eropa dan Amerika sebagai penambah aroma masakan atau sajian pencuci mulut. Daun pandan mengandung berbagai jenis senyawa seperti polifenol, flavonoid, glikosida, saponin, hingga alkaloid.

Tapi siapa  sangka daun pandan yang memiliki bau harum ini, selain sekadar menjadi penyedap makanan juga sangat banyak khasiatnya bagi kesehatan. Yuk, ketahui khasiat yang ada pada daun pandan.

Berikut beberapa khasiat daun pandan bagi kesehatan dilansir oleh sehatq.com dan liputan6.com, Senin (10/8/2020).

1. Mengatasi diabetes

Bagi seseorang yang memiliki riwayat diabetes, Anda bisa meredakannya dengan mengonsumsi daun pandan. Khasiat daun pandan untuk kesehatan ini bisa digunakan sebagai pengganti gula atau pemanis. Daun pandan akan membuat rasanya semakin segar dan gurih.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Dikutip dari berbagai sumber menyebutkan bahwa mengonsumsi teh pandan dua kali sehari dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Cara membuat teh pandan sangat mudah. Anda hanya perlu merebus 3 gram daun pandan dengan ditambahkan dua hingga tiga gelas air.

Tentang People Cards, Fitur Baru Google yang Dirilis di India

Tunggu air mendidih hingga berkurang setengahnya. Setelah jadi, konsumsilah setengah teh pandan setiap pagi hari dan setengahnya di malam hari untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Mengonsumsi teh pandan secara teratur untuk mendapatkan manfaat lainnya seperti mencegah penyakit jantung koroner.

3. Meredakan nyeri

Anda bisa merasakan khasiat daun pandan untuk kesehatan sebagai penghilang rasa nyeri. Karena, daun pandan mengandung sifat yang dapat bertindak sebagai penghilang rasa sakit kepala, nyeri dada, dan radang sendi.

Untuk dapat merasakan khasiat daun pandan sebagai pereda nyeri, gunakan daun pandan sebagai teh. Konsumsi teh pandan dua kali dalam sehari secara teratur.

4. Mengurangi kram

Khasiat daun pandan bagi kesehatan selanjutnya dapat membantu meredakan kram yang terjadi terutama di bagian perut dan pencernaan. Anda bisa mendapatkan khasiatnya dengan mengonsumsi teh daun pandan.

5. Mengatasi rematik

Khasiat daun pandan ternyata bisa membantu mengatasi rematik atau radang persendian. Anda bisa melakukannya dengan memotong tiga lembar daun pandan dan masukkan ke dalam rebusan minyak kelapa. Setelah dingin, coba oleskan pada bagian sendi yang terasa sakit untuk mengatasi rematik.

6. Mengatasi kulit terbakar

Jika Anda mengalami kulit terbakar akibat paparan sinar matahari dalam jangka waktu lama, tidak ada salahnya atasi dengan menambahkan daun pandan di air saat Anda mandi. Jika belum cukup yakin ingin mencoba manfaat daun pandan, salah satu kelebihan lainnya adalah tidak ada efek samping dari konsumsi daun pandan. Metode tradisional ini aman dikonsumsi dan baik untuk pencernaan.

Olahan dari Singkong Sehat dan Lezat

Konsultasikan terlebih dulu kepada dokter jika ada reaksi alergi atau Anda tengah menjalani pengobatan tertentu. Bisa jadi yang daun pandan termasuk dalam substansi yang perlu Anda hindari.

Ilustrasi demam (Freepik)

7. Meningkatkan nafsu makan

Khasiat daun pandan juga bisa untuk meningkatkan nafsu makan dengan dijadikan sebagai teh pandan. Penyebab nafsu makan menurun salah satunya diakibatkan oleh indera penciuman yang bermasalah. Bahan alami ini bisa diminum dua kali sehari untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan tentunya meningkatkan nafsu makan.

8. Meredakan demam

Khasiat daun pandan untuk mengurangi demam, Anda bisa menggunakannya dengan cara merebus daun pandan dan meminum air rebusannya. Seseorang yang sedang demam akan mengalami peningkatan suhu tubuh, yang membuat penderitanya menjadi tidak nyaman. Setelah meminum air rebusan daun pandan, panas tubuh akan turun secara perlahan.

Ditulis oleh : Fatihah

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.