• Fri, 12 August 2022

Breaking News :

Tentang People Cards, Fitur Baru Google yang Dirilis di India

Belum lama ini Google meluncurkan fitur baru yang dinamai People Cards. Fitur ini menggunakan Google's Knowledge Graph (Grafik Pengetahuan Google) untuk menampilkan informasi yang disediakan oleh pengguna.

JEDA.ID — Belum lama ini Google meluncurkan fitur baru yang dinamai People Cards.

Fitur baru yang diluncurkan kali pertama di India ini memungkinkan individu pengguna mampu membuat profil mereka di mesin pencarian.

Fitur baru ini telah diuji di negara tersebut selama beberapa tahun yang menghadirkan pengalaman seperti kartu kunjungan virtual ke Google Search.  Pengguna dapat menyoroti situs web atau profil media sosial mereka yang ada untuk memerinci identitas mereka ke publik.

Fitur People Cards ini menggunakan Google’s Knowledge Graph (Grafik Pengetahuan Google) untuk menampilkan informasi yang disediakan oleh pengguna. Khususnya pengguna harus memberikan nomor ponsel dan memerlukan akun Google untuk membuat People Card di Google Search.

Hanya di India

Fitur ini memungkinkan influencer, wirausahawan, freelancer, atau siapa saja untuk ditemukan dengan mudah secara on the web. Ini kurang lebih seperti ketika kita sedang mencari kepribadian atau selebritas terkenal untuk membaca tentang mereka, sekarang orang-orang dapat melakukannya tentang Anda.

Mulanya, Google telah menghadirkan fitur People Cards untuk pengguna ponsel, artinya pengguna harus masuk ke akun Google di perangkat seluler untuk membuat profil. Selain itu, fitur baru ini baru tersedia dalam bahasa Inggris, dan kemungkinan di masa mendatang bahasa lain akan ditambahkan.

Dijelaskan oleh Lauren Clark, Manajer Produk Google Search bahwa fitur People Cards saat ini hanya terbatas di India saja dan tidak rencana untuk memperluasnya. Alasan untuk memperkenalkan fitur tersebut di pasar online terbesar kedua di dunia adalah karena tren populer di mana orang mencari nama mereka sendiri di mesin pencari. Tidak ada rencana untuk memperluas ketersediaan fitur ke pasar lain.

“Kami selalu mencari cara baru untuk membuat penelusuran lebih berguna bagi orang-orang, dan kami menemukan bahwa ada beberapa kebutuhan informasi unik tentang India yang dapat kami bantu layani terlebih dahulu,” kata Clark dalam laman inet.detik.com.

Profil Publik

Tujuan utama dari People Cards adalah untuk memungkinkan individu memiliki profil publik di Google Search yang akan ditampilkan di atas semua hasil pencarian.

Google mengklaim bahwa dengan diluncurkannya fitur baru, People Cards ini bertujuan untuk memberikan informasi yang berguna dan dapat diandalkan kepada publik. Karenanya, ini akan memberikan opsi kepada semua pengguna untuk menandai penyalahgunaan, peniruan identitas, atau bahkan konten berkualitas rendah, jika mereka menemukan sesuatu yang aneh melalui kartu orang.

Google juga menggembar-gemborkan memiliki kombinasi tinjauan manusia dan teknik otomatis untuk menandai konten yang melanggar kebijakan. Selain itu, hanya satu kartu orang yang diperbolehkan per akun Google untuk membatasi profil palsu.

Lalu, bagaimana cara membuatnya?

Prosesnya cukup sederhana kok, berikut langkah-langkahnya.

1. Masuk ke akun Google.

2. Telusuri nama kamu di Google Penelusuran atau ketik “tambahkan saya ke Penelusuran”

3. Ikuti petunjuk untuk memperbarui depth kamu seperti nama, pekerjaan, lokasi, tentang, pekerjaan, pendidikan, kota asal, situs Internet, e-mail, tautan sosial, dan nomor telepon.

4. Pengguna juga dapat memperbarui foto kamu, menambahkan deskripsi tentang diri kamu, tautan ke situs web atau profil media sosial dan banyak lagi.

5. Google membatasi satu kartu orang for each akun dan nomor telepon diperlukan untuk otentikasi. Pengguna juga dapat menghapus kartu orang mereka kapan saja mereka mau.

Individu yang telah membuat kartunya di Google memiliki kemampuan untuk menyisih dari pengalaman ini kapan saja. Jika ada orang yang memiliki nama yang sama, Google Penelusuran akan menampilkan beberapa modul.

Ditulis oleh : A’idah Husna Luthfiyyah

Menarik Juga

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.