Olahan dari Singkong Sehat dan Lezat

Singkong memiliki banyak kandungan dan manfaat bagi kesehatan, juga dapat diolah menjadi aneka ragam makanan.

JEDA.ID-Singkong, makanan satu ini tentu saja tak asing bagi orang Indonesia. Singkong adalah jenis umbi-umbian yang dapat dijadikan makanan pokok pengganti nasi. Singkong memiliki banyak kandungan dan manfaat bagi kesehatan, juga dapat diolah menjadi aneka ragam makanan.

Manfaat singkong di antaranya sebagai sumber energi bagi tubuh, merawat kesehatan sistem pencernaan, meminimalisir risiko penyakit jantung, mencegah kanker, dan masih banyak lagi.

Ada tiga resep singkong yang wajib Anda coba sebagai kudapan yaitu Sawut Singkong, Lapis Singkong Pelangi, dan Prol Tapai Singkong Legit dikutip dari cookpad.com, Rabu (12/8/2020).

1. Sawut Singkong

sawut singkong (cookpad)

sawut singkong (cookpad)

Untuk membuat Sawut Singkong bahan-bahan yang diperlukan yaitu: 1 kg singkong kupas, 100 gr gula pasir, 100 gr kelapa parut kukus, dan sejumput garam.

Ladies, Bergosip Ternyata Ada Manfaatnya Loh!

Cara membuatnya : Parut kasar singkong yang telah dikupas, campur dengan gula pasir dan bagi dua adonan. Beri perisa stroberi pada salah satu adonan dan kukus selama 30 menit. Setelah matang, angkatlah dan siap dinikmati dengan taburan kelapa parut.

2. Lapis Singkong Pelangi

lapis singkong pelangi (cookpad)

lapis singkong pelangi (cookpad)

Untuk membuat Lapis Singkong Pelangi bahan-bahan yang diperlukan yaitu: 1 kg singkong (setelah di kupas), 350 ml santan sedang, 1 bks agar-agar bubuk putih, 200 gr gula pasir, 1/4 sdt vanili bubuk, pewarna makanan merah, kuning dan hijau secukupnya. Untuk taburan 150 gr kelapa parut, 1/4 sdt garam, 1/4 sdt vanili bubuk (campur jadi satu).

Langkah membuatnya : Kukus bahan taburan selama 10 menit lalu sisihkan. Siapkan loyang, olesi dengan minyak goreng, alasi dasarnya dengan plastik tahan panas atau food grade kemudian olesi dengan minyak lalu sisihkan. Dalam wadah, campur rata gula pasir, garam dan agar-agar bubuk. Lalu masukkan santan, aduk rata.

Suka Selfie? 13 Gaya Selfie Ini Mengungkap Kepribadian Anda

Masukkan singkong parut dan vanili bubuk, aduk rata dan bagi adonan menjadi 3 bagian sama rata. Beri pewarna merah, kuning dan hijau. Tuang adonan hijau dalam loyang dan kukus selama 20 menit. Kukusan sudah dipanaskan sebelumnya dan tutupnya dilapisi serbet. Tuang lagi adonan warna kuning, kukus lagi 20 menit.

Terakhir tuang adonan warna merah dan kukus 30 menit hingga matang. Angkat dan biarkan dalam loyang hingga benar-benar dingin. Keluarkan dari loyang, potong-potong dan balurkan pada kelapa parut kukus.

3. Prol Tapai Singkong Legit

prol tape singkong (cookpad)

prol tape singkong (cookpad)

Bahan-bahan yang diperlukan yaitu: 300 gr tapai singkong, 100 gr tepung terigu, 100 gr gula pasir, 50 gr keju, 75 gr mentega /margarin, Susu bubuk, 100 ml air mineral, 1sdt garam, 3 butir telur dan topping ( keju, choco chip dan kuning telur untuk olesan).

Cara membuatnya : Bersihkan Tapai Singkong dari sumbunya, campur jadi satu dengan gula dan garam sampai lembut. Larutkan susu dan air, lalu sisihkan terlebih dahulu. Tambahkan tepung, keju, larutan susu, margarin cair ke adonan Tapai dan campur sampai rata. Siapkan loyang untuk memanggang adonan olesi dengan carlo. Panasi oven sebelum digunakan untuk memanggang lalu panggang kue kurang lebih 25 menit. Keluarkan dari oven lalu olesi dengan kuning telur dan beri topping.

Ditulis oleh : Fatihah

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.