Lawan Kecanduan Gula dengan 12 Makanan Ini

Memang tak bisa dipungkiri mengonsumsi makanan manis itu sangat lezat dan bisa bikin ketagihan.

JEDA.ID—Kecanduan gula alias sugar craving bisa membahayakan kesehatan lantaran akan terjadi penumpukan gula di dalam tubuh. Karena itu kecanduan gula harus dicegah.

Nah bagi Anda yang mengalami kecanduan gula ketahuilah ada sejumlah makanan yang bisa menjadi alternatif atau melawan kecanduan gula. Makanan apa sajakah itu? Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini ya.

Memang tak bisa dipungkiri mengonsumsi makanan manis itu sangat lezat dan bisa bikin ketagihan. Namun jika kita menjadi kecanduan gula bisa berujung pada meningkatnya risiko berbagai penyakit seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Kenali 5 Tanda Infeksi Covid-19 Menyerang Jantung

Tapi jangan khawatir, sebab ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah kecanduan gula, seperti dengan mengonsumsi makanan alternatif.

Seperti yang dilansir dari Liputan6.com, Senin (18/1/2021), berikut ini adalah makanan alternatif untuk melawan kecanduan gula.

1. Cokelat hitam

Cokelat dikenal sebagai makanan manis yang bisa membuat ketagihan. Namun, kamu bisa tetap mengonsumsi cokelat tanpa mengonsumsi banyak gula di dalamnya. Kamu bisa membuat pilihan yang lebih sehat dengan cokelat hitam.

Cokelat hitam adalah cokelat yang mengandung lebih dari 70% kakao. Jenis ini juga mengandung senyawa polifenol. Efek antioksidan dan anti-inflamasi dari polifenol ini dapat membantu meningkatkan penanda kesehatan jantung. Namun, seperti cokelat biasa, cokelat hitam mengandung gula dan lemak, jadi sebaiknya tetap dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

2. Buah-buahan

Ketika kebanyakan orang merasakan mengidam gula, mereka biasanya meraih makanan tinggi lemak dan tinggi gula. namun, mengganti makanan ini dengan buah-buahan saat merasa ingin mengonsumsi yang manis-manis bisa membantu mengurangi keinginan gula tersebut.

Bus Social Distancing Mengaspal, Ini Spesifikasinya

Buah secara alami manis tetapi juga mengandung banyak senyawa dan serat tumbuhan yang bermanfaat. Ini membantu tubuh menyerap gula alami dan menjaganya tetap sehat. Buah beri adalah pilihan yang sangat baik dan bergizi untuk menghentikan mengidam gula. Rasanya manis, tetapi kandungan seratnya yang tinggi berarti gula tersebut cukup rendah.

3. Sayuran

Sayuran kaya serat dan rendah kalori. Mereka juga mengandung banyak nutrisi bermanfaat dan senyawa tanaman. Konsumsi sayuran setiap hari bisa menurunkan risiko penyakit seperti penyakit jantung dan kanker. Serat dalam sayuran bisa mencegah makan berlebihan.487427

4. Biji chia

Biji chia adalah sumber nutrisi penting yang baik, termasuk asam lemak omega-3, serat makanan yang dapat larut dan beberapa senyawa tanaman yang sehat. Serat semacam ini dengan mudah menyerap air dan membantu kenyang lebih lama. Ini bisa mencegah mengidam gula yang tidak diinginkan.

5. Permen karet bebas gula

Mengunyah permen karet bisa menjadi cara yang bagus untuk mengontrol keinginan makan gula. Permen karet mint yang dibuat dengan pemanis buatan memiliki rasa manis tetapi mengandung sedikit kalori dan tanpa gula.

Self-love, Cara untuk Berterima Kasih pada Diri Anda

Meskipun hasilnya beragam, beberapa penelitian juga menemukan bahwa mengunyah permen karet dapat membantu mengendalikan rasa lapar, mengidam, dan asupan makanan berat karbohidrat di kemudian hari. Permen karet tanpa gula ini juga aman untuk kesehatan gigi.

6. Yogurt

Yogurt adalah camilan sehat yang tinggi protein dan kaya kalsium. Yogurt bisa menjadi camilan yang baik untuk membantu mengatur nafsu makan dan mengendalikan keinginan makan yang tidak perlu. Pilihan paling sehat untuk yogurt adalah yogurt yang mengandung kultur hidup dan bebas gula tambahan.

7. Kurma

Kurma adalah buah kering dari pohon kurma. Mereka sangat bergizi dan sangat manis. Meskipun telah dikeringkan, mereka merupakan sumber serat, kalium, zat besi dan senyawa tanaman yang bermanfaat.

Beragam Metode Mendeteksi Corona, Pakai Ludah hingga Bau Ketiak

Namun, ingatlah bahwa kurma sangat manis, jadi tetap konsumsi kurma dalam jumlah sedang, atau sekitar tiga buah kurma sehari.

8. Plum kering

Plum kering atau plum, penuh dengan serat dan nutrisi serta rasanya sangat manis. Seperti kurma, buah kering in bisa dijadikan alternatif yang sehat untuk mengemil makanan manis. Kandungan seratnya yang tinggi dan sorbitol yang terbentuk secara alami juga berarti dapat membantu meredakan sembelit.

9. Ubi jalar

Ubi jalar bergizi, manis dan sangat mengenyangkan. Mereka tal hanya mengandung karbohidrat tetapi juga serat dan sejumlah vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, vitamin C dan kalium. Konsumsi karbohidrat dan serat yang cukup bisa membantu melawan ketagihan gula.

Catat! Kekebalan Tak Terwujud Jika Masih Ada yang Ragu Vaksin Covid-19

10. Daging, unggas, ikan

Memasukkan sumber protein seperti daging, unggas, atau ikan dalam makanan dapat membantu mencegah keinginan makan gula. Mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup mungkin sangat penting untuk mengelola asupan makanan, keinginan ngemil, dan berat badan. Jika kamu vegetarian, jangan khawatir, sumber protein nabati juga bisa memiliki efek yang sama.

11. Telur

Telur adalah makanan berprotein tinggi lainnya yang dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan keinginan mengonsumsi gula. Sarapan tinggi protein seperti telur dapat mengurangi rasa lapar dan membantu orang makan lebih sedikit sepanjang hari.

12. Makanan fermentasi

Makanan fermentasi seperti yogurt, kimchi, kombucha, dan sauerkraut adalah sumber bakteri menguntungkan. Bakteri menguntungkan yang ditemukan dalam makanan ini dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri “baik” di usus. Bakteri baik ini juga bisa memengaruhi nafsu makan, dan mencegah makan berlebihan.

Ditulis oleh : Nurdian Riyanti

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.