• Tue, 25 January 2022

Breaking News :

Kunci Kendalikan Pandemi Covid-19: Protokol Kesehatan Plus Vaksinasi

Disiplin protokol kesehatan dan vaksinasi menjadi kunci mengendalikan pandemi Covid-19 yang telah terjadi di Indonesia lebih dari 1 tahun.

JEDA.ID — Protokol kesehatan dan juga vaksinasi menjadi kunci mengendalikan pandemi Covid-19 yang sudah menyelimuti Indonesia lebih dari satu tahun.

Berbagai upaya juga terus dilakukan pemerintah, termasuk terus melakukan edukasi dan komunikasi kepada masyarakat tentang pentingnya vaksinasi dan protokol kesehatan.

Baca Juga: Deretan Film Berlatar dan Syuting di Kota Solo, Apa Saja?

Pasalnya langkah penanganan pandemi Covid-19 tidak bisa dilakukan secara tunggal dengan vaksinasi, harus komprehensif dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes) yang ketat demi menekan lebih banyak jumlah orang yang terinfeksi.

“Sekitar 4 juta masyarakat Indonesia sudah menerima vaksin dosis pertama. Terutama untuk lanjut usia [lansia] yang sudah dimudahkan pelaksanaannya melalui banyak sekali sentra-sentra vaksinasi hasil kerja sama dengan seluruh elemen bangsa,” terang Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi sebagaimana telah diberitakan Solopos.com pada Jumat (19/3/2021).

Baca Juga: Daerah Tersepi di Jawa Tengah, Kota Kamu Masuk?

Divaksin, 3 Kali Lebih Rendah Terpapar

Selain itu, untuk meyakinkan masyarakat bahwa vaksin efektif dalam mengendalikan pandemi vaksinolog dr. Dirga Sakti Rambe mengatakan orang yang telah divaksin berpotensi tiga kali lebih rendah terpapar Covid-19.

“Orang-orang yang divaksinasi memiliki risiko 3 kali lebih rendah mengalami Covid-19, dibandingkan dengan orang-orang yang tidak divaksinasi. Pada situasi pandemi, ini, 3 kali lebih rendah ini sangat signifikan,” ujar Dirga.

Baca Juga: Jangan Asal! 5 Makanan Ini Tidak Baik untuk Sarapan

Namun begitu, perlu diingat bahwa vaksinasi tidak serta merta memberikan kekebalan tubuh dalam waktu singkat.

“Dari hasil uji klinis, diketahui kekebalan optimal baru bisa didapatkan setelah 28 hari setelah penyuntikan,” terang dr, Siti Nadia lebih lanjut.

Baca Juga: 3 Artis Indonesia yang Dulu Penonton Bayaran, Tapi Sekarang Tajir

Oleh karenanya, sangat penting sekali vaksinasi dibarengi dengan kepatuhan tinggi terhadap protokol kesehatan untuk mengendalikan Covid-19.

“Untuk mendapatkan proteksi optimal, vaksinasi harus bersama dengan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan). Bila itu kita lakukan dengan sungguh-sungguh, pandemi ini dapat segera terkendali ,” imbuh Dirga.

Baca Juga: 10 Formasi CPNS yang Sepi Peminat pada 2019, Yakin Tak Mau Daftar?

Oleh karena itu, Dirga Sakti berpesan kepada semua elemen masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam program vaksinasi yang kini dijalankan pemerintah.

Baca Juga:  Pakar Sebut Semua Jenis Vaksin Covid-19 Efektif

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.