Kuliner Banyuwangi: Ayam Pedas Berkuah sampai Nasi Bungkus

Di daerah Genteng, Banyuwangi ada kuliner yang terkenal yaitu ayam pedas. Bisa dipastikan kuliner Banyuwangi ini berasa pedas, namun punya kekhasan.

JEDA.ID–Banyuwangi di Jawa Timur menjadi salah satu daerah yang ngehits karena memiliki berbagai tempat wisata yang menarik dikunjungi. Meski begitu, kuliner Banyuwangi tidak bisa dilupakan begitu saja karena siap menggoyang lidah wisatawan.

Kuliner di kabupaten paling ujung timur Pulau Jawa ini sangat beragam. Di daerah Genteng, Banyuwangi ada kuliner yang terkenal yaitu ayam pedas.

Ada warung makan yang tidak terlampau mewah, namun menyajikan makanan yang hanya ada di daerah tersebut. Namanya Ayam Super Pedas.

Dari namanya tentu bisa dipastikan kuliner Banyuwangi ini berasa pedas. Menariknya menu Ayam Super Pedas ini ada kuahnya. Kuahnya berwarna kecokelatan agak kemerahan. Seperti bersantan begitu.

Begitu menyeruput kuah tersebut akan langsung terasa super pedasnya. Jadi jangan diragukan lagi nama tempat itu yang memang bernama Ayam Super Pedas. Meski rasa pedas dominan, bumbu di daging ayam masih terasa.

Pedas tidak membuat cita rasa bumbu lainnya hilang. Kuah masih gurih, tapi memang rasanya sangat pedas. Bagi yang sanggup makan pedas, bisa menghabiskan ayam dan kuahnya. Bagi yang tidak sanggup, silakan cicipi ayamnya.

Kuliner di Banyuwangi lainnya yang bisas dicoba dicicipi adalah Soto Ayam P. Niti. Soto Ayam P. Niti ini letaknya tidak berjauhan dengan Mal Pelayanan Publik Banyuwangi. Cukup berjalan kaki dari Mal Pelayanan Publik di Banyuwangi ini.

Sebagaimana dikutip dari laman indonesia.go.id, Jumat (29/11/2019), meskipun dari nama warung tulisannya adalah soto ayam, warung ini juga menyediakan soto daging dan soto babat.

Kuliner ini cukup terkenal seantero Banyuwangi sehingga siap-siap saja bila warung ini sangat ramai. Alhasil, pembeli harus menunggu cukup lama.

Menunggu yang cukup lama akan terbayar dengan rasa soto yang nikmat menggoyang lidah. Ada koya yang tersedia sehingga membuat cita rasa soto semakin enak.

Pesona Nasi Bungkus

kuliner Banyuwangi

nasi bungkus Banyuwangi (indonesia,go,id)

Dari soto, kuliner lainnya yang pantas dicoba adalah nasi bungkus yang bisa ditemui di pasar tradisional di Banyuwangi. Salah satu yang cukup terkenal adalah Nasi Bungkus Neng Lilik di pasar Tradisional Banyuwangi. Apa yang membedakan nasi bungkus ini dengan nasi bungkus lainnya?

Nasi Bungkus Neng Lilik ini dibungkus dengan daun pisang. Bukan dibungkus pakai koran atau kertas coklat bungkus makanan. Memang berbeda. Ketika disakikan, ada dua jenis nasi bungus. Nasi Bungkus Dadar dan Nasi Bungkus Telur Cit.

Saat bungkus dibuka akan terlihat lauk dengan nasi yang dipisahkan oleh daun pisang. Seperti nasi angkringan. Dan di dalam bungkusan, ada telur, mi gorng dan sambal. Ada juga seperti srundeng.

Pasar Tradisional Banyuwangi ini juga merupakan salah satu pusat kuliner Banyuwangi. Banyak makanan dan minuman yang tersaji salah satunya adalah kopi Banyuwangi.

Dengan beragam keunikannya tidak ada salahnya mencicipi aneka kuliner itu saat melancong ke Banyuwangi.

Ditulis oleh : Danang Nur Ihsan

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.