Ini Cara Menolak Pernyataan Cinta Agar Dia Tidak Sakit Hati

Dalam perjalanan mencari pasangan sejati, ada kalanya kita harus menolak cinta dari seseorang. Itu memang bagian dari perjalanan wajar mencari cinta sejati.

JEDA.ID– Dalam perjalanan mencari pasangan sejati, ada kalanya kita harus menolak cinta dari seseorang. Itu memang bagian dari perjalanan wajar seseorang dalam mencari cinta sejati, ada yang menerima dan kadang ada yang menolak.

Dalam menjalin suatu hubungan, memang diperlukan rasa cinta yang sama antara satu dengan yang lain agar hubungan tersebut bisa dibawa ke jenjang yang lebih serius. Bila dalam suatu hubungan terdapat perbedaan perasaan tentu hubungan yang dijalani terasa hambar dan justru membuat sakit hati di antara kedua belah pihak.

Jangan sampai muncul alasan tak ingin menyakiti perasaan orang yang menyukai kita, kita berbohong kepada orang lain dan diri sendiri. Lalu bagaimana cara untuk menolak cinta namun tak sampai menyakiti perasaan orang tersebut?  Berikut adalah beberapa cara menolak cinta seseorang terhadap kita secara halus versi Jeda.id, seperti dilansir dari berbagai sumber, Jumat (14/2/2020).

1. Jujur Lebih Baik

Bagi sebagian orang, jujur merupakan hal yang sulit. Menyakitkan memang ketika kita harus menerima kenyataan pahit dari sebuah pengakuan yang jujur. Sering kali kita enggan jujur terhadap perasaan sendiri. Karena kita memikirkan bagaimana perasaan seseorang saat mendapat penolakan dari orang lain atas apa yang kita katakan maupun perbuat.

Namun, jika kita menjalin hubungan dengan seseorang dilandaskan kebohongan justru akan lebih membuatnya sakit hati.
Ada banyak alasan yang bisa Anda berikan saat ia menyatakan perasaan. Salah satunya katakan jika Anda belum siap untuk berpacaran. Dengan pernyataan seperti itu, ia akan berusaha mengerti kondisi Anda. Ia akan menilai bahwa Anda sedang tidak menolaknya namun memang belum siap untuk membuka hati atau menjalin hubungan.

2. Jangan PHP

Berhentilah jadi Pemberi Harapan Palsu (PHP)! Jangan memberikan harapan bila akhirnya tak menginginkan punya hubungan spesial dengannya. Dengan memberikan harapan semu, ia justru akan semakin mengejarmu. Ia akan mengira bahwa kamu sedang membalas perasaannya. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus tanpa tahu kapan ujungnya, tanpa adanya status, ia merasa telah menjalin hubungan spesial dengan Anda karena tidak ada kejelasan.

3. Jadi Teman atau Saudara

Cara menolak dengan harus selanjutnya yakni katakanlah bahwa Anda menginginkan hubungan sebatas teman saja, tidak ebih.  Sering kali kita menjumpai kasus friendzone atau kakak-adik zone. Mungkin selama ini dia sudah memberi perhatian lebih kepada Anda, namun Anda hanya menganggapnya sebagai teman, sahabat bahkan kakak/abang sendiri.

Jelaskan kepadanya menjalin hubungan pertemanan/persaudaraan akan lebih baik ketimbang pacaran. Berpacaran bisa memiliki risiko bertengkar dan akhirnya putus. Itu justru akan membuat hubungan antara kedua belah pihak menjadi tidak harmonis lagi.

Tak ingin membuatnya kecewa? Anda bisa kenalkan teman Anda kepadanya. Dengan begitu, ia tidak terlalu merasa sakit hati setelah menerima pernyataan dari Anda yang menginginkan menjalin hubungan sebatas teman saja.

4. Katakan Fokus Sesuatu

Bila Anda tengah serius dalam mengejar karier atau impian, buatlah hal ini menjadi suatu alasan untuk menolaknya secara halus. Anda dapat mengatakan bahwa Anda ingin fokus dengan pekerjaan atau pendidikan, sehingga Anda tak memiliki banyak waktu dalam urusan percintaan. Dengan pernyataan demikian, ia akan mengalah untuk impian Anda.

5. Cari Alasan

Coba katakan bahwa dia bukanlah tipe Anda, misalnya saja jika ia adalah seorang perokok, Anda dapat menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuk menolaknya. Katakan saja bahwa Anda tidak menyukai pria yang merokok. Lebih baik Anda menyampaikan alasan penolakan itu secara langsung, jangan melalui telepon atau pesan singkat.

Berbicara dengan tatap muka akan memberikan kesan yang berbeda. Secara langsung, ia melihat ekspresi mimik wajah Anda ketika berbicara, hal itu akan membuatnya semakin yakin terhadap alasan Anda. Selain itu, berbicara tatap muka menandakan bahwa Anda menghargai dirinya.

6. Menghindar

Sudah melakukan segala cara di atas namun tidak berhasil? Cara pamungkas untuk menolaknya secara halus ialah dengan menghindar darinya. Pergilah secara baik-baik dan berhenti untuk menjalin komunikasi intens dengannya. Mungkin ini adalah cara terakhir agar ia berhenti mengejar Anda.

Itulah beberapa cara untuk menolak secara halus pernyataan cinta dari seseorang kepada Anda. (Bunga Oktavia)

Ditulis oleh : Anik Sulistyawati

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.