Apa Sih Penyebab Gancet Saat Berhubungan Intim, Mistiskah?

Gancet saat berhubungan intim kerap dikaitkan dengan hal mistis, betul enggak sih atau hanya mitos belaka? Yuk temukan jawabannya di sini.

JEDA.ID — Fenomena gancet saat berhubungan intim bagi sebagian orang kerap dikaitkan dengan hal mistis, benarkah demikian?

Gancet yang terjadi karena terjepitnya penis di dalam vagina ini kerap dialami oleh pasangan tak resmi yang melakukan seks di lokasi angker. Sehingga masyarakat masih mengaitkannya dengan hal mistis.

Cara Melacak Lokasi Tanpa Diketahui di WhatsApp, Cocok Buat Kepoin Orang

Selain itu, masyarakat juga masih mengaitkan gancet saat berhubungan badan ini hanyalah sebuah mitos dan dikaitkan dengan ulah makhluk halus.

Padahal hal tersebut tidak benar. Dalam dunia medis istilah gancet dikenal dengan penis captivus.

Memulai Hubungan Baru Setelah Putus Cinta, Begini Caranya

Kejadian yang terjadi saat berhubungan intim ini mengakibatkan penis terjepit di dalam vagina sehingga tak bisa ditarik keluar.

Dalam dunia medis salah satu penyebab fenomena gancet dikarenakan kejang otot pada area vagina yang menekan penis pasangan. Kondisi ini biasanya terjadi secara tidak disadari sebelumnya.

Perempuan Punya Bulu Banyak Libidonya Tinggi, Emang Betul ya?

petting remaja

Ilustrasi hubungan seksual (Freepik)

“Kasus alat kelamin pria tidak bisa lepas dari alat kelamin perempuan, kemungkinan karena adanya spasme otot yang involunter. Jadi tanpa disadari terjadi ketegangan otot atau ada gangguan persarafan atau pembuluh darah yang tiba-tiba terjadi,” ungkap pakar kesehatan seksual Ni Komang Yeni sebagaimana diinformasikan Okezone.com.

Selain kejang otot, gancet juga disebabkan oleh kecemasan dan ketakutan yang dialami perempuan. Hal ini bisa membuat otot pada area vagina tiba-tiba mengalami kejang atau kram.

Ini Dia Orang Pertama yang Jadi PNS, Baru Tahu Ya?

Dilansir Suara.com dan Detik.com, gancet saat berhubungan intim bisa terjadi hingga berjam-jam atau yang paling parah menyebabkan kematian.

Untuk mengatasi fenomena ini, mereka yang mengalami gancet harus dibius terlebih dahulu agar bisa dipisahkan. “Beberapa pasien harus dengan sedasi. Harus dibius baru bisa kita lerai,” tambah dia.

Kumpulan Artis Indonesia yang Pindah Warga Negara, Ada yang Jadi Tentara AS

5 Langkah Jika Terjadi Gancet

Sebelum dibawa ke dokter, pasangan yang mengalami gancet saat berhubungan intim harus melakukan lima langkah berikut ini.

1. Hindari panik dan tetap tenang. Karena panik justru bisa membuat penis semakin terjepit dan menyebabkan rasa sakit bertambah.
2. Tenangkan diri masing-masing dengan menarik napas panjang selama beberapa kali. Hal ini bertujuan agar otot-otot rileks dan membuat vagina dan penis terlepas.

Kecanduan Film Porno, Apa Saja Tandanya?

3. Jangan melakukan apa pun yang bisa menyakit pasangan maupun diri sendiri. Salah satu contohnya adalah menarik dengan paksa alat kelamin dan juga menggunakan pelumas agar bisa terlepas.
4. Jika ketiga langkah tersebut telah dilakukan tapi masih belum bisa terlepas, segera menghubungi layanan kesehatan agar medis menyuntikkan obat yang berfungsi untuk merilekskan otot.

Hah Sperma Bisa Bikin Jerawat Hilang, Emang Beneran Bisa?

5. Kalau gancet saat berhubungan intim ini terjadi lagi, segera lakukan pemeriksaan ke ahlinya untuk menemukan penyebab dan cara mengatasinya.

Ternyata 5 Roti Ini Cocok untuk Diet, Tahu Nggak?

8 Makanan Pendongkrak Libido, Mau Coba?

Berita Kesehatan Terbaru

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.