Emas Aman Dimakan, Ini 5 Fakta Menarik Edible Gold

 Dilansir dari situs Edible Gold, emas yang aman dimakan adalah yang murni dan memiliki konsentrasi sekitar 22 karat hingga 24 karat.

JEDA.ID-Untuk membuat kesan mewah, banyak makanan dan minuman dihias dengan emas 24 karat. Tentu saja hiasan ini terbuat dari emas aman dimakan. Emas aman dimakan ini seperti terlihat di steak berlapis emas 24 karat yang disantap Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Lewat channel Youtube-nya, Nagita Slavina membagikan momennya saat masak steak jenis Tomahawk Steak bersama chef Claudio. Tomahawk steak adalah jenis steak yang menggunakan daging rib-eye bersama tulangnya (bone-in).

Selain beratnya yang berbeda, tomahawk steak buatan Chef Claudio ini juga menggunakan lapisan emas 24 karat yang aman disantap. Karenanya mereka menyebut tomahawk steak ini sebagai ‘Steak Sultan’.

Baca Juga: 7 Tips untuk Atasi Klaster Keluarga Virus Corona

Ya, Claudio menambahkan beberapa lembar emas 24 karat yang aman dimakan ke atas tomahawk steak sampai merata dan tertutup seluruh bagian hingga tulannya.

“Kalau kita makan di luar negeri [seperti steak ini] bisa sampai US$10.000 atau sekitar Rp150 juta!” ungkap Nagita Slavina.

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa itu hanya bahan makanan yang menyerupai emas. Namun faktanya itu adalah emas asli yang dikenal dengan sebutan edible gold. Edible gold tersebut memang emas aman untuk dimakan. Saat ini sudah ada beberapa kuliner menyajikan emas aman dimakan ini.

Meski begitu, jangan asal saat mengonsumsi edible gold. Perlu diperhatikan konsentrasi emas yang terkandung di dalamnya.

Berikut ini 5 fakta menarik tentang edible gold yang belum diketahui banyak orang seperti dikutip dari detikcom, belum lama ini:

1. Apa itu edible gold?

Edible gold adalah emas murni yang tidak berbahaya dikonsumsi. Disebut edible, karena jenis emas ini tidak mengandung racun dan tidak diserap oleh tubuh.

Bentuknya berbagai macam. Ada yang berupa bubuk, pecahan-pecahan, ataupun lembaran. Biasanya edible gold digunakan untuk menghias makanan dan minuman.

Dengan mencampurkan edible gold akan membuat makanan dan minuman menjadi lebih mewah. Harga yang ditawarkan untuk makanan yang menggunakan edible gold juga terbilang fantastis.

2. Jenis-jenis edible gold

Edible gold memiliki tiga jenis. Pertama ada edible gold leaf, yaitu lembaran emas yang tipis. Jenis emas ini dapat diaplikasikan dengan mudah, karena tinggal ditempel.

Baca juga: 5 Fakta Vaksin Nusantara: Digagas Terawan, Dikritik Epidemiolog

Kemudian adan edible gold flakes. Jenis edible gold ini berupa pecahan-pecahan. Biasanya chef akan menggunakan pinset untuk menaruh jenis emas ini pada makanan.

Cokelat bersalut edible gold (Freepik)

Cokelat bersalut edible gold (Freepik)

Terakhir ada edible gold dust, yaitu jenis emas yang berbentuk bubuk. Untuk mengaplikasikan jenis emas ini biasanya menggunakan brush khusus.

3. Berapa konsentrasi emas yang aman dikonsumsi

Meskipun disebut edible gold, tetapi tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Kamu harus pastikan konsentrasi emas yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari situs Edible Gold, emas yang aman dimakan adalah yang murni dan memiliki konsentrasi sekitar 22 karat hingga 24 karat.

Emas dengan konsentrasi yang rendah biasanya mengandung kotoran atau logam lain. Perlu diketahui juga bahwa emas tidak dapat dicerna oleh tubuh.

Ketika kamu mengonsumsi edible gold, emas tersebut akan melewati saluran pencernaan begitu saja. Selain itu, emas sama sekali tidak mengandung nutrisi.

4. Mengapa emas dicampur ke makanan?

Menurut Chef Nina Bertha, Pastry Chef di Electrolux, edible gold tidak dapat dirasakan oleh penikmatnya. Edible gold tidak memiliki rasa maupun aroma. Lantas mengapa banyak chef yang menggunakan edible untuk campuran makanannya? Mengingat edible yang dicampur pada makanan biasanya hanya sedikit.

Baca Juga: Terancam Diblokir, Begini Cara Daftar dan Pakai Clubhouse

Chef Nina menuturkan hal tersebut bertujuan sebagai dekorasi makanan, lapor Baracamedia (22/01/19). Jadi bisa memberikan kesan mewah pada makanan itu sendiri.

Biasanya makanan yang telah dicampur dengan edible gold akan memberikan kepuasan tersendiri bagi orang yang mengonsumsinya.

5. Makanan yang biasa dicampur edible gold

Ada banyak jenis makanan dan minuman yang biasa dicampur dengan edible gold. Salah satu yang paling sering adalah pastry-pastry Eropa.

Selai pastry es krim dan aneka kue juga banyak yang dihias dengan edible gold. Namun, sekarang edible gold banyak dicampur untuk berbagai jenis makanan. Seperti yang pernah dilakukan oleh YouTuber Tanboy Kun. Dalam satu salah satu videonya, ia pernah memamerkan makan Oreo Supreme dengan campuran edible gold.

Ditulis oleh : Astrid Prihatini WD

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.