Tutup Iklan

Efektifkah Vaksin Covid-19 untuk Mutasi Virus Corona Baru?

Apakah bisa vaksin Covid-19 yang sudah ada digunakan untuk mutasi virus corona baru seperti terjadi di Inggris dan negara lainnya?

Solopos.com, SOLO — Dengan adanya mutasi virus corona baru di Inggris, sejumlah negara memutuskan untuk menutup pintu masuk bagi WNA, termasuk Indonesia.

Terkati mutasi tersebut, masyarakat ragu apakah nantinya vaksin Covid-19 yang telah disiapkan pemerintah efektif digunakan atau tidak.

Orang Terkaya Dunia Persembahkan Roket Luar Angkasa untuk Ibunya

Menjawab hal tersebut, vaksinolog dan juga dokter spesialis penyakit dalam, Dirga Sakti Rambe menegaskan bahwa mutasi virus corona tidak akan mempengaruhi efektivitas vaksin Covid-19.

“Virus itu pasti bermutasi. Supaya tidak bermutasi terus menerus, kita harus meminimalisir atau menghentikan penyebaran penyakit. Alhamdulillah, sampai saat ini mutasi-mutasi yang ada itu tidak berdampak pada efektivitas vaksin. Tapi kita tidak tahu, satu tahun lagi bagaimana dampak dari mutasi ini,” beber dia sebagaimana diberitakan Solopos.com pada Rabu (29/12/2020).

8 Situs Baca Komik Online Legal Gratis Hingga Berbayar

Standar Efektivitas 50 Persen

Pada kesempatan itu, ia juga menjelaskan bahwa vaksin Covid-19 yang digunakan saat ini adalah jenis vaksin mati sehingga tidak ada efek samping.

Maka dari itu, ia meminta masyarakat Indonesia tak perlu khawatir dengan penggunaan vaksin Covid-19 apalagi ada kabar mutasi virus corona di Inggris.

Benarkah Dominasi Otak Kiri Bikin Orang Lebih Kreatif?

Apalagi WHO telah menetapkan standar efektivitas vaksin Covid-19 minimal 50 persen.

“Dari WHO menetapkan syarat minimal efikasi atau efektivitas vaksin Covid-19 itu 50% sudah bagus. Artinya kalau di bawah 50% vaksin tidak layak diedarkan. Tetapi vaksin yang efektivitasnya 90%, 80% atau bahkan 60% atau 70% pun pada masa pandemi ini, dampaknya sangat terasa dan sangat penting. Karena sampai sekarang kita belum punya vaksin atau obat untuk Covid-19,” beber dia.

Merekam Adegan Intim Bersama Pasangan, Termasuk Penyimpangan atau Bukan?

Dirga juga meminta masyarakat tak takut dengan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) yang bersifat ringan. Karena manfaat dari vaksin COVID-19 jauh lebih besar.

“Jadi vaksin Covid-19 ini akan melindungi kita dari terdampak Covid-19 yang bergejala, termasuk Covid-19 yang berat. Sampai menghindari kematian akibat Covid-19,” tegasnya

10 Bukti Keberadaan Alien Sepanjang 2020

Ditulis oleh : Nugroho Meidinata

Sign up for the Newsletter

Join our newsletter and get updates in your inbox. We won’t spam you and we respect your privacy.